BPKP NTT Siap Dampingi Pemda Alor Pertahankan Akuntabilitas Keuangan Daerah

Jum’at, 27 Agustus 2021 Kepala Perwakilan BPKP NTT melanjutkan kembali Roadshow kePemda di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Kabupaten Alor menjadikabupaten ke-8 yang dikunjungi oleh Kepala Perwakilan BPKP NTT Sofyan Antonius. Bertempat di Aula Taramiti Tominuku Kantor Bupati Alor, Kepala Perwakilan disambut baik olehBupati Amon Djobo beserta seluruh jajaran di Pemerintah Daerah Kabupaten Alor.

Pada kesempatan ini Sofyan menyampaikan apresiasinyakepada Pemerintah Kabupaten Alor atas prestasinya mendapatkan Opini WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) dari BPK.Sofyan juga menambahkan bahwa pencapaian yang sangat baik dari Kabupaten Alor dalam meraih opini WTP ini bukan menjadi akhir dari kinerja baik Pemda Alor, melainkan menjadi awalan yang baik serta terus bekerja keras untuk mempertahankan apa yang sudah diraih. Dalamkunjungan kerjanya Sofyan  memberikan paparan kepada Pemerintah Kabupaten Alor, terkait Implementasi Sistem Pengendalian Intern untuk Peningkatan Tata Kelola Pemerintahan Kabupaten Alor.Sofyan menjelaskan juga bahwa untuk mepertahankan Opini WTP ini merupakan tanggung jawab semua pihak selain itu diperlukan komitmen pimpinan, regulasi dan kebijaan yang jelas, sumber daya serta teknologi informasi yang memadai.

Seperti yang diketahui bahwa BPKP memiliki peran yang diantaranya meningkatkan akuntabilitas keuangan daerah, membina penyelenggaraan SPIP dan APIP, serta penyelenggaraan pembinaan atas JFA, dan mengawal program strategis pemerntah. ”BPKP siap hadir bermanfaat mengawal serta mendampingi Pemerintah Daerah dalam menjalankan tata kelola pemerintahan di daerah” ungkap Sofyan. Tentunya untuk mencapai semua target dari Pemerintah Daerah perlunya dibangun komitmen, konsekuen, dan konsisten (3K) dari semua pihak, dan menerapkan SPIP terintegrasi.

 

 

Humas BPKP NTT – AT