Perwakilan BPKP Provinsi Nusa Tenggara Timur

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Nusa Tenggara Timur

Bimtek Masyarakat Pembelajar Anti Korupsi (MPAK) di gelar di Desa Mata Air Kabupaten Kupang
10 Oktober 2019 07:03:07 / ntt / dibaca: 81 kali / Kat: Reformasi Birokrasi

Senin, 07 Oktober 2019, Kegiatan Bimbingan Teknis Masyarakat Pembelajar Anti Korupsi (MPAK) di laksanakan  oleh Perwakilan BPKP Provinsi Nusa Tenggara Timur di Desa Mata Air Kecamatan Kupang Tengah Kabupaten Kupang.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Nusa Tenggara Timur Hasoloan Manalu, Koordinator Pengawasan Bidang Investigasi BPKP Provinsi NTT Hardito, Kepala Desa Mata Air beserta  aparatur desa serta  masyarakat dilingkungan Desa Mata Air.  

Dalam kegiatan tersebut Hasoloan menyampaikan terima kasih atas partisipasi masyarakat Desa Mata Air atas keterlibatannya dalam mengikuti kegiatan ini, serta berharap Desa Mata Air dapat dijadikan sebagai “Pilot Project”, menjadi desa binaan sekaligus contoh bagi desa-desa lain di Provinsi NTT. Penatausahaan pengelolaan dana desa dapat berjalan dengan baik, mulai dari perencanaan, pelaksanaan, sampai dengan pelaporan.

Hardito menambahkan bahwa kegiatan pembelajar anti korupsi  memberikan dampak positif bagi masyarakat, mengingat semakin maraknya kasus korupsi yang dilakukan oleh pemerintah desa sampai dengan saat ini. Keterlibatan masyarakat  sangat diperlukan dalam pencegahan dan penanganan korupsi dilingkungan pemerintah desa,seperti melakukan pengaduan masyarakat sehingga memaksa pemerintah desa untuk melakukan pengelolaan keuangan desa yang transparan dan akuntabel.

Selain materi anti korupsi di sampaikan juga mengenai Dana Desa dan BUMDes. Fathul huda menjelaskan mengenai konsep dana desa  mulai dari pengertian, proses pelaksanan  sampai dengan pentingnya pengelolaan dana desa yang baik, transparan dan akuntabel. Pada kesempatan itu juga dikenalkan sistem yang telah dikembangkan oleh BPKP dalam rangka pengelolaan dana desa yaitu “SISKEUDES” atau Sistem Keuangan Desa. Sementara Harry Silalahi menjelaskan dari sisi BUMDes, dan menyampaikan implementasi BUMDes di Desa Mata Air dapat berjalan dengan baik mulai dari penyusunan laporan laba/rugi, sampai dengan posisi neraca termasuk didalamnya pengakuan aset BUMDes.

Kepala Desa Mata Air, Benyamin Kanuk menyampaikan  terima kasih atas kegiatan yang dilakukan oleh Perwakilan BPKP Provinsi NTT ini. Benyamin mengharapkan kegiatan ini bisa dilakukan secara rutin sehingga bisa terus memberikan masukan yang membangun untuk kelangsungan pengelolaan dana desa. Selain itu, Benyamin minta  dukungan dari  Perwakilan BPKP Provinsi NTT selaku penyedia aplikasi dana Desa dan BUMDes agar Desa Mata Air bisa menjadi Desa yang unggul, dan bersih dan akuntabel. (Humas BPKP NTT)



Share      

Berita Terkait:

29 Juli 2019 11:39:21 / ntt / dibaca: kali / Kat: Reformasi Birokrasi
Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan Kepala Bagian Tata Usaha Perwakilan BPKP Provinsi NTT
23 April 2019 18:10:19 / ntt / dibaca: kali / Kat: Reformasi Birokrasi
Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan Auditor Madya selaku Koordinator Pengawasan Kelompok JFA
08 Pebruari 2019 17:05:38 / ntt / dibaca: kali / Kat: Reformasi Birokrasi
Pencanangan Zona Integritas pada Perwakilan BPKP Provinsi Nusa Tenggara Timur
30 Juli 2018 17:48:43 / ntt / dibaca: kali / Kat: Reformasi Birokrasi
PENYERAHAN LAPORAN HASIL PENGAWASAN SEMESTER I KEPADA PJ. GUBERNUR NTT
30 Juli 2018 17:46:25 / ntt / dibaca: kali / Kat: Reformasi Birokrasi
PENYERAHAN LAPORAN HASIL PENGAWASAN SEMESTER I KEPADA PJ. GUBERNUR NTT


Profil BPKP NTT
Sekapur Sirih
Tupoksi BPKP NTT
Struktur Organisasi
Sumber Daya Manusia
Visi dan Misi
Rencana Strategis
Daftar Informasi Publik
Informasi Berkala
Informasi Serta Merta
Informasi Tersedia Setiap Saat
Permohonan Informasi

 

 

KANTOR PERWAKILAN BPKP PROVINSI NUSA TENGGARA TIMUR

 



Jl. Palapa No. 21 A
Kotak Pos 54, Kupang 85111
SMS: 082145899990
Fax : (0380) 832 757 

email: ntt@bpkp.go.id