Perwakilan BPKP Provinsi Nusa Tenggara Barat

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Nusa Tenggara Barat

Rencana Penyelenggaraan SPIP, Manajemen Risiko, dan SKPI BPKP Tahun 2019
02 Juli 2019 13:03:03 / ntb / dibaca: 101 kali / Kat: Sosialisasi/Workshop

Mataram – Perwakilan BPKP Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) kembali mengadakan acara Library Café pada hari Jumat, 17 Mei 2019. Acara yang diselenggarakan pada siang itu dibuka dengan sambutan hangat Bapak Wahyu Anggoro selaku host dilanjutkan dengan lantunan beberapa lagu yang menambah kemeriahan dan kehangatan acara, meskipun dilaksanakan pada bulan Ramadhan.

Tema Library Café kali ini adalah “SKPI, SPIP dan MR” disampaikan oleh Bapak Tanusi dan rekan, yang menjadi influencer pada acara itu. Pada kesempatan yang baik itu, influencer menyampaikan materi tentang SKPI,Penyelenggaraan SPIP dan MR tahun 2019. Library café seri ini terbagi menjadi 2 sesi, sesi pertama membahas SKPI, dan sesi kedua membahas rencana penyelenggaraan SPIP dan MR tahun 2019.

Sesi I, SKPI dibuat untuk melaksanakan amanat pasal 53 ayat 1, 2, dan 3 PP 60 tahun 2008 tentang SPIP, Standar Audit Intern Pemerintah Indonesia (SAIPI) kepada pimpinan Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) untuk menyusun kebijakan dan prosedur pengelolaan kantor dan pelaksanaan kegiatan audit intern dalam rangka mengarahkan kegiatan audit intern, serta melaksanakan amanat Kepala BPKP agar menyusun suatu standar kerja/pedoman (seperti buku biru zaman dahulu) sebagai bekal dan guidance bagi para Pejabat Fungsional Auditor (PFA) untuk melaksanakan penugasan pengawasan.

 

SKPI bertujuan untuk menetapkan prinsip-prinsip dasar yang merepresentasikan praktik-praktik pengawasan yang seharusnya, memberikan kriteria atau ukuran minimal dalam kegiatan pengawasan intern, dan menjadi pedoman/acuan umum dalam kegiatan pengawasan intern. SKPI sebagai pedoman/acuan umum pengawasan meliputi pedoman kegiatan Assurance dan Consulting. Assurance (meliputi kegiatan audit, reviu, evaluasi, pemantauan)yaitu memberikan keyakinan bahwa kegiatan telah dilaksanakan sesuai dengan tolak ukur yang telah ditetapkan secara efektif dan efisien untuk kepentingan pimpinan dalam rangka mewujudkan tata kelola /kepemerintahan yang baik.Consulting  (meliputi kegiatan bimtek, asistensi, sosialisasi) yaitu meningkatkan efektifitas manajemen risiko, pengendalian, dan proses tata kelola sehingga dapat memberikan nilai tambah dan meningkatkan pencapaian tujuan pemerintahan dan pembangunan yang dilaksanakan dengan suatu pendekatan keilmuan yang sistematis.SKPI diharapkan dapat memberikan batasan tegas yang membedakan antara audit, reviu, evaluasi, pemantauan, bimtek, asistensi, dan sosialisasi. SKPI BPKP ditetapkan di Jakarta 18 Januari 2019  dengan Peraturan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan Republik Indonesia Nomor 1 tahun 2019 tentang Standar Kerja Pengawasan Intern Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan.

 

Pada sesi selanjutnya, Influencer memaparkan rencana penyelenggaraan SPIP tahun 2019 dan Manajemen Risiko unit kerja tahun 2019. Latar belakang rencana penyelenggaraan SPIP dan Manajemen Risiko Tahun 2019 yaitu (1) penyelenggaraan SPIP melalui penerapan 5 unsur SPIP (PP 60 tahun 2008), (2) penilaian keberhasilan (kematangan) penyelenggaraan SPIP dengan penilaian 25 sub unsur SPIP melalui pengujian 125 parameter (Perka 4 Tahun 2016), (3) audit atas penerapan MR untuk mendapatkan keyakinan yang memadai atas pelaksanaan MR (Perban 6 Tahun 2018) dan (4) adalah Surat Sekretaris Utama BPKP  (Sesma) tentang implementasi SPIP melalui tindak lanjut hasil self assesment maturitas SPIP BPKP tahun 2018 dan implementasi MR dalam rangka penerapan SPIP dan kesiapan sebelum dilakukan audit MR.

 

Monitoring untuk peningkatan nilai maturitas SPIP unit kerja BPKP sebagaimana dimaksud dalam Surat Sesma Tahun 2019 oleh unit kerja dimulai dengan menindaklanjuti Area of Improvement (AOI) berdasarkan skor hasil self assessment maturitas SPIP unit kerja tahun 2018. AOI ditindaklanjuti dengan menyiapkan bukti pendukung pemenuhan parameter pada level yang lebih tinggi sampai dengan level optimum (level 5). Unit kerja membuat jadwal tindak lanjut (TL) atas AOI dan melakukan pemantauan atas realisasi TL setiap Triwulan, mengarsipkan bukti pendukung TL dalam bentuk hardcopy dan softcopy, dan menghitung tingkat maturitas SPIP setelah TL terealisasi di setiap triwulan.

Implementasi manajemen risiko dimulai dengan identifikasi risiko, kemudian analisis risiko, pemantauan, dan perbaikan berkelanjutan.

 

Paparan yang disampaikan oleh Bapak Tanusi dan rekan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang disambut dengan antusias oleh seluruh pegawai perwakilan BPKP provinsi NTB yang hadir.

Semoga yang disampaikan pada kegiatan LCN kali ini dapat bermanfaat untuk Perwakilan BPKP Provinsi NTB dalam meningkatkan penyelenggaraan SPIP dan MR unit kerja serta bermanfaat bagi seluruh pegawai Perwakilan BPKP Provinsi NTB dalam melaksanakan tugas-tugas pengawasan. Sampai jumpa di acara Library Café NTB berikutnya!

 

 

Tim Humas BPKP NTB



Share      

Berita Terkait:

11 Maret 2019 08:10:02 / ntb / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi/Workshop
Maturitas SPIP untuk Mencapai Efektifitas Organisasi
29 Maret 2016 11:10:19 / ntb / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi/Workshop
Diseminasi dan Serah Terima Aplikasi SISKEUDES di Provinsi Nusa Tenggara Barat
05 Pebruari 2015 16:45:16 / ntb / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi/Workshop
Pengarahan Deputi PPKD tentang Tupoksi BPKP sesuai Perpres 192/2014 di NTB
26 Maret 2014 16:25:27 / ntb / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi/Workshop
SOSIALISASI PROGRAM STAR 2014
26 Maret 2014 16:20:10 / ntb / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi/Workshop
TALKSHOW PROGRAM STAR DI TVRI STASIUN REGIONAL MATARAM


                              

                               


 

                  Online                      


                              

                              


 

                     Online                    

  

 

 

 

 

 


 

                     Online                    

  

 

 

 

 

 


         


                              

                              

 


                       Online