BPKP Malut Siap Dampingi Tata Kelola Pemeriksaan di Kota Tidore Kepulauan

Ternate (1/11) – Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara menerima kunjungan dari Inspektur Kota Tidore Kepulauan Arif Radjabessy didampingi oleh Irban Investigasi Sakina Usman (1/11). Kedatangannya disambut langsung oleh Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara Aryanto Wibowo di ruang kerjanya. Perbincangan ini berlangsung dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yaitu memakai masker dan menjaga jarak.

Pada awal perbincangannya, Inspektur Kota Tidore Kepulauan Arif Radjabessy menyampaikan tujuan kedatangannya untuk bersilaturahmi dan untuk konsultansi terkait tata kelola desa. Lanjutnya, Arif menyampaikan bahwa Inspektorat Kota Tidore Kepulauan meminta pendampingan terkait penggunaan Sistem Pengawasan Keuangan Desa (SISWASKEUDES) untuk mengawal akuntabilitas keuangan desa. Selain itu, Arif menyampaikan bahwa Inspektorat Tidore Kepulauan juga meminta pendampingan terkait Penilaian SPIP Terintegrasi.

Menanggapi hal tersebut, Aryanto menyampaikan bahwa BPKP siap untuk mendampingi Inspektorat Tidore Kepulauan dalam penggunaan SISWASKEUDES. Selanjutnya, Aryanto menambahkan bahwa nantinya akan dilakukan workshop Siswaskeudes untuk seluruh Inspektorat di wilayah Provinsi Maluku Utara yang dikoordinir oleh Inspektorat Provinsi dengan mengundang dari BPKP Pusat dan Kemendagri sesuai surat dari Irjen Kemendagri. Di akhir pertemuannya, Aryanto berharap kepada Inspektorat Provinsi Maluku Utara agar dapat selalu mengawal akuntabilitas keuangan daerah maupun keuangan desa.

(Kominfo BPKP Malut/April)