Perwakilan BPKP Provinsi Maluku

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Maluku

Upacara Peringatan Hari Pahlawan Nasional Christina Martha Tiahahu
07 Januari 2019 20:56:17 / maluku / dibaca: 78 kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial

Rabu, 02 Januari 2019, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Maluku, turut menghadiri Upacara Peringatan Hari Pahlawan Nasional Christina Martha Tiahahu ke-201 Tahun 2019 yang bertempat pada Monumen Christina Martha Tiahahu, dan dilanjutkan dengan Upacara Tabur Bunga Memperingati Hari Pahlawan Nasional Christina Martha Tiahahu ke-201 Tahun 2019 pada pukul 10.00 WIT yang bertempat di Dermaga Irian Lantamal IX Ambon.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara adalah Wakil Gubernur Maluku, Dr. Zeth Sahuburua dan juga di hadiri oleh para tamu undanganseperti Pimpinan DRPD Provinsi Maluku, Forkompimda Maluku, Wali Kota Ambon, Pimpinan Instansi Sipil, TNI dan Polri, Para Latupati, Para Pimpinan Umat Beragama, Tokoh adat dan Tokoh Masyarakat Kota Ambon.

Dalam sambutannya, WakilGubernur Malukuselaku Dr. Zeth Sahuburuamenyampaikan bahwa hari ini kita kembali membangkitkan spirit perjuangan pahlawan Nasional Martha Christina Tijahahu, seorang Srikandi Maluku gagah berani yang rela berkorban untuk emansipasi harkat dan martabat bangsanya. Hari ini kita kobarkan lagi jiwa kabaresi Putri Nusalaut yang tak kalah 201 tahun lalu bisa meruntuhkan keangkuhan penjajah hanya dengan bermodalkan tombak. Keberhasilan Martha Christina Tijahahu dalam melawan tirani kekuasaan dan Monopoli ekonomi kolonial yang menyengsarakan dan memiskinkan rakyat Maluku kalau itu adalah sebuah keberhasilan perjuangan luhur untuk membela kemanusiaan, Srikandi Maluku ini bangkit melawan penjajah untuk mempertahankan hak dan kedaulatan - kedaulatan Negerinya.

Lebih lanjut dikatakan upacara peringatan ini untuk mengenang kembali semangat heroisme Martha Christina Tijahahu pada hari ini sudah Tina menjadi momentum untuk setiap anak negeri ini kembali berefleksi tentang kebesaran jiwa sang pahlawan yang rela berjuang dan berkorban demi bangsa nya tanpa mengharapkan apa-apa. Untuk itulah saya mengajak segenap jajaran Pemerintah Daerah Povinsi dan Kabupaten/Kota bersama seluruh komponen bangsa, dan masyarakat Maluku Mari sama-sama kita berjuang dan terus berkarya untuk mewujudkan Maluku yang rukun, religius, damai, sejahtera, aman, berkualitas, dan demokratis dijiwai semangat siwalima berbasis kepulauan secara berkelanjutan.

Setelah Upacara Hari Pahlawan Nasional Christina Martha Tiahahu ke-201 Tahun 2019 ini juga dilakukan Upacara Tabur Bunga yang bertempat pada Dermaga Lantamal IX Ambon untuk mengenang  jasa, tekad, dan perjuangan para pahlawan yang telah gugur di medan pertempuran demi melindungi keutuhan dan kesatuan NKRI.



Share      

Berita Terkait:

10 Nopember 2018 16:00:19 / maluku / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
Upacara Peringatan Hari Pahlawan
10 Nopember 2018 15:58:11 / maluku / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
Pelantikan Pejabat Fungsional Audior di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Aru
15 Pebruari 2018 14:06:21 / maluku / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
KAPER MENGHADIRI PENYERAHAN SERTIFIKAT TANAH UNTUK RAKYAT OLEH PRESIDEN JOKO WIDODO
26 Oktober 2017 13:37:07 / maluku / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
BACARITA ORANG MALUKU DI RUMAH KOPI (DIALOG TVRI MALUKU) : PENGELOLAAN KEUANGAN DAERAH
15 Agustus 2017 09:15:07 / maluku / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
PENYERAHAN LAPORAN HASIL PENGAWASAN SEMESTER I 2017 KEPADA GUBERNUR MALUKU