MONIKA dan LIPS Hadir di Perwakilan BPKP Provinsi Maluku

MONIKA (Monitoring Online Indikator Kinerja Anggaran) mulai diperkenalkan sejak kemarin 06/01/2020, dalam workshop singkat “Pengenalan Aplikasi MONIKA dan LIPS” yang bertempat di aula serba guna Perwakilan BPKP Provinsi Maluku. Dalam workshop tersebut dipaparkan dua aplikasi baru yang diharapkan dapat membantu efisiensi Perwakilan BPKP Provinsi Maluku dalam bidang pengawasan secara menyeluruh. Aplikasi ini merupakan proyek perubahan dari Kasubag Keuangan Perwakilan BPKP Provinsi Maluku, Donald selama beliau melaksanakan Diklat PIM IV. Aplikasi ini berfungsi untuk memantau secara online kinerja anggaran di Perwakilan BPKP Provinsi Maluku. Mengingat tahun lalu sempat terjadi kekisruhan saat mengelola anggaran secara konvensional. Belajar dari hal tersebut, maka lahirlah sebuah aplikasi bernama MONIKA yang diharapkan dapat membantu dalam pemantauan kinerja pengelolaan anggaran secara lebih efisien dan optimal.

Operator dari aplikasi MONIKA itu sendiri yaitu Sekbid masing-masing bidang dan Subbagian yang terdiri dari Subag Kepegawaian, Subag Umum, Subag Keuangan dan lain sebagainya. Dan untuk menggunakan aplikasi MONIKA, masing-masing operator hanya dapat melihat kinerja anggaran mereka sendiri. Oleh karena itu, dibuatkan user dan password agar dapat mengakses aplikasi tersebut. Dalam aplikasi yang dipaparkan oleh Donald terdiri dari rencana, realisasi dan monitoring saldo anggaran yang sudah dibagi lagi per akun belanja.

Selain MONIKA, aplikasi lain yang turut diperkenalkan yaitu LIPS (Layar Informasi Pembayaran Perjalanan Dinas). Dimana pemantauan progress pembayaran perjalanan dinas yang sudah rampung atau terverifikasi tidak lagi diberitahukan by phone, melainkan akan dimunculkan secara real time melalui layar TV yang ada di lobby Perwakilan BPKP Provinsi Maluku. Progress tersebut seperti pemberitahuan berkas-berkas perjalanan dinas yang tidak lengkap, berkas yang sedang diverifikasi sampai akhirnya pada status siap bayar yang ditandai dengan warna hijau. Jika sudah siap bayar, maka yang bersangkutan terkait dengan pembayaran perjalanan dinasnya bisa berhubungan langsung dengan bagian keuangan.

Workshop ditutup dengan tanya jawab dari para peserta yang cukup antusias terhadap dua aplikasi tersebut. Peserta mengharapkan aplikasi MONIKA dan LIPS segera launching dan dapat membantu dalam peningkatan pengawasan kinerja di Perwakilan BPKP Provinsi Maluku secara lebih optimal.

(aska)