Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara

Perkuat Kompetensi APIP Se Maluku Utara dengan BIMTEK Reviu Laporan Keuangan Pemerintah Daerah(LKPD)
15 Maret 2019 20:41:41 / malut2 / dibaca: 1871 kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek

Demi perkuat kapabilitas APIP, Kantor Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara bersama-sama dengan APIP se Maluku Utara menyelenggarakan BIMTEK Reviu Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) yang dimulai dari tanggal 13 hingga 15 Maret 2019.

“Kita pasti bisa asalkan mau terus belajar.” Sekiranya itulah penggalan seruan yang disampaikan Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara kepada Jajaran APIP di Maluku Utara dalam acara Bimbingan Teknis Reviu Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) bagi APIP Se- Maluku Utara yang dihadiri Inspektur Kabupaten/Kota Maluku Utara.

Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara, Rizal Suhaili dalam sambutannya menyampaikan bahwa penyusunan LKPD adalah suatu keniscayaan sebagai bagian dari proses pertanggungjawaban penyelenggaraan pemerintahan selama setahun. Dalam LKPD akan tercermin bagaimana suatu pemerintahan melaksanakan tugsnya, yang nanti akan dilakukan audit oleh BPK.  Selama kurun waktu Tahun Anggaran 2016-2017 sudah terjadi peningkatan jumlah Kabupaten/Kota yang memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK dari 6 menjadi 7 Kabupaten/Kota dari 10 Kabupaten/Kota. Harapannya, ditahun ini seluruh Kabupaten/Kota di Provinsi Maluku Utara mampu memperoleh opini WTP dari BPK.

Melalui Bimtek ini, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara mengajak seluruh jajaran APIP Se- Maluku Utara untuk terus mengasah diri. Selama ini reviu LKPD masih ditangani oleh Perwakilan BPKP, Beliau mengharapkan reviu semacam ini dapat dilaksanakan mandiri oleh masing-masing inspektorat Daerah. Perwakilan BPKP nantinya hanya memberikan Quality Assurance atas apa yang telah dilakukan oleh Inspektorat. Kepala Perwakilan juga mengajak Inspektorat untuk tidak hanya berfokus pada tata kelola (governance)namun lebih daripada itu yaitu bagaimana APIP mampu meningkatkan ruang fiskal daerah sehingga terwujud kemandirian daerah. Sambutan kepala perwakilan tersebut diakhiri oleh ketukan palu sebagai tanda dimulainya kegiatan Bimbingan Teknis Reviu Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) bagi APIP Se- Maluku Utara.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi mulai dari gambaran umum pelaksanaan reviu, Pelaksanaan Reviu LKPD Berbasis Akrual, Penyusunan Program Kerja Reviu hingga Pelaporan Hasil Reviu. Sebagai penyaji adalah para Auditor di Lingkungan Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara. Acara ini berlangsung selama tiga hari mulai tanggal 13 sampai dengan 15 Maret 2019 bertempat di Aula Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara.

 

Berita Oleh: Aditya Anton

Foto Oleh: Ara



Share      

Berita Terkait:

26 Juni 2020 09:57:40 / malut2 / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
Jalin Sinergitas Instansi, Inspektorat Halsel Kunjungi BPKP Malut
20 Juni 2020 21:42:27 / malut2 / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
Bimtek Substansi Pengawasan: Demi Akuntabilitas Bansos Covid-19
16 Mei 2020 18:07:43 / malut2 / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
Sinergi Pencegahan Korupsi Penanganan COVID-19
14 Mei 2020 11:14:32 / malut2 / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
BPKP Malut dan KPK: Koordinasi Penanganan COVID 19
31 Maret 2020 20:08:51 / malut2 / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
Koordinasi dan Konsultasi Inspektur Provinsi Maluku Utara dalam Pengawalan COVID-19