Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara

Kooordinasi dan QA Reviu Pengelolaan Anggaran /PBJ dan Dana Desa Triwulan I 2019 Se-Provinsi Malut
17 Mei 2019 11:41:24 / malut2 / dibaca: 1707 kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek

Senin, 13 Mei 2019, Perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan  Provinsi Maluku Utara menyelenggarakan Kegiatan Koordinasi dan Quality Assurance atas Reviu dan Pengadaan Barang/Jasa serta Pengelolaan Anggaran Pemerintah Daerah  Penyaluran dan Penggunaan Dana Desa Triwulan I Tahun 2019 bersama seluruh Inspektorat di Wilayah Provinsi Maluku Utara.

Turut hadir dalam kegiatan ini Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara,  Koordinator Pengawasan Bidang APD, Inspektur Kota Ternate, Inspektur Kota Tidore, Inspektur Kabupaten Pulau Morotai, Inspektur Kabupaten Halmahera Utara, dan Inspektur Kabupaten Kepulauan Sula.

Acara ini diawali dengan sambutan Koordinator Pengawasan Bidang Akuntabilitas Pemerintah Daerah (Koorwas APD), Tousiama Onisimus Adoe. Oni menyampaikan bahwa kegiatan reviu yang merupakan kolaborasi antar APIP dan BPKP diharapkan bisa memberikan informasi awal berdasarkan data-data yang relevan untuk mengembangkan early warning system yang bermanfaat untuk membantu pencapaian tujuan organisasi. Output dari kegiatan ini adalah hasil reviu berbentuk aplikasi berbasis web yang akan disampaikan oleh Inspektorat daerah kepada masing-masing pimpinan pemerintah daerah

Dalam kesempatan berikutnya, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara, Rizal  Suhaili menyampaikan bahwa pertumbuhan ekonomi Provinsi Maluku Utara pada tahun 2018 mencapai 7,92%, yang merupakan pertumbuhan tertinggi di kawasan timur indonesia, bahkan lebih tinggi dari pertumbuhan ekonomi nasioanal yang tercatat sebesar 5,17% . Namun, dari 7,92% sumbangsih dari pemerintah daerah masih cukup rendah. Kegiatan reviu ini merupakan ajang kita sebagai APIP untuk mengawal ekonomi daerah dari sisi penganggaran dan pengadaan barang dan jasa untuk dapat lebih berperan dalam pertumbuhan ekonomi.

Selanjutnya Rizal menyampaikan bahwa tujuan utama dari acara ini adalah memberikan informasi memadai  kepada pimpinan, untuk dapat dibuat keputusan yang tepat guna semakin memajukan pengelolaan pemerintahan. Selain itu, kegiatan ini juga menjadi media silaturahmi dan sharing knowledge antar apip dalam melakukan reviu pengelolaan anggaran dan dana desa maupun kegiatan pengawasan lainnya. 

Selama tiga hari, mulai tanggal 13 Mei 2018 sampai  degan 15 Mei 2018 seluruh tim reviu dari inspektorat  melakukan pengolahan data dan inputing hasil reviu pengelolaan anggaran yang melingkupi penyerapan anggaran belanja, pelaksanaan PBJ melalui pelelangan, dan kualitas belanja dan penyaluran penggunaan dana desa dengan  pendampingan dari tim Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara.



Share      

Berita Terkait:

26 Juni 2020 09:57:40 / malut2 / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
Jalin Sinergitas Instansi, Inspektorat Halsel Kunjungi BPKP Malut
20 Juni 2020 21:42:27 / malut2 / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
Bimtek Substansi Pengawasan: Demi Akuntabilitas Bansos Covid-19
16 Mei 2020 18:07:43 / malut2 / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
Sinergi Pencegahan Korupsi Penanganan COVID-19
14 Mei 2020 11:14:32 / malut2 / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
BPKP Malut dan KPK: Koordinasi Penanganan COVID 19
31 Maret 2020 20:08:51 / malut2 / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
Koordinasi dan Konsultasi Inspektur Provinsi Maluku Utara dalam Pengawalan COVID-19