Perwakilan BPKP Provinsi Nusa Tenggara Timur

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Nusa Tenggara Timur

PULAU KERA, BUKAN PULAU DENGAN HEWAN KERA
28 September 2015 15:17:03 / ntt / dibaca: 1876 kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial

Badan Amalan Islam (BAI) Perwakilan BPKP NTT telah menerima amanat dari para pequrban berupa 10 ekor sapi dan 8 ekor kambing. Penyembelihan hewan qurban dilaksanakan pada hari Kamis lalu sebanyak 9 ekor sapi dan 8 ekor kambing, diantaranya 3 ekor sapi diserahkan pemotongannya ke Ponpres Batakte, Masjid Batuplat, dan Masjid Nurul Mubin Namosain. Daging qurbandisalurkan ke warga masyarakat di lingkungan sekitar BPKP NTT dan warga lainnya yang membutuhkan. Dan 1 ekor sapi dilaksanakan penyembelihannya pada hari Jumat tanggal 25 September 2015, khusus untuk warga di Pulau Kera.

Penyembelihan di mulai pada pukul 05.30 WITA di Perumahan Dinas Komplek Turi oleh Bapak Daridin selaku ketua BAI NTT. Selanjutnya pemotongan dan pembungkusan daging qurban dilaksanakan hingga 08.00 WITA. Daging yang telah dibungkus segera di distribusikan ke warga di Pulau Kera.

Pulau Kera secara administratif berada di wilayah Desa Uiasa, Kecamatan Sulamu, Kabupaten Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Pulau Kera memiliki luas 48,17 ha ini seharusnya merupakan pulau yang tidak berpenduduk karena terletak pada Wilayah Taman Wisata Alam Laut Kupang berdasarkan SK Menteri Kehutanan No 18/KPTS-II/1993 tanggal 28 Januari 1993. Namun saat ini Pulau Kera tersebut merupakan pulau yang berpenduduk karena telah ditempati oleh warga pendatang musiman sejak tahun 1911 dengan bangunan rumah semi permanen. Tidak ada administrasi kependudukan di sana sehingga seluruh penduduk pulau tidak ber-KTP.

Untuk mencapai Pulau Kera, Tim Distributor daging qurban memilih Pelabuhan Oeba sebagai tempat berangkat. Pulau Kera dapat diakses dengan kapal sewaan dan dapat ditembuh dengan perjalanan selama kurang lebih 45 menit. Perjalanan menuju Pulau Kera dimulai pukul 10.00 WITA dengan gelombang laut yang tenang. Sesampainya di Pulau Kera, Tim Distributor disuguhi dengan pemandangan yang masih alami. Air laut yang jernih, batas air laut antara hijau tua dengan hijau tosca, terumbu karang yang indah, pulau dengan pasir putih, cuaca yang sangat terik dan penduduk yang ramah.

Pulau Kera gersang tanpa secuilpun jejak pembangunan dari pemerintah ini dihuni oleh 116 Kepala Keluarga yang seluruhnya muslim. Ada Masjid yang terletak di tengah – tengah pulau, yaitu Masjid Darul Bahar. Tim Distributor bertemu dengan tokoh masyarakat yang ada Pulau Kera. Rumah – rumah warga banyak yang semi permanen yang terbuat dari kayu serta atap rumah dengan daun lontar. Hanya sedikit sekali warga yang memiliki rumah permanen yang beratapkan seng. Di sana tidak ada tanah melainkan hanya pasir putih, serta tidak ada listrik, mereka menggunakan genset yang dinyalakan disaat malam hari.

Sembari menunggu sholat Jumat, Tim Distributor berbincang-bincang dengan tokoh masyarakat dan beberapa warga di sana. Jam menunjukkan pukul 11.20 WITA, Tim dan warga bergegas untuk mengambil wudhu dan bersiap-siap untuk sholat Jumat. Di Pulau Kera, terdapat sumur air tawar, tetapi air yang ada hanya sedikit sekali. Tim wudhu dengan menggunakan air laut yang asin. Untuk mencari air tawar di Pulau Kera memang susah sekali. Warga di Pulau Kera harus menyebrang terlebih dahulu ke Kupang jika hendak membeli air tawar dan air minum.

Setelah menunaikan sholat jumat, Tim dan warga makan bersama selanjutnya prosesi serah terima daging qurban. Tim Distributor pulang kembali ke Kupang sekitar pukul 14.10 WITA. Air laut sudah mulai surut, sehingga Tim menuju kapal harus masuk ke laut sampai ketinggian air mencapai paha orang dewasa. Gelombang laut yang tinggi membuat kapal yang Tim tumpangi terombang ambing. Tim tiba di Pelabuhan Oeba pada pukul 14.50 WITA.

Demikianlah perjalanan Tim Distribusi mendistribusikan daging qurban ke Pulau Kera. Pulau yang sangat perlu kepedulian dari Pemerintah ini hendaknya dapat perhatian. 



Share      

Berita Terkait:

20 September 2017 17:26:06 / ntt / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
Pelantikan Pejabat Struktural dan Fungsional di Lingkungan BPKP NTT
11 September 2017 10:57:52 / ntt / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
RAIH MIMPI WUJUDKAN PRESTASI DHARMA WANITA PERSATUAN PERWAKILAN BPKP PROVINSI NTT
04 September 2017 08:19:25 / ntt / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
KEEP CALM AND BER QURBAN
14 Juni 2016 12:38:15 / ntt / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
KAPER LANTIK PEJABAT ESELON III, IV, AUDITOR MADYA SERTA PENGAMBILAN SUMPAH PNS DI PWK. BPKP NTT
13 Agustus 2015 07:07:10 / ntt / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
Gubernur NTT : “Terima kasih atas pendampingan dan bantuan kepada Pemda di Lingkup Provinsi NTT”


Profil BPKP NTT
Sekapur Sirih
Tupoksi BPKP NTT
Struktur Organisasi
SDM
Alamat dan Kontak
Visi dan Misi
Renstra
Informasi Publik
Produk Layanan
BIdang Akuntan Negara
Bidang Investigasi
Bidang Akuntabilitas Pemerintah Daerah
BIdang Instansi Pemerintah Pusat
Bidang Program dan Pelaporan serta Pembinaan APIP

 

 

KANTOR PERWAKILAN BPKP PROVINSI NUSA TENGGARA TIMUR

 



Jl. Palapa No. 21 A
Kotak Pos 54, Kupang 85111
SMS: 082145899990
Fax : (0380) 832 757 

email: ntt@bpkp.go.id