Festival Teluk Jailolo (FTJ) Tahun 2019: Prariwisata untuk Memperkuat Ekonomi Daerah

Festival Teluk Jailolo (FTJ) kembali masuk dalam jajaran 100 Wonderful Event dan menjadi daftar Calender of Event (CoE) Kementerian Pariwisata (Kemenpar). Festival ini merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten Halmahera Barat dan merupakan salah satu festival unggulan pariwisata Indonesia.

Kegiatan yang diadakan dari tanggal 24 - 29 Juni 2019 merupakan gelaran festival ditahun yang ke-11 dan akan mengusung tema utama “Pesona Budaya Kepulauan Rempah”. Rangkaian acara selama enam hari telah disiapkan panitia festival untuk menyambut para wisatawan, mulai dari  Lomba Dayung, Fun Dive, Fun Fishing, Fun Trip Mariporoco, Pesta Tani, Ekspedisi Talaga Rano, Ritual Orom Sasadu, Ritual Sigofi  Ngolo dan masi banyak lagi.

“Tujuan utama kegiatan Festival Teluk Jailolo (FJT) adalah untuk menumbuhkan dan mengembangakan aktifitas ekonomi masyarakat melalui sektor pariwisata untuk memperkuat kapasitas ekonomi daerah” tutur Fenny Kiat selaku Ketua Harian Festival Teluk Jailolo (FJT) Tahun 2019.

Ritual Sigofi Ngolo, mengawali acara pembukaan festival pada hari ini. Selanjutnya sambutan sekaligus membuka secara resmi Festival Teluk Jailolo Tahun 2019 oleh Bupati Halmahera Barat, Danny Missy.

Dimalam penutup, panitia menghadirkan penyanyi Glenn Fredly sebagai bintang tamu yang siap menghibur para wisatawan dan segenap panitia sekaligus menutup rangkaian acara Festival Teluk Jailolo (FTJ) Tahun 2019.