Perwakilan BPKP Provinsi Maluku

Kata Pengantar dari Kepala Perwakilan

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, Salam Sejahtera bagi Kita Semua

Para Pengunjung situs BPKP yang budiman, kami sangat gembira dengan kunjungan Ibu, Bapak, dan Anda sekalian. Pada kesempatan baik sekali ini, marilah kita selalu memanjatkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT, karena atas segala Kemurahan-Nya serta kehendak-Nya situs pengawasan ini dapat hadir di tengah-tengah kita, sehingga dapat mempermudah komunikasi serta sharing kebaikan kita bersama.

Situs ini merupakan salah satu upaya peningkatan komunikasi Perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Maluku yang telah berlangsung baik sebelumnya. Harapan kami, para stakeholders BPKP yang berada di wilayah Provinsi Maluku dapat lebih mudah untuk mengakses informasi dan berkomunikasi dengan kami. Stakeholders prioritas kami meliputi Pemerintah Provinsi/Kabupaten/Kota termasuk SKPD/Badan/BUMD dan segenap instansi vertikal di Provinsi Maluku. Mengingat kondisi geografis yang bersifat kepulauan dan belum berlimpahnya sarana transportasi/komunikasi maka situs ini dapat menjadi jembatan informasi yang lebih praktis dan efisien.

Kami menyadari bahwa informasi dan komunikasi yang dapat memfasilitasi rencana aksi aktivitas kita adalah unsur penting guna mendukung terwujudnya good governance dan clean government. Untuk mendukung kemudahan pencapaian informasi dan komunikasi di atas, maka kami berkomitmen untuk membantu dan mengawal upaya-upaya strategis para Stakeholders melalui penyajian informasi dan komunikasi pengawasan yang akurat, tepat, dan terkini.

Seiring dengan terbitnya Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2008 tentang Sistem Pengendalian Intern Pemerintah, dan Inspres no 4 Tahun 2011, Perwakilan BPKP Provinsi Maluku melaksanakan rencana aksi fasilitasi stakeholders Pemerintah Daerah maupun Instansi vertikal dalam meningkatkan kinerja melalui pembinaan penerapan SPIP yang akhirnya akan meningkatkan kualitas akuntabilitas pengelolaan keuangan negara/daerah yang bersangkutan.

Sesuai visi kami: Auditor Internal Pemerintah RI Berkelas Dunia untuk Meningkatkan Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan dan Pembangunan Nasional, BPKP senantiasa berusaha merealisasikan peran sebagai expertise, current issues, clearing housedan check and balance. Kegiatan kami diupayakan mendukung pencapaian kinerja pro job, pro poor, dan pro growth di Provinsi Maluku.

Fokus dan prioritas kegiatan kami adalah pendampingan peningkatan akuntabilitas dalam pengelolaan keuangan negara/negara melalui kegiatan bimbingan teknis, asistensi pengelolaan keuangan pemerintah daerah, dan mendorong penuntasan tindak lanjut untuk pencapaian peningkatan opini atas laporan keuangan pemerintah daerah.

Selain itu, kegiatan pemberantasan korupsi juga menjadi perhatian tersendiri kami yaitu melalui kegiatan penindakan (represif) berupa audit investigatif, perhitungan kerugian keuangan negara, dan bantuan ahli di persidangan. Sedangkan kegiatan pencegahan (preventif) menitikberatkan pada penciptaan iklim pengelolaan keuangan yang kondusif dan menghindari adanya penyimpangan keuangan secara dini melalui pengembangan Fraud Control Plan dan Program Anti Korupsi.

Akhirnya, harapan kami semoga situs ini dapat bermanfaat bagi para stakeholder dalam upaya peningkatan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih di Provinsi Maluku. Amin.

Wassalamu'alaikum  Warahmatullahi Wabarakatuh

Ambon, 18 Agustus 2015

Kepala Perwakilan

 

Yono Andi Atmoko, Ak., CA., CFrA.


Share