Perwakilan BPKP Provinsi Maluku

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Maluku

WORKSHOP SISKEUDES HASIL EVALUASI IMPLEMENTASI SISKEUDES DI KABUPATEN SERAM BAGIAN TIMUR
11 Oktober 2018 03:49:24 / maluku / dibaca: 120 kali / Kat: Siskeudes

Pelaksanaan kegiatan WorkshopHasil Evaluasi Implementasi Siskeudes dalam Tata Kelola Keuangan Desamerupakanpenilaian atas kemandirian Pemerintah Desa dalam pelaksanaan pengelolaan keuangan desa melalui implementasi aplikasi Siskeudes meliputi proses APBDes, Penatausahaan, dan Pelaporan Pertanggungjawaban.

Kegiatan dilaksanakan padahari Rabutanggal 26September 2018di Gedung Kesehatan Seram Bagian Timur yang dihadiri oleh 161 peserta yang terdiri dari Kepala OPD, Camat, Kepala Desa dan Pendamping Desa.

Workshop dibuka olehAbdulMukti Keliobas selaku Bupati Seram Bagian Timur. Mukti Keliobas dalam sambutannya menyampaikan bahwa desa mempunyai tanggungjawab yang besar dalam pengelolaan keuangan desa sejalan dengan besarnya Dana Desa yang telah diterima desa, sehingga Desa perlu meningkatkan kompetensi perangkat desa supaya bisa menyusun laporan keuangan desa dengan baik.

Kegiatan dibagi dalambeberapa sesi, yaitu sesi diskusi panel, sesi tanya jawab dan diakhiri dengan press conference. Sesi diskusi panel diawali dengan pemaparan materi oleh 4 narasumber dari DPR RI, BPK, BPKP dan Polda Maluku.

Berikutadalah ringkasan dari materi yang disampaikan oleh masing-masing narasumber:

  1. Edison Betaubun SH., MH selaku Anggota Komisi XI DPR RI menyampaikan mengenai permasalahan dalam pembangunan desa serta peran DPR RI dalam pengawasan pengelolaan Dana Desa.
  2. Lukman Rudianto Lumbantobing, SE., Macc., Ak, CA selaku  Kepala Subauditoriat II BPK Provinsi Maluku menyampaikan peran BPK dalam pengawalan pengelolaan keuangan desa serta menekankan pentingnya membangun kemandirian desa dengan mengoptimalkan Pendapatan Asli Desa sehingga desa tidak tergantung pada dana transfer. Selain itu, Lukman juga menyampaikan bahwa desa harus menyusun Laporan Pertanggungjawaban yang transparan dan akuntabel.
  3. AdiGemawan, Ak., MM, CA, CFrA, QIA, AAP selaku Direktur PKD Wilayah I BPKP menyampaikan mengenai awal pembuatan Aplikasi Siskeudes, manfaat penggunaan Aplikasi Siskeudes bagi pengelolaan keuangan desa, hasil evaluasi implementasi Siskeudes di Kabupaten Seram Bagian Timur serta mendorong desa untuk menyusun laporan keuangan yang transparan dan akuntabel menggunakan aplikasi siskeudes.
  4. Kompol Gerarld Wattimena, SH. selaku Kepala Unit I Subdit Tipikor Reskrimsus Polda Maluku menyampaikan dasar peran Polri dalam pengawalan penggunaan Dana Desa, keterlibatan Bhabinkamtibmas dalam penyusunan APBDes bersama-sama dengan aparatur desa serta mendorong desa untuk meningkatkan kompetensi perangkat desa dengan cara berkordinasi dengan pihak terkait seperti DPMPD, BPKP, BPK maupun inspektorat.

 

   

 

  

HUMAS BPKP PROV. MALUKU

  

 



Share      

Berita Terkait: