BPKP dan BPK Maluku Bangun Komitmen Saling Perkuat Koordinasi

Selasa, 15 September 2020 – Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Provinsi Maluku mengunjungi kantor Perwakilan BPKP Provinsi Maluku pada Selasa (15/9). Kunjungan Kepala Perwakilan BPK RI Provinsi Maluku Muhammad Abidin didampingi beberapa orang stafnya dalam rangka mempererat tali silaturahmi serta meningkatkan sinergi dan koordinasi antara BPK dengan BPKP.

Dalam pertemuan tersebut Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Rizal Suhaili yang saat itu didampingi oleh beberapa orang Korwas dan staf bidang, yaitu Korwas Bidang P3A Bendo Prayogi, Korwas Bidang AN Khasan Bisri, Korwas Bidang APD Aderial Adelis dan staf bidang APD, menyambut dengan hangat kunjungan Kepala Perwakilan BPK RI Provinsi Maluku Muhammad Abidin beserta rombongan di ruang kerjanya. Dalam kesempatan itu, Abidin menyampaikan maksud kedatangannya yaitu dalam rangka silaturahmi dan juga terkait peningkatan sinergi dan koordinasi berkelanjutan antara BPK dengan BPKP.

Hal yang pertama disampaikan Abidin yaitu terkait pengaktifan kembali organisasi Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) di wilayah Provinsi Maluku. Menurut Abidin, Perwakilan BPKP Provinsi Maluku sama sekali belum ada di dalam kepengurusan dan keanggotaan organisasi IAI. Untuk itu Abidin mengusulkan agar BPKP dapat mengutus perwakilannya untuk sama-sama berkontribusi dalam organisasi tersebut. Terkait hal itu, Kepala Perwakilan Rizal Suhaili segera menyetujui dan meminta Korwas Bidang APD Aderial Adelis untuk ikut dalam keanggotaan organisasi IAI untuk wilayah Provinsi Maluku.

Selain membahas IAI, dalam pertemuan pada siang itu juga turut membahas tentang rencana struktur organisasi Institut Pemeriksa Keuangan Negara (IPKN). Abidin meminta kesediaan Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Maluku untuk mendukung berjalannya IPKN tersebut dengan terlibat dalam kepengurusan. Perlu diketahui bahwa IPKN merupakan sebuah organisasi yang dibentuk sebagai media untuk meningkatkan kualitas serta kompetensi profesional dan pengembangan profesi pemeriksa.

Disamping 2 hal tadi terkait keorganisasian, baik BPKP dan BPK juga sama-sama berkecimpung dalam hal penanganan Covid-19. bedanya BPKP bersifat pengawasan sementara BPK dalam hal pemeriksaan keuangan negara. Kepala Perwakilan Rizal Suhaili menyampaikan bahwa di masa pandemi saat ini, BPKP cukup padat dengan kegiatan mengawal dan mendampingi Pemda dalam percepatan penanganan Covid-19 berupa refocussing anggaran dan pengadaan barang dan jasa serta bekerja sama dengan APIP Pemda. Ruang lingkup pengawasannya juga semakin berkembang seperti pada bidang kesehatan, jaring pengaman sosial, bantuan sosial baik berupa BST maupun BLT-DD, insentif dokter dan tenaga medis, serta turut mengawal program PEN. Atas hal tersebut, Kepala Perwakilan Rizal Suhaili mengungkapkan harapannya agar BPKP dan BPK dapat membangun komitmen untuk saling memperkuat koordinasi dan juga sinergi yang sudah terbentuk dalam upaya penanganan pandemi Covid-19 di Provinsi Maluku. 

 

 

(Kominfo BPKP Maluku)