Perwakilan BPKP Provinsi Nusa Tenggara Timur

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Nusa Tenggara Timur

BPKP Tanamkan Nilai-Nilai Anti Korupsi
02 September 2016 13:36:19 / ntt / dibaca: 767 kali / Kat: Pemberantasan Korupsi

Ende, Nusa Tenggara Timur(31/8), Perwakilan BPKP Provinsi Nusa Tenggara Timur  mensosialisasikan program anti korupsi kepada mahasiswa baru pada Universitas Flores (Unflor) Ende Flores. Sosialisasi tersebut dilakukan serentak pada enam fakultas yang ada di Universitas Flores Ende, merupakan universitas swasta dan terbesar di daratan Flores dan telah berdiri sejak tahun 1980,  serta bernaung dibawah Yayasan Yapertif  (Yayasan Perguruan Tinggi Flores).

Korupsi sudah menjadi menjadi kejahatan luar biasa, karena itu pemberantasan korupsi juga harus dilakukan dengan upaya penanganan dan pencegahan yang luar biasa. Upaya pencegahan korupsi perlu dilakukan dengan memberikan pengetahuan tentang bahaya laten korupsi dan pencegahannya kepada seluruh lapisan masyarakat, termasuk kepada para mahasiswa yang merupakan generasi penerus bangsa.

Dalam rangka pencegahan korupsi tersebut, Perwakilan BPKP Provinsi Nusa Tenggara Timur  memberikan sosialisasi program anti korupsi kepada 56 orang mahasiswa baru yang merupakan perwakilan dari 6 Fakultas pada Universitas Flores. Selain dikuti oleh mahasiswa baru, sosialisisasi  Program Anti Korupsi juga melibatkan karyawan sebanyak 63 orang dan tenaga pengajar sebanyak  59 orang.  Sosialisasi tersebut dilakukan secara selama 2 hari yaitu pada hari Senin (29/8) dan Rabu (31/8) yang bertempat di Aula Rektorat Lantai 3 Unflor.

Rektor Unflor Ende, Prof. Dr. Stephanus Djawansi, MA., yang diwakili oleh Sekretaris Eksekutif, Yohanes Laku Suku, ST., MT dan Wakil Rektor Bidang Kerjasama, Murdaningsih, SP., MP, sesaat sebelum membuka secara resmi sosialisasi tersebut, menyampaikan apresiasi kepada BPKP Nusa Tenggara Timur  atas terselenggaranya sosialiasi tersebut, yang menurutnya sangat penting selain bagi para mahasiswa baru yang merupakan generasi penerus bangsa, juga para karyawan dan tenaga pengajar yang merupakan salah satu unsur pendukung dalam mencapai tujuan dimaksud

Pada kesempatan tersebut, Koordinator Pengawasan Bidang Investigasi Perwakilan BPKP Provinsi Nusa Tenggara Timur, Setiawan Wahyudiyono menegaskan bahwa kegiatan sosialisasi program anti korupsi tersebut merupakan salah satu bentuk komitmen BPKP dalam turut serta memberantas korupsi. “Penyelenggaraan sosialisasi ini adalah tindakan preemtif yang bersifat pembinaan. Upaya pembinaan lain yang dilakukan oleh BPKP adalah tindakan preventif, yang antara lain berupa bimbingan teknis dan pengembangan sistem. Sedangkan tindakan represif, antara lain membantu aparat penegak hukum dalam melakukan perhitungan kerugian keuangan negara dan pemberian keterangan ahli,” terang Setiawan Wahyudiyono.

Materi sosialisasi yang diberikan  antara lain meliputi pengertian, jenis-jenis, dampak negatif, dan kondisi korupsi di Indonesia, serta upaya-upaya pemberantasan korupsi. Kepada seluruh peserta sosialisasi  baik mahasiswa baru maupun para karyawan dan tenaga pengajar Unflor, dijelaskan bahwa baik sebagai mahasiswa, maupun para karyawan dan tenaga pengajar dapat berperan aktif dalam pencegahan korupsi dengan mempraktekkan etika dan moral yang jujur, berani, dan kritis dalam menyikapi praktek korupsi yang ditemui. Upaya-upaya pencegahan korupsi dapat dimulai dari hal-hal yang sederhana, diterapkan pada diri sendiri, dan dilakukan mulai dari saat ini juga. (inv_ntt)



Share      

Berita Terkait:

13 Juli 2017 00:12:45 / ntt / dibaca: kali / Kat: Pemberantasan Korupsi
Wakil Ketua KPK: APIP Harus Mampu Membantu Aparat Penegak Hukum
24 Agustus 2016 10:17:47 / ntt / dibaca: kali / Kat: Pemberantasan Korupsi
Workshop Pemanfaatan Forensik Komputer di Perwakilan BPKP NTT
24 Nopember 2015 19:46:34 / ntt / dibaca: kali / Kat: Pemberantasan Korupsi
“BPKP Adalah Mitra Bagi Pemerintah Daerah”
23 Januari 2015 12:48:48 / ntt / dibaca: kali / Kat: Pemberantasan Korupsi
BPKP NTT Kembali Cegah Korupsi Lewat Udara
30 Mei 2014 07:46:14 / ntt / dibaca: kali / Kat: Pemberantasan Korupsi
Pengawasan Pembangunan di NTT Membutuhksn Partisipasi Masyarakat


Profil BPKP NTT
Sekapur Sirih
Tupoksi BPKP NTT
Struktur Organisasi
SDM
Alamat dan Kontak
Visi dan Misi
Renstra
Kegiatan BPKP
SIMDA
SPIP
LAKIP
Informasi Publik

BPKP NTT CYCLING CLUB...

 

 

PENGUMUMAN PELELANGAN

 

DOWNLOAD DI SINI

 

 

 

Waktu terus berjalan, belajarlah dari masa lalu, bersiaplah tuk masa depan, berikan yg terbaik untuk hari ini.

_anonim_