Penyerahan Laporan Hasil Pengawasan BPKP Provinsi NTT Semester I kepada Gubernur NTT

Kupang (14/8) Bertempat di Kantor Gubernur Provinsi Nusa tenggara Timur, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi NTT Iwan Agung Prasetyo menyerahkan Laporan Hasil Pengawasan BPKP di Wilayah Provinsi NTT Semester I Tahun 2020 secara langsung kepada Gubernur NTT Viktor Laiskodat. Iwan didampingi oleh Koordinator Pengawasan serta Pejabat Struktural dilingkungan Perwakilan BPKP Provinsi NTT. Penyerahan laporan hasil pengawasan ini juga dihadiri oleh Sekertaris Daerah Provinsi NTT dan Inspektur Provinsi NTT.

Iwan menyampaikan bahwa selama Semester I Tahun 2020, Perwakilan BPKP Provinsi NTT telah melakukan pengawasan terhadap Program Strategis Nasional (PSN), Tata Kelola Pemerintahan, Pengamanan Aset Negara/Daerah, serta Akuntabilitas Penanganan Covid-19. “walaupun di Semester I ini ada tantangan yang sangat besar yaitu pandemi Covid-19, namun Perwakilan BPKP Provinsi Nusa Tenggara Timur tetap berperan aktif dalam pengawasan secara profesional dalam mengawal akuntabilitas keuangan negara/daerah khususnya akuntabiltas penanganan Covid-19 berupa penanganan kesehatan, pemulihan ekonomi, dan jaring pengamanan sosial” imbuh Iwan. Salah satu pengawasan yang dilakukan adalah pemberian atensi atas risiko-risiko yang melekat pada siklus utama pengelolaan Program Tanam Jagung Panen Sapi (TJPS) Tahun Anggaran 2020 yang dicanangkan Pemprov NTT.

Gubernur NTT menyampaikan apresiasinya atas kontribusi dari Perwakilan BPKP Provinsi NTT. Gubernur juga berkomentar terkait peran Pemprov NTT dalam masa pandemi Covid-19 “saat kondisi tidak biasa ini, aparat Pemprov NTT harus bisa bekerja luar biasa, tidak boleh biasa-biasa saja” sebut Gubernur Provinsi NTT. Viktor menyampaikan bahwa Pemprov NTT masih punya tantangan besar dalam hal meningkatkan kesejahteraan dan mencerdaskan masyarakat NTT. Oleh karena itu, Gubernur mengharapkan BPKP dapat juga ikut serta mengawasi program-program strategis Pemprov NTT khususnya dalam memberikan atensi atas risiko-risiko melekat terkait tujuan-tujuan tersebut