Perwakilan BPKP Provinsi Nusa Tenggara Timur

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Nusa Tenggara Timur

Knowledge Sharing Dengan Sarana Library Café Yang Rileks Tapi Serius
14 Mei 2019 07:51:16 / ntt / dibaca: 53 kali / Kat: Sosialisasi/Workshop

Hari Jumat 10 Mei 2019, Aula Kantor Perwakilan BPKP Provinsi NTT yang biasanya terkesan formal, kaku, dan monoton, pagi itu terasa santai, cozy, dan jauh dari kesan formal. Masih dalam suasana Bulan Ramadhan, pagi itu Kantor Perwakilan BPKP Provinsi NTT kedatangan tamu dari Pusat Penelitian dan Pengembangan Pengawasan BPKP, yang dipimpin langsung oleh Kapuslitbangwas Bonardo Hutauruk. Maksud kunjungan Puslitbangwas BPKP ke Kupang adalah dalam rangka berbagi pengetahuan (knowledge sharing) sekaligus mendorong dibentuknya Library Café di Perwakilan BPKP Provinsi NTT.

     Tidak seperti biasanya, acara pagi itu dibuka dengan alunan alat musik tradisional “Sasando”, yang mengiringi kedatangan Kapusdlitbangwas, Kepala Perwakilan, dan rombongan masuk ke ruang aula. Acara yang dipandu Host Muhammad Isa Arifianto tersebut dibuka dengan Sambutan Selamat Datang dari Kepala Perwakilan. Dalam sambutannya, Hasoloan Manalu menyampaikan terima kasih kepada Kapuslitbangwas dan rombongan yang sudah berkenan hadir mengunjungi Kantor Perwakilan BPKP NTT, untuk berbagi ilmu dan pengetahuan, serta pengalaman. Disampaikan juga oleh Hasoloan Manalu, bahwa Perwakilan BPKP NTT sudah menyiapkan tempat untuk pembuatan Library Café, tinggal mengisinya dengan furniture dan aksesoris lainnya.

    Acara yang mengusung tema “Mewujudkan Auditor Intern Berkelas Dunia melalui Library Café Sebagai Bagian dari Knowledge Management” tersebut kemudian dilanjutkan dengan berbagi pengetahuan (knowledge sharing), yang disampaikan sendiri oleh Kapuslitbangwas BPKPBonardo Hutauruk.

    

Bonardo Hutauruk memaparkan perjalanan karirnya selama 36 tahun berkiprah di BPKP, sampai kemudian menjabat Kepala Puslitbangwas hingga saat ini. Beliau juga memaparkan perjalanan Puslitbangwas BPKP dalam memberikan kontribusinya terhadap penelitian dan pengembangan di BPKP. Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) menjadi salah satu tonggak awal tugas Puslitbangwas BPKP dalam mengembangkan teori-teori pengembangan unsur-unsur dan sub unsur SPI,P sesuai dengan Peraturan pemerintah Nomor 60 tahun 2008, dengan menghasilkan 26 buku yang didalamnya berisikan masing-masing sub unsur SPIP. Beberapa terobosan yang dilakukan Puslitbangwas berkaitan dengan SPIP adalah dengan menjadikan SPIP sebagai salah satu target pemerintah yang dituangkan ke dalam RPJMN termasuk nantinya peningkatan Kapabilitas APIP. Disampaikan juga oleh Bonardo Hutauruk, bahwa maraknya korupsi mengindikasikan masih lemahnya SPIP dan rendahnya kapabilitas APIP di Indonesia sampai saat ini, sehingga peran Audit Internal, dalam hal ini BPKP, sangat penting didalamnya.

     Bonardo Hutauruk juga sangat mengharapkan keterlibatan anak-anak muda atau “gank milenials” untuk berkiprah dalam pengembangan BPKP kedepannya. Milenials berperan penting sebagai agen perubahan, karena mereka sangat paham IT, dan mempunyai semangat yang tinggi dalam melakukan perubahan-perubahan di BPKP. Anak-anak muda BPKP diberikan kesempatan untuk melanjutkan pendidikan bahkan di luar negeri, dan setelah studi diharapkan bisa bergabung di Puslitbangwas, karena Puslitbangwas sangat membutuhkan anak-anak muda yang berprestasi dan memiliki pengetahuan yang luas. Perwakilan BPKP dapat melakukan penelitian, kajian dengan topik-topik yang berbeda, dimana hasil dari penelitian dan pengembangan tersebut akan dilakukan Penjaminan Kualitas (QA) oleh Puslitbangwas, sehingga BPKP mempunyai banyak pengetahuan, kebijakan, dan pedoman-pedoman baru untuk perubahan BPKP.

