Tingkatkan Kapabilitas APIP di Inspektorat, BPKP Malut Berikan Pelatihan Auditor Ahli Pertama

Dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan kapabilitas APIP di inspektorat, Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara menyelenggarakan Diklat Fungsional Auditor Ahli Pertama di Lingkungan Inspektorat di Wilayah Provinsi Maluku Utara dan Maluku pada pagi ini (1/11). Diklat ini dilaksanakan selama 13 hari kerja dimulai pada tanggal 1 November 2021 sampai dengan 15 November 2021. Jumlah peserta yang mengikuti kegiatan ini sebanyak 23 orang berasal dari Inspektorat Se-Provinsi Maluku Utara dan Maluku.

Kegiatan ini diawali dengan laporan panita oleh Ketua Panitia Zulkifli. Dalam laporannya Zulkifli menyampaikan bahwa terdapat 23 orang peserta yang akan mengikuti Diklat Fungsional Auditor Ahli Pertama di Lingkungan Inspektorat di Wilayah Provinsi Maluku Utara dan Maluku. Lanjutnya, Zulkifli melaporkan bahwa biaya diklat ini berasal dari Anggaran Dana STAR AF Pusdiklatwas BPKP Tahun 2021.

Selanjutnya Diklat ini dibuka oleh Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara Aryanto Wibowo yang ditandai dengan ketukan palu. Dalam sambutannya, Aryanto menyampaikan bahwa APIP semakin hari semakin banyak dibutuhkan untuk mengawal akuntabilitas keuangan negara/daerah. Lanjutnya, Aryanto juga menyampaikan bahwa APIP juga harus dapat menjaga governace, risk, dan control. Oleh sebab itu, keahlian para APIP perlu ditingkatkan dengan pemberian pelatihan seperti Diklat Fungsional Auditor Ahli Pertama di Lingkungan Inspektorat di Wilayah Provinsi Maluku Utara dan Maluku yang sedang berlangsung ini. Untuk itu, Aryanto berharap bahwa kegiatan ini dapat dimanfaatkan para APIP dengan baik dan ilmunya dapat diterapkan di tempat kerjanya masing-masing.

Setelah dibuka pelatihan tersebut, dilanjutkan dengan penyematan tanda peserta diklat oleh Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara Aryanto Wibowo didampingi oleh Ketua Panitia Penyelenggara Diklat Zulkifli. Selanjutnya acara ditutup dengan doa dan foto bersama. (Kominfo BPKP Malut/April)