Peringatan Harkitnas ke-112 dilakukan secara virtual

Upacara dimulai pukul 08.00 WIB dan dipimpin langsung oleh Menteri Komunikasi dan Informatika RI Johnny G. Plate. Tahun ini, peringatan Harkitnas mengusung tema “Bangkit dalam Optimisme Normal Baru”. Alasan dipilihnya tema tersebut agar Harkitnas dapat menjadi momentum bagi bangsa Indonesia untuk bersatu padu memutus rantai COVID-19 dalam semangat Bangkit dalam Optimisme Normal Baru.

Ada pepatah yang mengatakan ”a chain is only as strong as its weakest link” yang berarti kekuatan sebuah rantai terletak pada matarantai terlemahnya. Jika dalam sebuah rantai terdapat matarantai yang rapuh, maka serapuh itu juga kekuatan seluruh rantai tersebut untuk menahan beban yang mengarah kepadanya. Jadi, semua ini tidak dapat diatasi jika dilakukan hanya sendiri, terutama dalam memerangi wabah yang terjadi saat ini. Oleh karena itu, semua pihak diharapkan dapat bergotong royong dan saling mendukung satu sama lain.

Kebangkitan Nasional yang diperingati tiap tahunnya bukannya hanya menjadi ritual rutin tanpa ada makna di dalamnya. Setiap peringatan mengandung nilai-nilai afektif dan edukatif yang dapat dijadikan teladan untuk generasi saat ini dan yang akan datang. Peringatan kebangkitan nasional menjadi titik awal dalam membangun kesadaran untuk bergerak mengatasi permasalahan-permasalahan yang dihadapi bangsa Indonesia. Semangat Kebangkitan Nasional dalam jati diri setiap warga negara Indonesia bertujuan menjaga persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia dan menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia dari berbagai bentuk ancaman termasuk ancaman negara lain serta memperbaiki kehidupan bangsa yang lebih baik ke depannya.

Sesuai dengan tema pokok yang diambil “Bangkit dalam Optimisme Normal Baru”, Johnny dalam sambutannya mengatakan agar kita semua membiasakan diri dengan cara hidup baru dan tetap memperhatikan protokol kesehatan yang telah dianjurkan. “Kita harus membiasakan diri dengan cara hidup baru, tetap produktif di tengah pandemi COVID-19, terbiasa menerapkan protokol kesehatan, protokol transportasi dan protokol lainnya dan adanya perubahan standar dalam mekanisme kerja, belajar maupun aktivitas lainnya”, kata Johnny.

Pada akhir sambutannya, Johnny optimis bangsa Indonesia akan keluar sebagai bangsa pemenang. Menang dalam memutus matarantai penyebaran COVID-19 sekaligus menang dalam memulihkan kondisi sosial-ekonomi.

(Humas Perwakilan BPKP Pabar)