Melalui Gotong Royong, Menuju Indonesia Maju

Upacara yang dimulai pukul 10.00 WIT ini, juga diikuti oleh seluruh unit kerja BPKP baik di pusat maupun di perwakilan. Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Papua Barat Riki Antariksa dan beberapa perwakilan pegawai yang telah ditunjuk, mengikuti upacara secara virtual yang disiarkan langsung oleh TVRI di Aula Kantor Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Papua Barat.

Upacara didahului dengan pembacaan teks Pancasila oleh Ketua MPR Bambang Soesatyo, lalu dilanjutkan Ketua DPR Puan Maharani yang membacakan teks UUD 1945. Kemudian, Presiden Jokowi menyampaikan pidatonya secara virtual dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat. Jokowi mengatakan dalam menghadapi ujian yang ada saat ini semua pihak perlu bersyukur Pancasila tetap menjadi bintang penjuru untuk menggerakan semuanya, menggerakan persatuan dalam semua tantangan. “Menggerakan rasa kepedulian kita untuk saling berbagi, memperkokoh persaudaraan dan kegotong-royongan kita untuk meringankan beban seluruh anak negeri, dan menumbuhkan daya juang kita dalam mengatasi setiap kesulitan dan tantangan yang kita dihadapi” kata Jokowi.

Pada kesempatan tersebut, Jokowi mengajak seluruh penyelenggara negara dari pusat sampai ke daerah untuk tetap melayani masyarakat tanpa membeda-bedakan kelompok, ras dan agama. Tak hanya itu, Jokowi juga mengajak kepada seluruh rakyat Indonesia untuk terus memperkokoh tali persatuan dan persaudaraan, saling membantu, saling menolong dan saling bergotong royong serta selalu optimis bahwa bangsa Indonesia akan menjadi bangsa pemenang dalam menghadapi setiap tantangan yang ada.

Usai mengikuti seluruh rangakaian upacara, dilanjutkan lomba Kahoot secara virtual antar unit BPKP  yang ada di seluruh Indonesia dalam rangka memeriahkan HUT ke-37 BPKP Dua orang pegawai Perwakilan BPKP Provinsi Papua Barat dan perwakilan Dharma Wanita Persatuan mengikuti lomba tersebut. Wawasan mengenai Pancasila dikemas dalam pertanyaan-pertanyaan pada kuis tersebut. Tujuannya untuk menambah wawasan mengenai Ideologi Negara Pancasila.

(Humas Perwakilan BPKP Pabar)