Perwakilan BPKP Provinsi Papua Barat

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Papua Barat

Cegah Corona, BPKP Pabar Gandeng RSAL Gelar Sosialisasi
20 Maret 2020 13:11:59 / papuabarat / dibaca: 343 kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial

Manokwari (19/03)- Wabah Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) kini menjadi perhatian warga di dunia termasuk Indonesia. Hal tersebut membuat sejumlah instansi pemerintah turun tangan untuk mengantisipasi penyebaran COVID-19, tak terkecuali Perwakilan BPKP Provinsi Papua Barat. Dengan menggandeng RSAL dr. Azhar Zahir Manokwari sebagai pemberi materi, Perwakilan BPKP Provinsi Papua Barat mengadakan sosialisasi pencegahan penyebaran virus corona. 

Kegiatan ini merupakan wujud dari komitmen Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Papua Barat untuk cepat tanggap menyikapi perkembangan situasi yang ada sesuai Surat Edaran Kepala BPKP Nomor SE-3/K/SU/2020 tentang Kewaspadaan dan Pencegahan Penyebaran Infeksi COVID-19 di Lingkungan BPKP. Sosialisasi yang diselenggarakan di Aula Kantor BPKP Provinsi Papua Barat dihadiri oleh 28 orang yang terdiri atas Kepala Perwakilan, pejabat struktural, Korwas, Dalnis, PFA terpilih, PFU serta Dharma Wanita. Jumlah pegawai yang hadir dalam sosialisasi ini dibatasi, tiap bidang dan bagian dihimbau untuk mengirimkan lima orang perwakilan. Sebelum memasuki aula, pegawai yang hadir melakukan pengecekan suhu tubuh terlebih dahulu oleh tim medis menggunakan termometer digital sebagai upaya pencegahan corona.

Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Papua Barat, Riki Antariksa, dalam sambutannya mengatakan Perwakilan BPKP Provinsi Papua Barat telah mengikuti langkah-langkah pencegahan sesuai SE Kepala BPKP. Ia berharap seluruh pegawai selalu menjaga daya tahan tubuh dan diminta untuk lapor ke atasan langsung jika sedang sakit. Riki juga mengingatkan bagi pegawai yang melakukan Work From Home (WFH) agar tetap menjalankan tugas-tugas yang diberikan dengan baik.

dr. Giavanny E. R. Puteri dari RSAL selaku pemateri memberikan penjelasan mengenai virus corona. Ia menjelaskan, virus corona adalah keluarga besar virus yang menyebabkan gejala ringan-berat dan termasuk virus Zoonotic dimana adanya transmisi dari hewan ke manusia. Kata "Corona " berasal dari bahasa Latin yang memiliki arti crown atau mahkota. Hal ini sesuai dengan bentuk virus corona itu sendiri yang jika dilihat menggunakan mikroskopakannampak sepertimemilikimahkota.Virus ini berbentuk bulat dan berdiameter sekitar 100-120 nm. Karena itu, pencegahan infeksi viruscoronaefektif bila menggunakan masker yang berpori-pori <100 nm.Namun, virus tersebut tidak dapat bertahan hidup pada suhu >57°C dan akan mati di udara terbuka dalamwaktu30 menit sehingga kecil sekali kemungkinan penularan melalui udara.Virus akan mati dengan campuran ether atau etanol 75%, desinfektan serta asam peroksiasetik yang mengandung klorin.

Sosialisasi tersebut juga menjelaskan cara pencegahan virus corona, yakni dengan sering cuci tangan menggunakan sabun, konsumsi gizi seimbang dengan memperbanyak makan sayur dan buah, gunakan masker bila batuk dan pilek, berhati-hati jika kontak dengan hewan, rajin olah raga dan istirahat yang cukup, tidak mengonsumsi daging yang tidak masak serta bila mengalami batuk, pilek dan sesak nafas segera ke fasilitas kesehatan, dr. Giavanny mengingatkan agar kita tidak lupa menjaga kesehatan mental, salah satunya dengan mengurangi konsumsi berita dan  media sosial mengenai  COVID-19 karena banyak pemberitaan yang tidak benar (hoax) yang membuat kita menjadi semakin khawatir.

(Tim Humas BPKP Pabar)



Share      

Berita Terkait:

17 Maret 2020 15:00:40 / papuabarat / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
BPJS Kesehatan Adakan Sosialisasi di Kantor Perwakilan BPKP Provinsi Papua Barat
12 Maret 2020 08:10:15 / papuabarat / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
Kaper BPKP Papua Barat Lantik 11 PNS
05 Maret 2020 07:19:59 / papuabarat / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Papua Barat Hadiri Launching SIPINTAR dan BLUD
19 Pebruari 2020 17:39:42 / papuabarat / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
Rapat Kerja Perwakilan BPKP Pabar sekaligus Penerimaan Penghargaan dari KPPN Manokwari
23 Januari 2020 17:21:00 / papuabarat / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
Penyerahan DPA SKPD Pemprov Papua Barat Tahun Anggaran 2020


Profil BPKP Papua Barat
ANGGARAN DASAR DAN SOP KOPERASI
Struktur Organisasi
Sambutan Kepala Perwakilan
Sumber Daya Manusia
Visi & Misi
SPIP
LAKIP
Laporan Triwulan Pemantauan Kinerja
Perjanjian Kinerja
Inovasi
Mitigasi Risiko
Reformasi Birokrasi
Penghargaan Eksternal
Tupoksi BPKP Pabar
RENSTRA, RENJA dan Renaksi
Evaluasi Kinerja Program/Kegiatan
Kegiatan Utama
Kegiatan dan Layanan
Situs Terkait
Link Pemda di Provinsi Papua Barat
Layanan Publik
Kerjasama Eksternal
Laporan Keuangan, LRA dan Asset
Pengadaan Barang dan Jasa
Wonderful Papua Barat
Wisata dan Kuliner
PRODUK DAN LAYANAN

 

Majalah Arfak Edisi 1

Baca Online
Download

 

Majalah Arfak Edisi 2

Baca Online

Download

 

Majalah Arfak Edisi 7

Baca Online

Download

Profil Perwakilan BPKP Provinsi Papua Barat.

Baca Online

Download


 


PERWAKILAN BPKP PROVINSI PAPUA BARAT

Jl Angkasa Mulyono Amban

Manokwari Papua Barat

web: http://www.bpkp.go.id/pabar email: papua.barat@bpkp.go.id

Telp/Fax: 0986-2217088