Perwakilan BPKP Provinsi Nusa Tenggara Barat

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Nusa Tenggara Barat

Menulis: “Untuk Birokrat Agar Lebih Kritis”
07 Pebruari 2020 14:42:52 / ntb / dibaca: 185 kali / Kat: Sosialisasi/Workshop

Mataram (4/2) - Perwakilan BPKP Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) kembali menyelenggarakan Library Cafe NTB (LCN) series pertama Tahun 2020 pada hari Selasa, 4 Februari 2020, setelah sebelumnya pada Tahun 2019 telah berhasil menyelenggarakan 22 kali LCN. Acara yang diadakan di sore hari tersebut terasa spesial karena yang menjadi influencer adalah salah seorang pimpinan BPKP yang baru saja dilantik menjadi Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Barat, dan juga menjabat sebagai Pelaksana Tugas Direktur Pengawasan Akuntabilitas Keuangan Daerah PPKD, yaitu Bapak Dikdik Sadikin. Acara dibuka oleh host dan dimoderatori langsung oleh Bapak Agus Puruhitaarga Purnomo Widodo selaku Pelaksana Tugas Kepala Perwakilan Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Dengan mengusung tema "Birokrat Menulis", acara Library Cafe Perwakilan BPKP Provinsi NTB kali ini menjadi series pertama di awal tahun 2020. Dalam Sharing Session kali ini, Bapak Dikdik Sadikin membagi pengetahuan dan pengalamannya tentang menulis yang sudah menjadi salah satu passionnya. Karyanya yang pernah dimuat di beberapa media terkenal yaitu "Bemper BI, Direktur Kepatuhan Namanya" dalam Kontan, 7 Februari 2000; "Soekarno, Mahathir, dan Megawati" dalam Kompas, 3 November 2003; dan beliau masih aktif menulis di majalah Warta Pengawasan hingga sekarang. Selain menulis, beliau juga pernah menjabat sebagai redaktur pelaksana dan pemimpin harian majalah Warta Pengawasan pada tahun 1999 s.d. 2003.

"Menulis adalah sebuah sarana komunikasi dan dapat memberi manfaat pada orang lain. Tak hanya itu saja menulis juga sebagai sarana untuk kita mengembangkan diri dan menjadi pembukti adanya suatu sejarah. Mengapa RA Kartini menjadi salah satu pahlawan emansipasi wanita yang justru lebih terkenal daripada pahlawan wanita lain yang berjuang dengan cara lebih heroic? Sehingga tanggal lahir Kartini diperingati sebagai Hari Nasional? Karena dari RA Kartini kita mengenal istilah "Habis Gelap Terbitlah Terang" dari surat-surat yang ditulisnya. Ya, itulah salah satu kehebatan menulis, selain menjadi lebih dikenal, juga menjadi pembukti adanya suatu sejarah," ujar pria kelahiran Jakarta, 20 Februari ini.

Beliau juga memberikan motivasi kepada seluruh pegawai Perwakilan BPKP Provinsi Nusa Tenggara Barat agar bisa mengolah kemampuan mereka dalam menulis. Tak hanya motivasi saja, beliau juga memberikan beberapa tips dalam menulis, yaitu salah satunya setiap menullis harus dilengkapi dengan referensi. Ternyata tak hanya menulis saja, pria kelulusan S2 di Universitas Gajah Mada Yogyakarta ini juga hobi menggambar. Salah satu bukti dari hasil hobi menggambarnya, ternyata beliau juga pernah menjadi seorang illustrator untuk novel Lintar pada tahun 1989. Di akhir acara beliau spontanitas membuat karikatur dan memberikannya untuk Bapak Agus Puruhitaarga Purnomo Widodo selaku Pelaksana Tugas Kepala Perwakilan Provinsi Nusa Tenggara Barat.



Share      

Berita Terkait:

21 Pebruari 2020 10:32:48 / ntb / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi/Workshop
BPKP NTB Raih Penghargaan Pertama di Tahun 2020
02 Juli 2019 13:03:03 / ntb / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi/Workshop
Rencana Penyelenggaraan SPIP, Manajemen Risiko, dan SKPI BPKP Tahun 2019
11 Maret 2019 08:10:02 / ntb / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi/Workshop
Maturitas SPIP untuk Mencapai Efektifitas Organisasi
29 Maret 2016 11:10:19 / ntb / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi/Workshop
Diseminasi dan Serah Terima Aplikasi SISKEUDES di Provinsi Nusa Tenggara Barat
05 Pebruari 2015 16:45:16 / ntb / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi/Workshop
Pengarahan Deputi PPKD tentang Tupoksi BPKP sesuai Perpres 192/2014 di NTB


                              

                               


 

                  Online                      


                              

                              


 

                     Online                    

  

 

 

 

 

 


 

                     Online                    

  

 

 

 

 

 


         


                              

                              

 


                       Online