Perwakilan BPKP Provinsi Nusa Tenggara Timur

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Nusa Tenggara Timur

Kisyadi Kaper BPKP NTT: Dana Desa Tahap I telah cair 100%
03 Juli 2018 08:07:38 / ntt / dibaca: 93 kali / Kat: Kementerian/Lembaga

(Kupang, 3/7) Kepala Perwakilan BPKP Provinsi NTT, Kisyadi, mendampingi Sonny Harry Harmadi Deputi Bidang Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Kawasan, Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) dalam kunjungan kerjanya di Provinsi NTT, 28 – 30 Juni 2018, dalam rangka memantau penyaluran Dana Desa dan pelaksanaan Padat Karya Tunai Desa (PKTD).

Sonny Harry Harmadi dalam kunjungan kerjanya di Provinsi NTT ingin memperoleh informasi langsung dari para pelaku dana desa di lapangan, memastikan bahwa dana desa benar bermanfaat bagi masyarakat, dan kegiatan dana desa termasuk padat karya tunai telah dilaksanakan sesuai dengan ketentuan. Informasi penting yang diperoleh akan menjadi catatan yang dilaporkan kepada Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani. 

Rangkaian kegiatan monitoring/pemantauan dilakukan selama tiga hari melalui pertemuan dan dialog terkait penyaluran Dana Desa dan pelaksanaan Padat Karya Tunai Desa, bertempat di kantor Pemerintah Kabupaten Kupang, Kabupaten Sumba Timur, Kabupaten Sumba Tengah, Kabupaten Sumba Barat Daya dan Kabupaten Ende, yang diikuti oleh Bupati atau yang mewakili, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Camat, Kepala Desa, dan Pendamping Desa.

Pada forum dialog tersebut Deputi Bidang Pemberdayaan Masyarakat, Desa dan Kawasan Kemenko PMK, memberi kesempatan kepada yang hadir untuk bertanya dan menyampaikan pendapat yang selanjutnya ditanggapi oleh Deputi, Staf Kemendes PDTT, dan Kepala Perwakilan BPKP sesuai dengan kapasitas masing-masing.

Selain itu rombongan juga mengunjungi satu desa di Kabupaten Sumba Timur, dua desa di Kabupaten Sumba Barat dan dua desa di Kabupaten Ende untuk berdialog langsung dengan aparat desa dan tokoh masyarakat setempat, termasuk para pelaku dana desa.

Kepala Perwakilan BPKP Provinsi NTT dalam salah satu kesempatan menanggapi pertanyaan kepala desa, menyampaikan bahwa Dana Desa Tahap I (20% dari dana desa) per akhir Juni 2018 telah disalurkan dari RKUN ke RKUD sebesar Rp509 milyar atau sebesar 100%. Dari jumlah tersebut sebesar Rp446 milyar atau 87,48% telah disalurkan dari RKUD ke RKD. Bila desa belum menerima Dana Desa Tahap I agar segera mengecek rekeningnya di bank. Selain itu untuk pengelolaan dana desa, BPKP telah menyiapkan SISKEUDES, yang sederhana dan mudah digunakan.

Menutup dialog, Sonny Harry Harmadi menyampaikan pesan arahan Presiden Joko Widodo dan Menko PMK Puan Maharani, bahwa dana desa agar digunakan sebaik mungkin, berkualitas, sesuai kebutuhan masyarakat, dan dipertanggungjawabkan tepat waktu. (Humas NTT)



Share      

Berita Terkait:



Profil BPKP NTT
Sekapur Sirih
Tupoksi BPKP NTT
Struktur Organisasi
Sumber Daya Manusia
Visi dan Misi
Rencana Strategis
Daftar Informasi Publik
Informasi Berkala
Informasi Serta Merta
Informasi Tersedia Setiap Saat
Permohonan Informasi

 

 

KANTOR PERWAKILAN BPKP PROVINSI NUSA TENGGARA TIMUR

 



Jl. Palapa No. 21 A
Kotak Pos 54, Kupang 85111
SMS: 082145899990
Fax : (0380) 832 757 

email: ntt@bpkp.go.id