Perwakilan BPKP Provinsi Nusa Tenggara Timur

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Nusa Tenggara Timur

BPKP NTT Kembali Cegah Korupsi Lewat Udara
23 Januari 2015 12:48:48 / ntt / dibaca: 2619 kali / Kat: Pemberantasan Korupsi

Kepala Perwakilan BPKP Provinsi NTT, Sueb Cahyadi kembali didaulat sebagai narasumber tunggal dalam acara dialog interaktif di Radio RRI Kupang Pro 1 94,4 FM pada hari Jumat pagi tanggal 23 Januari 2015 dengan Program Acara “Cegah Korupsi Melalui Udara”.   Acara yang dijadwalkan rutin dilaksanakan setiap minggu ini berdurasi satu jam dan disiarkan secara langsung mulai pukul 09.00 – 10.00 Wita.  Pada kesempatan ini dialog interaktif dipandu oleh penyiar radio Aser Rihi Tugu.

Dalam kesempatan tersebut, Sueb Cahyadi menjelaskan mengenai tugas pokok, fungsi serta peran BPKP terkait dengan PP Nomor 60 Tahun 2008 tentang Sistem Pengendalian Intern Pemerintah dan Perpres Nomor 192 Tahun 2014.  Peranan BPKP dalam mencegah korupsi dilakukan melalui penguatan kapasitas pengelola keuangan dengan Sistem Informasi Manajemen Daerah (SIMDA), Fraud Control Plan (FCP), Focus Group Discussion / Sosialisasi Anti Korupsi, pemberian beasiswa S1 dan S2 kerjasama dengan Asian Development Bank (ADB) melalui Program State Accountability Revitalization (STAR) serta kegiatan Bimbingan teknis/Asistensi dalam bidang pengelolaan keuangan.  

Acara dialog disambut antusias oleh pendengar dengan adanya beberapa pertanyaan dari pendengar radio serta kiriman sms yang bertanya seputar pembinaan yang telah dilakukan oleh BPKP NTT, rencana kerja BPKP NTT di tahun 2015, serta trend perbaikan pengelolaan keuangan di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Pertanyaan-pertanyaan tersebut dijawab oleh Sueb Cahyadi secara padat dan jelas, diantaranya BPKP NTT senantiasa siap bekerjasama dengan aparat penegak hukum dalam hal memberikan bantuan penghitungan kerugian keuangan negara yang terkait dengan kasus-kasus tindak pidana korupsi. Kemudian di Tahun 2015 BPKP NTT siap mengawal program prioritas pemerintah di bidang Ketahanan Pangan, Infrastruktur, Kemaritiman, Energi dan Pariwisata mulai dari proses perencanaan sampai dengan pertanggungjawaban. Trend perbaikan pengelolaan keuangan di Provinsi Nusa Tenggara Timur dapat dilihat dari penetapan APBD se-Provinsi NTT banyak yang sudah tepat waktu, opini BPK terhadap Laporan Keuangan Pemda meningkat dari yang sebelumnya 4 Pemda mendapat Opini Disclaimer sekarang hanya tersisa 2 Pemda, penyerapan APBD yang dinilai sudah cukup baik serta transparansi pengelolaan keuangan yang meningkat.

Diakhir kesempatan Kepala Perwakilan BPKP NTT, Sueb Cahyadi memberikan saran kepada generasi muda yaitu dengan senantiasa mematuhi peraturan dan ketentuan yang berlaku, contoh sederhana adalah dengan senantiasa mengenakan helm pada saat mengendarai motor, dengan senantiasa taat maka kita akan hidup disiplin dan teratur sehingga diharapkan kita akan terhindar dari perbuatan “Korupsi”. (Humas BPKP NTT)



Share      

Berita Terkait:

13 Juli 2017 00:12:45 / ntt / dibaca: kali / Kat: Pemberantasan Korupsi
Wakil Ketua KPK: APIP Harus Mampu Membantu Aparat Penegak Hukum
02 September 2016 13:36:19 / ntt / dibaca: kali / Kat: Pemberantasan Korupsi
BPKP Tanamkan Nilai-Nilai Anti Korupsi
24 Agustus 2016 10:17:47 / ntt / dibaca: kali / Kat: Pemberantasan Korupsi
Workshop Pemanfaatan Forensik Komputer di Perwakilan BPKP NTT
24 Nopember 2015 19:46:34 / ntt / dibaca: kali / Kat: Pemberantasan Korupsi
“BPKP Adalah Mitra Bagi Pemerintah Daerah”
30 Mei 2014 07:46:14 / ntt / dibaca: kali / Kat: Pemberantasan Korupsi
Pengawasan Pembangunan di NTT Membutuhksn Partisipasi Masyarakat


Profil BPKP NTT
Sekapur Sirih
Tupoksi BPKP NTT
Struktur Organisasi
SDM
Alamat dan Kontak
Visi dan Misi
Renstra
Informasi Publik
Produk Layanan
BIdang Akuntan Negara
Bidang Investigasi
Bidang Akuntabilitas Pemerintah Daerah
BIdang Instansi Pemerintah Pusat
Bidang Program dan Pelaporan serta Pembinaan APIP

 

 

KANTOR PERWAKILAN BPKP PROVINSI NUSA TENGGARA TIMUR

 



Jl. Palapa No. 21 A
Kotak Pos 54, Kupang 85111
SMS: 082145899990
Fax : (0380) 832 757 

email: ntt@bpkp.go.id