BPKP Maluku Lakukan Update Data Serapan Anggaran Covid-19 di Daerah

Jumat, 11 September 2020 – Perwakilan BPKP Provinsi Maluku menggelar rapat bersama Satgas Covid-19 BPKP Maluku pada Jumat (11/9). Rapat digelar dalam rangka persiapan pelaksanaan tugas update data laporan mingguan Covid-19 di Provinsi Maluku.

Hadir dalam rapat tersebut Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Rizal Suhaili didampingi Korwas Bidang IPP Suharyanto dan Korwas Bidang APD Aderial Adelis beserta seluruh PFA yang akan melaksanakan penugasan Satgas Covid-19. Bertempat di ruang aula, rapat diawali dengan arahan dari Kepala Perwakilan Rizal Suhaili yang menegaskan bahwa tugas Satgas kali ini yaitu hanya sebatas mengumpulkan data terkait update atau pembaharuan pada laporan mingguan penanganan Covid-19, bukan untuk melakukan audit atau uji data. Namun Kepala Perwakilan juga menambahkan bahwa khusus untuk data bantuan UMKM, selain mengumpulkan data dapat dilakukan pula proses uji data sambil berjalan.

"Jadi perlu saya ingatkan kepada teman-teman Satgas semua bahwa tugas kali ini bukan untuk melakukan audit atau uji data, namun hanya sebatas mengumpulkan data untuk memastikan penyerapan anggaran Covid-19 di daerah dapat digunakan secara maksimal. Tetapi khusus untuk data bantuan UMKM, teman-teman juga bisa melakukan uji data sambil berjalan," Ungkap Kepala Perwakilan.

Selain itu Korwas Bidang APD Aderial Adelis juga turut memberikan arahan terkait data apa saja yang akan dikumpulkan oleh Satgas. Sebelumnya, Aderial mengatakan jika Satgas ini akan terbagi menjadi beberapa tim kecil yang nantinya disebar ke beberapa daerah di Provinsi Maluku. Setelah itu, Aderial menjelaskan terkait data-data yang akan dikumpulkan yaitu data pada bidang kesehatan, seperti klaim pasien Rumah Sakit dan insentif tenaga kesehatan yang dapat diperoleh dari Rumah sakit dan Dinas Kesehatan di daerah. Lalu pengumpulan data kedua yaitu pada bidang pengadaan barang dan jasa (PBJ) seperti pengadaan bantuan alat kesehatan dan pelayanan kesehatan di daerah. Data yang terakhir yaitu terkait pemberian bantuan bagi masyarakat pelaku usaha serta industri atau UMKM terdampak Covid-19, dimana disamping proses pengumpulan data dilakukan pula uji data sambil berjalan.

Rencananya penugasan tersebut dilaksanakan pada pekan depan mulai Senin (14/9). Kepala Perwakilan berharap kepada seluruh Satgas yang melakukan penugasan ini agar disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 saat bertugas.   

 

 

(Kominfo BPKP Maluku)