Penyerahan Laporan Hasil Pengawasan Tahun Anggaran 2020 kepada Gubernur Provinsi NTB

Mataram - Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) mempunyai tugas menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang pengawasan keuangan negara/daerah dan pembangunan nasional.

Kamis (11/2), Kepala Perwakilan BPKP Provinsi NTB Dessy Adin didampingi oleh Kabag TU dan seluruh Korwas menyambangi Kantor Gubernur Provinsi NTB. Kunjungan tersebut dalam rangka penyerahan Laporan Hasil Pengawasan (LHP) atas Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan dan Pembangunan di Provinsi NTB Tahun 2020 kepada Bang Zul, sapaan akrab Gubernur Provinsi NTB yang didampingi oleh Inspektur Provinsi NTB, Ibnu Salim.

Kepala Perwakilan BPKP NTB Dessy Adin menyampaikan beberapa hasil pengawasan yakni mengenai Pengawalan Efektivitas & Efisiensi Penanganan Covid19 di Provinsi NTB dan Pengawalan Akuntabilitas Keuangan Pembangunan Nasional.

Adapun Pengawalan Efektivitas & Efisiensi Penanganan Covid-19 di Provinsi NTB yaitu di bidang kesehatan, pengawasan atas perluasan jaring pengaman sosial, penanganan bidang ekonomi, dan pendampingan akuntabilitas keuangan, pendampingan realokasi dan refocussing anggaran.

Sedangkan dalam Pengawasan dalam rangka Pengawalan Akuntabilitas Keuangan Pembangunan Nasional, meliputi optimalisasi penerimaan dan pengamanan keuangan negara/daerah, akuntabilitas pengelolaan keuangan pusat, pengawasan percepatan pembangunan program strategis nasional (PSN) dan program prioritas nasional, pengawasan isu prioritas, serta penguatan tata kelola dan pengendalian korupsi.

Laporan ini diharapkan dapat memberikan informasi bagi Gubernur Provinsi NTB dalam meningkatkan kualitas pengelolaan dan akuntabilitas serta pembangunan dan juga memberikan kontribusi dalam pengambilan keputusan strategis.

(Kominfo BPKP NTB)