Perwakilan BPKP Provinsi Nusa Tenggara Timur

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Nusa Tenggara Timur

Efektifkan Pengelolaan SIM HP, Inspektorat Flores Timur Akan Capai Kapabilitas APIP Level 3.
31 Januari 2018 14:55:54 / ntt / dibaca: 4259 kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek

Senin, 30/10/2017 mengawali kegiatan Evaluasi/QA Kapabilitas APIP di Inspektorat Kabupaten Flores Timur, Tim Perwakilan BPKP Provinsi NTT memulai dengan melakukan Bimtek Pengelolaan Database Hasil Pemeriksaan dan Tindak Lanjutnya melalui Program Aplikasi SIM HP. Tim Perwakilan BPKP yang dipimin langsung oleh Korwas P3A bersama Tim (Tata dan Dwi) mengikuti sambutan dan arahan dari Inspektur Kabupaten Flores Timur, Ahmad Bethan.

Dalam sambutan dan arahannya, Ahmad Bethan menyampaikan belumnya efektif pengelolaan data base hasil pengawasan selama ini, walau sudah sejak tahun 2013 sudah terpasang di Inspektorat Kaupaten Flores Timur. Minimnya keterlibatan seluruh unsur di Inspektorat merupakan penyebab utama, tidak efektifnya pengeleolaan database hasil pengawasan melalui SIM HP selain Pedoman Pengelolaan yang belum baik diterapkan.
Selesai pembukaan dan istirahat, acara dilanjutkan dengan penjelasan urgensi dan manfaat pengelolaan database hasil pengawasan melalui SIM HP oleh Korwas P3A, Jun Suwarno. Untuk mencapai efektivitas pengelolaan database hasil pengawasan melalui SIM HP perlu dibangun tata organisasi pengelolaan database hasil pengawasan secara baik melalu SOP atau Pedoman Pengelolaan Database Hasil Pengawasan yang diberlakukan secara resmi dengan Peraturan Inspektur, sehingga mengikat semua pihak, demikian Jun Suwarno mengawali penjelasannya.
Program Aplikasi SIM HP merupakan tool  yang bersifat pasif, hanya akan bisa dimanfaatkan apabila terdapat database yang diinput ke dalam aplikasi. Oleh karena itu, menjadi penting keterlibatan semua pihak untuk melakukan inputing database laporan terutama semua laporan yang telah terbit tetapi belum pernah diinput.
Bimtek, juga dilakukan pemasangan kembali program aplikasi SIM HP ke dalam kurang lebih 10 komputer yang ada untuk kemudian digunakan untuk latihan simulasi SIM HP. Pelatihan hari ini diakhiri dengan simulasi inputing laporan dan akan dilanjutkan pada  Selasa,31/10/2017. 
Mengakhiri arahannya, Jun Suwarno menjelaskan bahwa pengelolaan database hasil pemeriksaan melalui Aplikasi SIM HP ini merupakan implementasi salah satu insfrastruktur Kapabilitas APIP level 3. Jadi menjadi hal yang urgen, Inspektorat Kabupaten Flores Timur berusaha mensukseskan atau mengefektifkan pengeloaan database hasil pemeriksaan dengan Program Aplikasi SIM HP ini. (Humas NTT)
 


Share      

Berita Terkait:

06 Pebruari 2018 13:10:52 / ntt / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
Bimtek Self Assessment (SA) Kapabilitas APIP Level 3 NTT
01 Pebruari 2018 14:55:35 / ntt / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
WORKSHOP PENINGKATAN KAPABILITAS APIP DENGAN KPK
31 Januari 2018 14:57:29 / ntt / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
Kepala Desa se-Kabupaten Sabu Raijua Merasa Tenang dan Senang setelah Bertemu Kaper BPKP NTT
31 Januari 2018 14:56:37 / ntt / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
“TIGA KELOMPOK RISIKO YANG MENGGAGALKAN TUJUAN DIKLAT”
20 Juli 2017 10:58:12 / ntt / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
Efek Domino Reviu PA/PBJ Dalam Pengentasan Kemiskinan


Profil BPKP NTT
Sekapur Sirih
Tupoksi BPKP NTT
Struktur Organisasi
Sumber Daya Manusia
Visi dan Misi
Rencana Strategis
Daftar Informasi Publik
Informasi Berkala
Informasi Serta Merta
Informasi Tersedia Setiap Saat
Permohonan Informasi

 

 

KANTOR PERWAKILAN BPKP PROVINSI NUSA TENGGARA TIMUR

 



Jl. Palapa No. 21 A
Kotak Pos 54, Kupang 85111
SMS: 082145899990
Fax : (0380) 832 757 

email: ntt@bpkp.go.id