Pemerintah Kabupaten Seram Bagian Barat Mendukung Pembentukan Komunitas Pembelajar Anti Korupsi

Pemerintah Kabupaten Seram Bagian Barat Mendukung Pembentukan Komunitas Pembelajar Anti Korupsi

 

Rabu, 17 Juli 2019 - Perwakilan BPKP Provinsi Maluku melaksanakan Sosialisasi dan Workshop Pengembangan Masyarakat Pembelajar Anti Korupsi (MPAK) dan Fraud Control Plan, bertempat di Aula Kantor Bupati Seram Bagian Barat. Fokus materi kegiatan ini adalah Sosialisasi Anti Korupsi, Sosialisasi Fraud Control Plan serta Sosialisasi membangun Whistle Blowing System. Kegiatan Sosialisasi dan Workshop dihadiri oleh 14 Organisasi Perangkat Daerah yang berperan dalam program pengentasan kemiskinan di Kabupaten Seram Bagian Barat, kegiatan diadakan selama 3 hari dari tanggal 17 Juli – 19 Juli 2019.

Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Maluku, dalam sambutannya mengharapkan peningkatan sinergitas antara Perwakilan BPKP Provinsi Maluku dengan Pemerintah Kabupaten Seram Bagian Barat, komunikasi dan konsultasi diharapkan dapat terus terjaga agar tercipta pemerintahan yang bebas korupsi. Selanjutnya Kepala Perwakilan menyampaikan bahwa informasi dari media masa juga dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi dan bahan pertimbangan dalam menjalankan pemerintahan di Kabupaten Seram Bagian Barat. Pada akhir sambutannya Kepala Perwakilan mengharapkan agar tidak ada pejabat kunci pada Kabupaten Seram Bagian Barat yang terkena Operasi Tangkap Tangan (OTT).

Kegiatan Sosialisasi dan Workshop ini dibuka oleh Bupati Seram Bagian Barat yang diwakili oleh Plt. Sekretaris Daerah Kabupaten Seram Bagian Barat, Bapak Syamsuddin Silawane. Dalam pembukaanya beliau menyampaikan bahwa kegiatan ini sebagai langkah Pemerintah Kabupaten Seram Bagian Barat dalam meningkatkan kesadaran jajaran pemerintahan dalam pencegahan dan pemberantasan Korupsi. Dampak korupsi tidak hanya dirasakan oleh individu yang bersangkutan atau Organisasi Pemerintah Daerah tetapi juga memiliki efek domino terhadap kehidupan masyarakat, sehingga dalam praktiknya diharapkan setiap Aparatur Sipil Negara di Seram Bagian Barat menjaga Keimanan dan Ketaqwaan kepada Tuhan YME agar tetap menjaga Integritas dan Komitmen dalam pencegahan dan pemberantasan korupsi.

Diharapkan dengan diadakannya Sosialisasi dan Workshop ini tidak hanya sebagai sebuah seremonial tetapi menjadi pencanangan kembali kesadaran masyarakat Seram Bagian Barat untuk anti Korupsi, sehingga anggaran pembangunan secara signifikan dapat meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat Seram Bagian Barat.