Perwakilan BPKP Provinsi Nusa Tenggara Barat

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Nusa Tenggara Barat

Penandatangan MoU antara BPKP dengan PT ITDC di Lombok
14 Desember 2016 11:59:25 / ntb / dibaca: 57 kali / Kat: MOU, Kerjasama

“Pembanguan kali ini lakukanlah dengan cara tidak biasa, lakukan terobosan-terobosan baru tidak seperti sebelumnya.” Pesan dari pemerintah untuk PT ITDC yang disampaikan oleh Direktur Pengembangan pada saat memberikan sambutan pada acara Penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) antara PT. Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero)/Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) dengan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembanguan.“Pembanguan kali ini lakukanlah dengan cara tidak biasa, lakukan terobosan-terobosan baru tidak seperti sebelumnya.” Pesan dari pemerintah untuk PT ITDC yang disampaikan oleh Direktur Pengembangan pada saat memberikan sambutan pada acara Penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) antara PT. Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero)/Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) dengan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembanguan.

Kegiatan penandatanganan MoU dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 8 Desember 2016 di Kantor sementara PT ITDC yang terletak di Praya, Lombok Tengah. Acara ini dihadiri oleh Deputi Kepala BPKP Bidang Akuntan Negara, Bapak Gatot Darmasto, Direktur Pengawsan Badan Usaha Jasa Perhubungan, Pariwista, Kawasan Industri dan Jasa Lainnya, Bapak Danny Amanda, Direktur Pengembangan PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau ITDC Bapak Edwin Darmasetiawan dan Kepala Perwakilan BPKP Provnsi Nusa Tenggara Barat, Bapak Bonardo Hutauruk.

Tanah seluas 1.175,23 ha yang teletak di Lombok Tengah bagian Selatan akan dikembangkan menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika oleh PT ITDC, dengan pengelolaan tata kelola yang lebih mandiri dan transparan. Hal ini dipandang perlu adanya pengawasan lebih dini dari internal perusahaan. Oleh karena itu PT ITDC berinisiatif untuk bekerja sama dengan bpkp dalam mengawal menjadi perusahaan yang mampu menerapkan tata kelola yang baik. Dengan ditandatangainya MoU ini diharakan PT ITDC mampu melakukan tindakan previntif dari terjadinya potensi kecurangan (fraud).

 “Memang kalau saya perhatikan, dan saya simpulkan bahwa sekian banyak penyimpangan yang terjadi biasanya terjadi karena kelamahan pada internal control system, penyimpangan perundang-undangan, ketidak efektifan, efisiensian, dan ekonomisan, serta administrasi yang buruk. Dengan adanya MoU ini semoga PT ITDC dapat menjadi perusahaan yang terhindar dari penyebab-penyebab terjadinya penyimpangan tersebut.

Sudah sekian banyak MoU yang kami (BPKP) tandatangani, dan tentu saja kami mengharapkan MoU yang ditandatangani tidak hanya menjadi selembar kertas yang terlupakan tapi menjadi pemicu untuk menjadi lebih baik. Oleh karena itu perlu segera dilakukan langkah-langkah untuk mewujudkan MoU yang telah disepakati, tentukan perwakilan dari PT ITDC dan BPKP untuk menjadi koordinator atau petugas yang menghubungkan BPKP dengan PT ITDC, segera susun action plan atas MoU ini, dan tentu saja tentukan rencana jangka panjang juga apa saja yang dapat dilakukan dan dihasilkan hingga tiga tahun kedepan.” Ujar pak Deputi Kepala Bidang Akuntan Negara, Bapak Gatot Darmasto,

Turut hadir dalam acara Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Gubernur Provinsi Nusa tenggara Barat, wakil dari Bupati Lombok Tengah, Ketua Tim Sekretariat KEK Mandalika Provinsi Nusa tenggara Barat, Ketua Tim TP4D Provinsi Nusa Tenggara Barat, Kepala Administrator KEK Provinisi Nusa Tenggara Barat, Kapolres Lombok Tengah, Dansim Kodim 1620  yang diwakili oleh Danramil, dan seluruh staf dan pegawai PT ITDC dan perwakilan dari Perwakilan BPKP Prov NTB. (humas NTB)



Share      

Berita Terkait:

12 Maret 2014 15:53:46 / ntb / dibaca: kali / Kat: MOU, Kerjasama
KUNJUNGAN KOORDINASI KEPALA PERWAKILAN BPKP NTB KE DIREKTORAT RESERSE KRIMINAL POLDA NTB
10 Pebruari 2012 10:22:33 / ntb / dibaca: kali / Kat: MOU, Kerjasama
Kunjungan Kerja Kaper BPKP NTB ke Walikota Mataram


TENTANG KAMI
Sambutan Kepala Perwakilan
Visi dan Misi
SDM
Struktur Organisasi
Tugas, Wewenang dan fungsi
PELAYANAN PUBLIK
Daftar Informasi Publik
Galeri Foto
 
 
Alamat

   Jl. Majapahit No.23 A
      Mataram- 83116     
   

   Telepon (0370)  638248
   Faksimili (0370) 623505    
   Email: ntb@bpkp.go.id