Tingkatkan Kapabilitas APIP Malut Level 3 melalui Workshop Perencanaaan Pengawasan Berbasis Risiko

Workshop Perencanaaan Pengawasan Berbasis Risiko (PPBR): Penyusunan PKPT 2019 Berbasis Risiko bagi APIP Se Provinsi Maluku Utara. Merupakan acara yang diinisiasi oleh Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara sebagai wujud komitmen dan dukungan kita bersama untuk meningkatkan kapabilitas APIP khususnya dan bagi terwujudnya peningatan akuntabilitas serta tata kelola pemerintahan umumnya diwilayah Provinsi Maluku Utara.

Workshop diadakan di Aula Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara, dilaksanakan selama tiga hari yaitu dari tanggal 29 sampai dengan 31 Januari 2019, diikuti oleh inspektorat yang ada di Provinsi Maluku Utara. Metode yang digunakan adalah paparan mengenai materi PPBR dan dilanjutkan dengan penyusunan PPBR oleh masing-masing inspektorat dengan didampingi oleh rekan-rekan dari Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara. 

Acara diawali dengan pembacaan laporan pelaksanaan oleh ketua pelaksana Luchdita Priatama dan dibuka secara resmi oleh Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara Rizal Suhaili, dalam sambutanya beliau mengatakan salah satu yang menjadi perhatian presiden yaitu peran aktif APIP yang sangat strategis dalam mengawasi pemerintah guna mencapai tujuan pemerintahan itu sendiri dimana APIP merupakan baris terakhir dari konsep Three Line of Defence, APIP harus dapat memastikan apakah sebuah sistem sudah berjalan dengan baik, untuk itu APIP di masing-masing daerah dapat meningkatkan kapabilitas level 3 dimana salah satu syaratnya ialah dengan Penyusunan PKPT Berbasis Risiko. Beliau berharap APIP dapat mendorong pemerintah daerah untuk meningkatakan akuntabilitas laporan keuangan daerahnya menjadi lebih baik dengan memperoleh opini WTP dari BPK RI atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah.