Perwakilan BPKP Provinsi Nusa Tenggara Timur

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Nusa Tenggara Timur

Persiapan Akuntan Milenial NTT di Era Industri 4.0
08 Nopember 2019 11:01:42 / ntt / dibaca: 80 kali / Kat: Sosialisasi/Workshop

Kupang,5 Nopember 2019, BPKP Perwakilan NTT berpartisipasi dalam kegiatan “Kuliah Umum” yang di selenggarakan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Nusa Cendana. Kegiatan yang di laksanakan di Rektorat Universitas Nusa Cendana yang diikuti oleh 150 mahasiswa. Kuliah ini mengangkat tema persiapan Akuntan Milenial NTT dalam menghadapi era industri 4,0di buka oleh I Wayan Mudita selaku Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Undana.

Narasumber dari IAI KAPd Dian Agustia memaparkan bahwa setidaknya ada 3 perubahan besar yang akan dihadapi oleh kalangan akuntan milenial terkait industri 4.0 ini,yaitu perubahan demografi, profesi akuntan itu sendiri, dan teknologi informasi. Menurutnya beberapa hal yang perlu dipersiapkan agar generasi milenial bisa bersaing di era industri 4.0 yaitu generasi milenial harus berinovasi untuk menciptakan nilai tambah, akuntan milenial juga harus mempunyai jiwa enterprenuer untuk menciptakan peluang pekerjaan, serta adanya sumber daya unggul yangterus menambah pengetahuan tidak hanya dibidang pendidikan tetapi dibidang teknologi dan informasi.

Adrian Puspawijaya selaku Korwas P3A BPKP Perwakilan Provinsi NTT menambahkan bahwa akuntan milenial harus kompeten dan profesional,  yang dibuktikan dengan sertifikasi profesi akuntan seperti CA atau Ak. Menurutnya Era Industri 4.0 dicirikan dengan kegiatan ekonomi yangbanyak menggunakan dukungan internet dan dunia digital sebagai wahana transaksi dan interaksi. Adrian juga menjelaskan bahwa akuntan  sektor pemerintahan dituntut untuk terus berinovasi dan mengikuti teknologi informasi. Banyak kegiatan akuntansi yang telah tergantikan dengan proses sistem informasi dan komputerisasi. BPKP sebagai lembaga yang berfungsi untuk mengawal akuntabilitas keuangan negara/daerah telah mengembangkan berbagai aplikasi yang membantu pemerintah dalam mengelola dan mempertanggungjawabkan keuangan negara/daerahseperti SIMDA, dan SISKEUDES.  Aplikasi ini adalah bentuk nyata Akuntan pemerintahan berperan penting dalam mendukung industri 4.0 ini. (Humas NTT)



Share      

Berita Terkait:

12 Agustus 2019 06:16:27 / ntt / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi/Workshop
Fokus Pengawasan BPKP di Daerah dan Sosialisasi BLUD di Kabupaten Sumba Tengah
14 Mei 2019 07:51:16 / ntt / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi/Workshop
Knowledge Sharing Dengan Sarana Library Café Yang Rileks Tapi Serius
16 Maret 2018 09:33:44 / ntt / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi/Workshop
TAHUN 2018 JOKOWI AKAN BLUSUKAN KE DESA - DESA
08 Maret 2018 15:35:06 / ntt / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi/Workshop
Workshop SIMDA Perencanaan Tahunan
26 Pebruari 2018 09:22:52 / ntt / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi/Workshop
SPIP Pengadaan Barang dan Jasa di BKKBN


Profil BPKP NTT
Sekapur Sirih
Tupoksi BPKP NTT
Struktur Organisasi
Sumber Daya Manusia
Visi dan Misi
Rencana Strategis
Daftar Informasi Publik
Informasi Berkala
Informasi Serta Merta
Informasi Tersedia Setiap Saat
Permohonan Informasi

 

 

KANTOR PERWAKILAN BPKP PROVINSI NUSA TENGGARA TIMUR

 



Jl. Palapa No. 21 A
Kotak Pos 54, Kupang 85111
SMS: 082145899990
Fax : (0380) 832 757 

email: ntt@bpkp.go.id