Perwakilan BPKP Provinsi Papua Barat

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Papua Barat

Satu Tahun Kabupaten Mansel, BPKP kenalkan PIONIR dan Konsep 5 AS
04 Desember 2013 15:46:28 / papuabarat / dibaca: 2149 kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial

Penjabat Bupati Manokwari Selatan Edy Budoyo dengan terbata-bata, terharu dan menangis mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada Bupati Manokwari, Sekda Manokwari dan Kaper BPKP Pabar serta undangan lainnya karena telah memenuhi undangannya menghadiri ulang tahun kesatu Kabupaten Manokwari Selatan yang merupakan pemekaran dari Kabupaten Induk Manokwari (16/11/2013)

Sekali lagi kami atas nama Pemerintah Kabupaten Manokwari Selatan mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada Bapak Sumitro selaku Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Papua Barat atas dukungan kepada jajaran Pemerintah Kabupaten Manokwari, dimana untuk penyusunan APBD Tahun 2014-pun telah didampingi dan diijinkan menggunakan aplikasi SIMDA dengan gratis.

Selain itu Bupati Mansel ini secara khusus juga menitip salam kepada Deputi Kepala BPKP Bidang Akuntan Negara, Gatot Darmasto yang kebetulan teman Bupati Mansel sejak kecil di Kabupatan Boyolali, Jawa Tengah. Rangkaian acara yang juga sekaligus meresmikan pembukaan kantor Bupati Manokwari Selatan tersebut dilaksanakan secara sederhana.

Bupati Mansel yang asli “Wong Boyolali” ini juga memohon kepada Kaper BPKP Pabar agar tetap setia mendampingi Pemerintah Kabupaten Manokwari Selatan dalam upaya mengelola anggaran/ keuangan, apalagi di tahun anggaran 2014 Pemerintah Kabupaten Manokwari Selatan sudah harus mengelola anggaran secara mandiri sejak perencanaan, pelaksanaan, pertanggungjawaban dan pelaporan. Dengan pendampingan BPKP, dengan mengelola anggaran yang transparansi dan akuntabilitas, beliau berharap tidak ada akan timbul penyimpangan apalagi penyimpangan yang mengandung unsur korupsi.

Sumitro, yang hadir didampingi staf humas, menyampaikan bahwa memang sudah menjadi tugas BPKP untuk mendampingi Pemerintah Daerah agar akuntabilitas penyelenggaraan keuangan daerahnya dapat dipertanggungjawabkan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Sumitro juga memberi masukan kepada Bupati Mansel ini yaitu tentang pentingnya memupuk kebersamaan, dan kebersamaan itu penting dalam meningkatkan kinerja individu, mendukung kinerja organisasi terutama pada jajaran Pemerintah Kabupaten Manokwari Selatan yang merupakan Kabupaten pemekaran, tentunya memerlukan energibaru.

Kaper Pabar ini juga mempromosikan bahwa BPKP mempunyai konsep nilai luhur organisasi dan prinsip kerja dalam memaknai kinerja dan kebersamaan. Dan tentunya kinerja serta kebersamaan tersebut akan lebih solid apabila setiap individu menerapkan nilai-nilai luhur perilaku berupa PIONIR (terdiri dari kata Profesionalisme, Integritas, Orientasi pada pengguna, Nurani dan akal sehat, Independen dan Reponsibel) dan prinsip kerja 5-AS (terdiri dari kata; Kerja Keras, Kerja Ikhlas, Kerja Cerdas, Kerja Tuntas dan Kerja Integritas).

Hendaknya nilai luhur tersebut tidak hanya sebagai jargon semata, namun harus dipahami oleh seluruh pegawai agar dapat di-internalisasikan dalam kehidupan berorganisasi dengan komitmen yang telah kita sepakati bersama. Selain itu, kita tidak perlu berfikir terlalu muluk untuk melakukan penerapannya, namun dengan menerapkan hal-hal yang sederhana, misalnya tentang kepatuhan atau disiplin atas kehadiran pegawai dan jam kerja yang ditetapkan. Sumitro, sambil minta maaf kepada Bupati Mansel ini mengatakan bahwa utamanya di tanah Papua, hambatan yang terjadi selama ini adalah kita tidak berupaya  merubah pola pikir (mind-set) terhadap kebiasaan lama yang buruk, sehingga terasa sulit untuk menerapkan nilai-nilai tersebut.

Di akhir pertemuannya, Sumitro menyatakan mari kita membiasakan yang benar dan tidak membenarkan yang sudah biasa. (Humas BPKP Pabar, 2013)


 



Share      

Berita Terkait:

10 Nopember 2019 13:39:52 / papuabarat / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
Upacara Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2019
28 Oktober 2019 08:56:14 / papuabarat / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-91
01 Oktober 2019 09:01:27 / papuabarat / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila 01 Oktober 2019
24 Juni 2019 09:15:32 / papuabarat / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
Family Gathering Dalam Rangka Memeriahkan HUT Ke-36 BPKP
21 Juni 2019 13:31:31 / papuabarat / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan Korwas P3A


Profil BPKP Papua Barat
ANGGARAN DASAR DAN SOP KOPERASI
Struktur Organisasi
Sambutan Kepala Perwakilan
Sumber Daya Manusia
Visi & Misi
SPIP
LAKIP
Laporan Triwulan Pemantauan Kinerja
Perjanjian Kinerja
Inovasi
Mitigasi Risiko
Reformasi Birokrasi
Penghargaan Eksternal
Tupoksi BPKP Pabar
RENSTRA, RENJA dan Renaksi
Evaluasi Kinerja Program/Kegiatan
Kegiatan Utama
Kegiatan dan Layanan
Situs Terkait
Link Pemda di Provinsi Papua Barat
Layanan Publik
Kerjasama Eksternal
Laporan Keuangan, LRA dan Asset
Pengadaan Barang dan Jasa
Wonderful Papua Barat
Wisata dan Kuliner
PRODUK DAN LAYANAN

 

Majalah Arfak Edisi 1

Baca Online
Download

 

Majalah Arfak Edisi 2

Baca Online

Download

 

Majalah Arfak Edisi 7

Baca Online

Download

Profil Perwakilan BPKP Provinsi Papua Barat.

Baca Online

Download


 


PERWAKILAN BPKP PROVINSI PAPUA BARAT

Jl Angkasa Mulyono Amban

Manokwari Papua Barat

web: http://www.bpkp.go.id/pabar email: papua.barat@bpkp.go.id

Telp/Fax: 0986-2217088