Perwakilan BPKP Provinsi Nusa Tenggara Barat

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Nusa Tenggara Barat

Maturitas SPIP untuk Mencapai Efektifitas Organisasi
11 Maret 2019 08:10:02 / ntb / dibaca: 334 kali / Kat: Sosialisasi/Workshop

Mataram (28/2) – Perwakilan BPKP Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) kembali mengadakan acara Library Café pada hari Kamis, 28 Februari 2019. Acara yang diselenggarakan pada siang itu dibuka dengan sambutan hangat Teguh Prihandono selaku host dilanjutkan dengan lantunan beberapa lagu yang menambah kemeriahan dan kehangatan acara siang itu.

Tema Library Café kali ini adalah “Derap Langkah Auditor BPKP dalam Membangun SPIP” disampaikan langsung oleh Deputi Kepala BPKP Bidang Pengawasan Penyelenggaraan Keuangan Daerah, Gatot Darmasto, yang bersedia menjadi influencer kehormatan di sela-sela kesibukan beliau saat menjadi pembicara pada acara workshop Siskeudes di Lombok Timur dan Lombok Tengah. Beliau menceritakan perjalanan singkat dalam memulai karir di BPKP, kemudian dilanjutkan dengan menceritakan kondisi BPKP saat ini dan harapan beliau untuk setiap insan BPKP di seluruh Indonesia khususnya yang sekarang bekerja di kantor perwakilan BPKP Provinsi NTB.

 

Setelah menyelesaikan pendidikan akuntansi dari UGM 1984, beliau sempat bekerja di perusahaan swasta, Sumitomo Corporation 1984, yang pada saat itu kurang sesuai dengan passion beliau. Pertemuannya dengan BPKP yaitu saat mencari nomor register pada Deputi PNM, Gedung Keuangan. Kemudian disarankan masuk ke BPKP, dan akhir tahun 1985 beliau memulai karir di BPKP. Penugasan pertama sebagai anggota tim, namun setelah penugasan pertamanya beliau langsung diangkat perannya sebagai ketua tim, hal ini dikarenakan beliau dianggap mampu memberikan satu masukan untuk mengefisienkan auditee. Kemampuan memberikan nilai tambah untuk auditee seperti ini yang diharapkan bisa dilakukan para auditor sekarang.

 

Pimpinan BPKP mencatat adanya penurunan kualitas kerja yang terjadi saat ini pada BPKP, hal ini terlihat dari beberapa laporan yang terbit dan dari perkembangan proses penugasan. Hal ini perlu segera ditangani dan diperbaiki, untuk itu perlu adanya kontrol kualitas pada setiap penugasan yang ada di BPKP untuk tetap menjaga kepercayaan stakeholder pada BPKP. Pada Deputi Penyelenggaraan Keuangan Daerah (PKD) khususnya pada laporan dan proses penugasan maturitas sistem pengendalian intern pemerintah (SPIP) dan kapabilitas aparat pengawasan intern pemerintah (APIP), setiap angka yang keluar untuk Maturitas SPIP dan Kapabilitas APIP pada pemerintah daerah pasti melalui proses ekspose langsung bersama beliau. Hal ini beliau lakukan untuk menjaga kualitas kerja BPKP.

 

Peran BPKP saat ini sangat diharapkan mampu memberikan nilai tambah kepada pemerintah, utamanya Presiden. Hal ini tercantum dalam visi BPKP yaitu Auditor Internal Pemerintah RI Berkelas Dunia untuk Meningkatkan Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan dan Pembangunan Nasional. Auditor BPKP harus paham bahwa diproklamirkan menjadi auditor pemerintah adalah tanggung jawab yang berat. Kemudian apa yang harus dilakukan setiap insan BPKP? Peran BPKP secara umum hanya dua, pertama mengawal tujuan organisasi dapat berhasil, yang kedua mengawal akuntabilitas dengan pertanggungjawaban dan laporan. Dengan adanya kewenangan yang telah diberikan kepada BPKP melalui Perpres 192 tahun 2014 untuk melakukan 2 hal tersebut, alat utama pengawasan yang digunakan adalah yang pertama dengan APIP (BPKP, Inspektorat, dll) dan yang kedua dengan SPIP. Sebenarnya sudah sejak lama tugas tersebut ada, kemudian belakangan baru ada pemberian level untuk kapabilitas APIP dan maturitas SPIP (level 1 sampai level 5). Walaupun penugasan itu sudah ada sejak lama, namun untuk mencapai level 3 ternyata sulit, padahal BPKP sudah sejak lama menjadi auditor intern, sudah tahu sistem, bahkan BPKP pernah mengeluarkan opini untuk laporan keuangan dan opini untuk sistem suatu organisasi.

 

Fungsi utama SPIP adalah mencapai efektifitas organisasi. Untuk itu, dibutuhkan pimpinan yang paham atas perannya dalam organisasi dan memahami tujuan dibentuknya organisasi. Selain itu, dibutuhkan adanya manajemen SDM (pola rekrutmen, penempatan pegawai, promosi, reward dan punishment), pedoman dan SOP tentang kegiatan organisasi untuk menjaga standar proses dan standar kualitas, serta manajemen risiko agar setiap risiko yang timbul dapat dikendalikan. Kemudian, dilakukan reviu berkala untuk setiap kegiatan organisasi sehingga hal-hal yang berpotensi menghambat tercapainya tujuan organisasi dapat dideteksi secara dini, dan dilakukan pula perbaikan secara berulang atas hal-hal yang mengganggu tercapainya tujuan organisasi sehingga menjadi suatu budaya kerja.

 

Saat organisasi dibentuk biasanya sudah ada target-target utama yang tercantum dalam indikator kinerja utama. Sebagai contoh, ketika anggaran dapat dipertanggungjawabkan dan opini wajar tanpa pengecualian (WTP) didapatkan tetapi efektifitas organisasi tidak tercapai, itu artinya terjadi loss 100%.

 

Paparan dari Gatot Darmasto dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang disambut dengan antusias oleh seluruh pegawai perwakilan BPKP provinsi NTB yang hadir.

 

Semoga pengalaman dari influencer dapat bermanfaat dan tetap diikuti dengan meningkatnya minat baca seluruh Pegawai Perwakilan BPKP Provinsi NTB. Sampai jumpa di acara Library Café NTB berikutnya!

 

 

Tim Humas BPKP NTB



Share      

Berita Terkait:

29 Maret 2016 11:10:19 / ntb / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi/Workshop
Diseminasi dan Serah Terima Aplikasi SISKEUDES di Provinsi Nusa Tenggara Barat
05 Pebruari 2015 16:45:16 / ntb / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi/Workshop
Pengarahan Deputi PPKD tentang Tupoksi BPKP sesuai Perpres 192/2014 di NTB
26 Maret 2014 16:25:27 / ntb / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi/Workshop
SOSIALISASI PROGRAM STAR 2014
26 Maret 2014 16:20:10 / ntb / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi/Workshop
TALKSHOW PROGRAM STAR DI TVRI STASIUN REGIONAL MATARAM


                              

                               


 

                  Online                      


                              

                              


 

                     Online                    

  

 

 

 

 

 


 

                     Online                    

  

 

 

 

 

 


         


                              

                              

 


                       Online