         Bonardo Hutauruk juga menjelaskan, bahwa saat ini di Puslitbangwas telah ada beberapa Sub Bidang tambahan, seperti Sub Bidang Penelitian dan Pengembangan SPIP, Sub Bidang Penelitian dan Pengembangan Kapabilitas APIP, dan Sub Bidang Penelitian dan Pengembangan Pengawasan Lintas Sektoral. Dimana dengan keberadaan sub bidang tersebut diharapkan dapat lebih fokus dan menghasilkan perubahan demi perkembangan BPKP kedepan.

     Di sesi selanjutnya, Kepala Sub Bidang Penelitian dan Pengembangan SPIP Tri Wahyono, memaparkan materi tentang “Menjadi Auditor Intern Berkelas Dunia melalui Knowledge Management dan Knowledge Sharing”. Dalam paparannya Tri Wahyono menyampaikan tentang aplikasi “Knowledge Management System” yaitu sebuah aplikasi di BPKP yang dikembangkan untuk sharing pengetahuan antar insan BPKP yang dituangkan melalui tulisan. Aplikasi ini diharapkan dapat memberikan manfaat dan pengetahuan bagi pegawai BPKP diseluruh Indonesia, baik pengetahuan secara teori maupun praktik.

    Tri Wahyono juga mendorong agar BPKP NTT bisa membangun Library Café, sebagaimana telah dimulai di Kantor Pusat, Perwakilan BPKP Provinsi NTB, Sulawesi Tenggara, Riau, dan Jawa Barat. Library Café ini penting sebagai sarana untuk meng-capture knowledge, yang nantinya akan didokumentasikan dalam Knowledge Management System (KMS). Ada empat unsur yang harus ada jika kita mau membangun Library Café, yaitu Host, Influencer, Performer, dan Barista. Dan Tri Wahyono yakin, BPKP NTT memiliki keempat unsur tersebut.

    Dalam acara knowledge sharing tersebut juga dilakukan penyerahan Buletin Library Café (LC) edisi terbaru yang berisi kegiatan-kegiatan LC yang sudah terlaksana di kantor pusat. Penyerahan dilakukan oleh Kapuslitbangwas BPKP kepada Kepala Perwakilan BPKP Provinsi NTT. Di dalam buletin tersebut juga terdapat panduan bagaimana membangun Library Café di kantor Perwakilan BPKP. Selain itu, dalam buletin terbaru juga sudah memasukkan newsletter dari kegiatan LC terakhir di kantor pusat BPKP.



Share      

Berita Terkait:

16 Maret 2018 09:33:44 / ntt / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi/Workshop
TAHUN 2018 JOKOWI AKAN BLUSUKAN KE DESA - DESA
08 Maret 2018 15:35:06 / ntt / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi/Workshop
Workshop SIMDA Perencanaan Tahunan
26 Pebruari 2018 09:22:52 / ntt / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi/Workshop
SPIP Pengadaan Barang dan Jasa di BKKBN
23 Pebruari 2018 10:09:31 / ntt / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi/Workshop
Workshop SIMDA Perencanaan Batch 3
14 Juni 2016 06:55:51 / ntt / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi/Workshop
Sosialisasi Knowledge Management System dan Titik Titik Kritis PBJ Pada Pemkab Manggarai Barat


Profil BPKP NTT
Sekapur Sirih
Tupoksi BPKP NTT
Struktur Organisasi
Sumber Daya Manusia
Visi dan Misi
Rencana Strategis
Daftar Informasi Publik
Informasi Berkala
Informasi Serta Merta
Informasi Tersedia Setiap Saat
Permohonan Informasi

 

 

KANTOR PERWAKILAN BPKP PROVINSI NUSA TENGGARA TIMUR

 



Jl. Palapa No. 21 A
Kotak Pos 54, Kupang 85111
SMS: 082145899990
Fax : (0380) 832 757 

email: ntt@bpkp.go.id