BPKP Malut Dampingi Penyusunan LKPD Kabupaten Kepulauan Sula

Selasa, 19 Februari 2019 berlokasi di Auditorium Wisma Raffa Asrama Haji Kota Ternate, dilaksanakan pembukaan kegiatan Coaching Clinic Penyusunan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Sula Tahun 2018. Acara ini dihadiri oleh Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara, Rizal Suhaili, Koodinator  Pengawasan Bidang APD, Mardyanto Arif Rakhmadi, serta Kepala Bidang Akuntansi BPKAD Kabupaten Kepulaun Sula, Ilham Yamin.

Dalam sambutannya, Rizal menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten selaku organisasi publik wajib melakukan  administrasi keuangan daerah beserta output yang dihasilkannya. Aset yang kita miliki wajib dicatat dengan akurat baik dari jenis, nilai, lokasi, maupun status keberadaannya. Pencatatan atas dana BOS tahun lalu yang menjadi perhatian BPK patut kita perbaiki.  Agar kita dapat mencapai opini Wajar Tanpa Pengecualian, semua rekomendasi dari BPK harus kita tindak lanuti dengan sebaik baiknya, dan ini merupakan tanggung jawab kita semua.

Dalam kesempatan berikutnya, Ilham menyatakan bahwa untuk menghasilkan laporan keuangan yang berkualitas, seluruh SKPD harus bekerja dengan maksimal dan mengedepankan kualitas laporan keuangan yang relevan, andal, dapat diperbandingkan serta dipahami dan bebas dari kesalahan maupun kekeliruan, dan ini merupakan proses yang tidak mudah. Oleh karena itu, Kabupaten Kepulauan Sula mengucapkan terima kasih atas kesediaan Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara untuk melakukan coaching clinic atas kegiatan penyusunan laporan keuangan ini sehingga diharapkan dapat menghasilkan laporan keuangan daerah yang dapat meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

Kegiatan coahing clinic ini akan dilangsukan selama empat hari kedepan, mulai tanggal 19 Februari 2019 sampai dengan 22 Februari 2019 yang diikuti oleh 103 peserta dari OPD Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sula yang terdiri dari Kasubbid Akuntansi, Bendahara Barang, dan Bendahara Pengeluaran. Kegiatan ini akan didampingi oleh Tim  Perwakilan BPKP Maluku Utara.

Humas Malut (TM)