Perwakilan BPKP Provinsi Maluku

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Maluku

Pembukaan Diklat Audit Pengadaan Barang dan Jasa di Lingkungan Inspektorat Daerah Se-Provinsi Maluku
09 Agustus 2019 07:47:54 / maluku / dibaca: 163 kali / Kat: APIP

Senin, 8 Juli 2019 - Lagu Indonesia Raya dengan 3 stanza mengawali acara Pembukaan Diklat Audit Pengadaan Barang dan Jasa bagi JFA dan JF P2UPD di Lingkungan Inspektorat Daerah Se-Provinsi Maluku.

Pembukaan Diklat Audit Pengadaan Barang dan Jasa

Bagi JFA dan JF P2UPD di Lingkungan Inspektorat Daerah Se-Provinsi Maluku

 

Senin, 9 Juli 2019 - Lagu Indonesia Raya dengan 3 stanza mengawali acara pembukaan Pembukaan Diklat Audit Pengadaan Barang dan Jasa bagi JFA dan JF P2UPD di Lingkungan Inspektorat Daerah Se-Provinsi Maluku. Pendidikan dan Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, keahlian, keterampilan dan sikap agar dapat melaksanakan tugas jabatan secara professional yang dilandasi kepribadian dan etika ASN sesuai dengan kebutuhan Instansi.

Kepala BPSDM Syuryadi Sabirin dan Kepala Perwakilan Nasmifida Memimpin Pembukaan Diklat

 

Ketua Panitia Diklat, Bendo Prayogi menyebutkan bahwa jam diklat kali ini adalah sebanyak 50 jam yang terbagi menjadi 5 materi yang meliputi,

  1. Gambaran Umum Pengadaan Barang dan Jasa dipaparkan oleh Saul Pabendon;
  2. Gambaran Umum Audit Pengadaan Barang dan Jasa dipaparkan oleh Khasan Bisri;
  3. Perencanaan Audit Pengadaan Barang dan Jasa dipaparkan oleh Agoes Soesetyo;
  4. Pelaksanaan Audit Pengadaan Barang dan Jasa dipaparkan oleh Erwahyudi;
  5. Komunikasi Audit dipaparkan Bendo Prayogi.

dengan jumlah peserta 30 orang yang berasal dari hampir seluruh Inspektorat Provinsi Maluku. Pendidikan dan Pelatihan dilaksanakan di Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Maluku, Ambon, selama 5 hari yaitu mulai hari Senin, 8 Juli 2019 hingga 12 Juli 2019.

Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Maluku dalam sambutannya menyebutkan bahwa Auditor sebagai aparatur pemerintah dalam bidang pengawasan sangat perlu memahami pengadaan barang dan jasa, mengingat anggaran yang besar dalam proses tersebut maka resiko terhadap fraud juga semakin besar. Diharapkan dengan diadakannya Pendidikan dan Pelatihan ini dapat menghasilkan Outcome strategis yang dapat mengurangi ataupun mencegah terjadinya korupsi serta secara berkelanjutan Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) dapat membuat penilaian indeks persepsi korupsi di daerah masing-masing sehingga dengan begitu dapat mengawal pencapaian visi dan misi daerah dengan lebih efektif dan efisien.

Selanjutnya Kepala BPSDM Provinsi Maluku membuka secara resmi Pendidikan dan Pelatihan Audit Pengadaan Barang dan Jasa Bagi JFA dan JF P2UPD di Lingkungan Inspektorat Daerah Se-Provinsi Maluku. Kepala BPSDM mengingatkan bahwa sebagai APIP harus lebih mengutamakan fungsi pencegahan, sehingga selain bisa mencegah terjadinya tindakan penyelewengan juga sekaligus sebagai pembelajaran, maka dari itu diharapkan para Auditor Daerah dapat memberikan bimbingan teknis bagi Instansi terkait.

Ketua Panitia Bendo Prayogi Memaparkan Laporan Diklat

 

Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Maluku memberikan Pembukaan

 

Kepala BPSDM Provinsi Maluku membuka secara Resmi Diklat

 

Penyerahan Kartu Peserta secara simbolis

 

Foto Bersama Seluruh Stakeholder Diklat



Share      

Berita Terkait: