Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara

Rapat Koordinasi Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) Provinsi Maluku Utara
01 September 2019 05:18:59 / malut2 / dibaca: 2060 kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek

Ternate (27/08), Bertempat di ruang pertemuan Hotel Grand Dafam Bella Ternate, Rapat Koordinasi Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) Provinsi Maluku Utara dihadiri oleh Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah Provinsi Maluku Utara, Koordinator Pendamping Wilayah, Pedamping Lokal Desa, Camat, Kasat Binmas, dan Kepala Desa se-Provinsi Maluku Utara. 

Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara, Rizal Suhaili berkesempatan memberikan paparan mengenai tata kelola keuangan desa yang transparan dan partisipatif. Hal ini berkaitan erat dengan kasus-kasus yang marak terjadi sejak 2015 lalu yaitu sebanyak 900 kasus tentang penyelewengan dana desa yang terjadi sejak dana desa tersebut digulirkan.

BPKP mempunyai peran assurance dan consulting dalam mengawasi pengelolaan keuangan desa untuk mewujudkan tata kelola keuangan desa yang akuntabel dan transparan. Selain itu, nantinya desa diharapkan dapat mengelola sumber daya yang dimiliki secara mandiri.  Oleh karena itu, BPKP mengembangkan sebuah aplikasi bernama SISKEUDES. Aplikasi ini merupakan aplikasi sederhana yang mudah digunakan untuk mengelola keuangan desa dan telah disesuaikan dengan regulasi yang berlaku, yaitu Permendagri Nomor 20 Tahun 2018. Selain itu, Aplikasi SISKEUDES ini dilengkapi oleh pengendalian internal melalui pembatasan otorisasi masing-masing user perangkat desa.

Untuk percepatan implementasi SISKEUDES diperlukan komitmen stakeholders dan perangkat desa, koordinasi lintas OPD yang telibat dalam Satuan Tugas Desa dan peran pendamping lokal desa. Kedepannya, aplikasi SISKEUDES ini akan diintegrasikan dengan berbagai aplikasi pendukung lainnya, diantaranya aplikasi dari Direktorat Jenderal Pajak, SISWASKEUDES dan lainnya.

Selain paparan mengenai tata kelola keuangan desa, moderator juga membuka sesi tanya jawab bagi para peserta rapat, tercatat sebanyak enam orang memberikan beberapa pertanyaan terkait pemaparan tersebut.

Rapat Koordinasi Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) Provinsi Maluku Utara dilaksanakan dari tanggal 25 Agustus 2019 sampai dengan 28 Agustus 2019.



Share      

Berita Terkait:

26 Juni 2020 09:57:40 / malut2 / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
Jalin Sinergitas Instansi, Inspektorat Halsel Kunjungi BPKP Malut
20 Juni 2020 21:42:27 / malut2 / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
Bimtek Substansi Pengawasan: Demi Akuntabilitas Bansos Covid-19
16 Mei 2020 18:07:43 / malut2 / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
Sinergi Pencegahan Korupsi Penanganan COVID-19
14 Mei 2020 11:14:32 / malut2 / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
BPKP Malut dan KPK: Koordinasi Penanganan COVID 19
31 Maret 2020 20:08:51 / malut2 / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
Koordinasi dan Konsultasi Inspektur Provinsi Maluku Utara dalam Pengawalan COVID-19