Perwakilan BPKP Provinsi Nusa Tenggara Timur

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Nusa Tenggara Timur

BIMTEK KAPABILITAS APIP LEVEL 3 HARUS MAMPU MEWUJUDKAN PENGAWASAN INTERN PADA INSPEKTORAT DAERAH
11 Agustus 2017 18:13:24 / ntt / dibaca: 1260 kali / Kat: Kapabilitas APIP

“Kisyadi: Banyaknya LKPD belum beropini WTP, menggambarkan peran Inspektorat dalam melaksanakan Reviu LKPD belum mampu memberikan jaminan mutu secara benar.”

 

Senin (07/08), Kisyadi Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Nusa Tenggara Timur membuka Acara Kegiatan Bimtek Pemenuhan Infrastruktur Kapabilitas APIP Level 3 dan Sosialisasi Telaah Sejawat untuk Inspektorat di wilayah Provinsi Nusa Tenggara Timur  bertempat di Aula Perwakilan BPKP Provinsi Nusa Tenggara Timur. Kegiatan  dihadiri oleh 14 Inspektorat di wilayah Provinsi Nusa Tenggara Timur yang diundang.

Mengawali sambutannya, Kisyadi menyampaikan apresiasinya kepada 3 (tiga) pemerintah daerah yang mendapatkan Opini WTP atas LKPD tahun 2016, yaitu Pemerintah Provinsi NTT dan Pemerintah Kabupaten Sumba Timur yang telah 2 kali berturut – turut mendapatkan Opini WTP serta kepada Pemerintah Kabupaten Sikka yang telah mendapatkan Opini WTP atas LKPD tahun 2016. 

Masih banyaknya LKPD di wilayah Provinsi NTT yang belum mendapatkan Opini WTP, menggambarkan  program penjaminan yang Inspektorat lakukan selama ini belum menunjukan kinerja yang baik.  Artinya, kegiatan assurance melalui Reviu LKPD yang dilakukan Inspektorat belum dapat memberikan jaminan mutu secara benar.  Hal ini bisa disebabkan oleh pelaksanaan reviu LKPD yang belum benar.   Untuk mampu memberikan jaminan yang baik, Inspektorat harus mampu meningkatkan kapabilitasnya dalam melaksanakan pengawasan intern terhadap proses tata kelola, manajemen risiko dan pengendalian intern pemerintah daerah.

Melalui kegiatan Bimtek Kapabilitas APIP Level 3 dan Sosialisasi Telaah Sejawat ini, Perwakilan BPKP Provinsi Nusa Tenggara Timur akan membantu Inspektorat dalam meningkatkan kapabilitas pengawasan intern nya melalui pembuatan dokumen-dokumen infrastruktur Kapabilitas Pengawasan Intern menuju Level 3 menurut model IA-CM, sehingga Inspektorat tidak hanya mampu memenuhi infrastrukturnya saja namun juga bagaimana mengimplementasikannya dalam setiap kegiatan pengawasan intern, sehingga mempunyai kemampuan dalam melakukan pengawasan intern berkelas dunia. Demikian harapan Kisyadi mengakhiri sambutannya.

Kegiatan Bimtek Pemenuhan Infrastruktur Kapabilitas APIP Level 3 dan Sosialisasi Telaah Sejawat ini akan berlangsung selama tiga hari, mulai dari tanggal 7 Agustus 2017 sampai dengan 9 Agustus 2017. Sebelumnya, juga telah dilaksanakan kegiatan yang sama di 6 zona dengan diikuti oleh 9 Inspektorat, yaitu Inspektorat Provinsi NTT, Inspektorat Kabupaten Belu, Inspektorat kabupaten Alor, Inspektorat Kabupeten Malaka, Inspektorat Kabupaten Timor Tengah Selatan, Inspektorat Kabupaten Rote Ndao, Inspektorat Kabupaten Flores Timur, Inspektorat Kabupaten Lembata, dan Inspektorat Kabupaten Sikka.

(Humas BPKP NTT)



Share      

Berita Terkait:

25 April 2018 17:58:20 / ntt / dibaca: kali / Kat: Kapabilitas APIP
MEWUJUDKAN APIP BEKELAS DUNIA
06 Juni 2017 11:41:09 / ntt / dibaca: kali / Kat: Kapabilitas APIP
Bimbingan Teknis Pemenuhan Infrastruktur Kapabilitas APIP Level 3 dan Sosialisasi Telaah Sejawat


Profil BPKP NTT
Sekapur Sirih
Tupoksi BPKP NTT
Struktur Organisasi
Sumber Daya Manusia
Visi dan Misi
Rencana Strategis
Daftar Informasi Publik
Informasi Berkala
Informasi Serta Merta
Informasi Tersedia Setiap Saat
Permohonan Informasi

 

 

KANTOR PERWAKILAN BPKP PROVINSI NUSA TENGGARA TIMUR

 



Jl. Palapa No. 21 A
Kotak Pos 54, Kupang 85111
SMS: 082145899990
Fax : (0380) 832 757 

email: ntt@bpkp.go.id