Bimbingan Teknis Implementasi Aplikasi SIMDA Keuangan dan Monitoring Implementasi Aplikasi SISKEUDES

Dalam rangka mewujudkan pengelolaan keuangan daerah yang baik, Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara melaksanakan tiga tugas pengawasan sekaligus di Labuha, Kabupaten Halmahera Selatan, yaitu Bimbingan Teknis Implementasi Aplikasi SIMDA Keuangan dan Monitoring Implementasi Aplikasi SISKEUDES Tahun 2017, Bimbingan Teknis Implementasi Aplikasi SIMDA Perencanaan,  dan Pendampingan Peningkatan Tingkat Maturitas SPIP.

Kegiatan ini dimulai tanggal 4 September 2017 selama 5 hari, yang dimulai dengan entry meeting bersama Bapak Koordinator Pengawasan Bidang APD, Bapak Sekretaris Daerah dan Asisten Ahli bersama Pimpinan SKPD di lingkungan Kabupaten  Halmahera Selatan.

Kegiatan Bimtek Aplikasi SIMDA Perencanaan yang dilakukan di ruang aula kantor Bappeda bertujuan untuk membantu pemerintah daerah menerapkan sistem perencanaan pembangunan daerah yang sesuai dengan peraturan perundang-undang yang berlaku dan terintegrasi dengan sistem pengelolaan keuangan daerah yang diterapkan, sehingga dapat membantu pemerintah daerah untuk berakuntabilitas secara transparan. Kegiatan awal ini meliputi penginputan dokumen perencanaan berupa RPJMD dan Renstra ke aplikasi SIMDA Perencanaan yang dihadiri oleh 10 SKPD.

Di samping itu, bersama Inspektorat dilaksanakan asistensi untuk peningkatan level maturitas SPIP ke level 3 dengan melakukan penilaian resiko dan membuat Rencana Tindak Pengendalian (RTP) sebagai pemenuhan sub unsur SPIP yang dihadiri oleh 13 SKPD.

Selain dua kegiatan tersebut, juga dilakukan bimbingan teknis aplikasi SIMDA Keuangan dengan pemberian materi/sosialisasi pengoperasian aplikasi versi terbaru 2.7.0.11 serta FGD terkait penatausahaan pengelolaan keuangan daerah kepada bidang anggaran dan akuntansi BPKAD.

Untuk pengelolaan keuangan desa, Pemerintah Kabupaten Halmahera Selatan telah mengimplementasikan aplikasi SISKEUDES dengan menargetkan impelementasi 100% pada 249 desa di tahun 2017. Untuk itu, Sekretaris Daerah Halmahera Selatan, Bpk Helmi Surya B akan menyusun dan menetapkan serta mengaktifkan kembali Satuan Tugas (Satgas) Desa untuk percepatan implementasi aplikasi SISKEUDES. Berikut Dokumentasinya: