Perwakilan BPKP Provinsi Maluku

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Maluku

BERSATU DALAM PENGUATAN SPIP DAN MENUJU PENGELOLAAN BMD BERBASIS SISTEM INFORMASI
14 September 2017 13:39:35 / maluku / dibaca: 81 kali / Kat: Sosialisasi

Senin (28/8) BPKP Perwakilan Provinsi Maluku memberikan sosialisasi penguatan SPIP Kabupaten Kepulauan Aru yang kemudian dilanjutkan dengan pelatihan SIMDA BMD terhadap seluruh SKPD di Kabupaten Kepulauan Aru.

Sosialisasi Penguatan SPIP dilakukan langsung oleh Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Maluku, Yono Andi Atmoko, dan dihadiri oleh Bupati Kabupaten Kepulauan Aru, dr. Johan Gonga beserta seluruh kepala SKPD di Kab. Kepulauan Aru.

Sosialisasi ini berguna untuk memberikan pemahaman lebih lanjut tentang Sistem Pengendalian Intern Pemerintah Daerah dan cara penguatannya sehingga dapat mencapai level 3.

“Penyelenggaraan SPIP akan terkendala bila tidak ada komitmen, integritas, kedisiplinan, kejujuran penyelenggara dalam pengelolaan keuangan negara dari sejak perencanaan, pelaksanaan program sampai dengan pemanfaatan program” simpul Yono Andi Atmoko.

Simpulan tersebut kemudian disambut dengan diskusi bersama. Dalam tanya jawab yang berlagsung, Ata Sumirta selaku Koordinator Pengawasan Bidang APD Perwakilan BPKP Provinsi Maluku juga memberikan beberapa masukan terkait teknis dalam pelasanaan penguatan SPIP beserta pengelolaan keuangan Daerah “Kita harus segera keluar dari kubangan lumpur opini disclaimer dengan melakukan pengolaan keuangan daerah yang sesuai peraturan dan penerapan SPIP yang baik. Kami TIM APD dari Perwailan BPKP Provinsi Maluku sangat siap membantu, tetapi kami tidak dapat bekerja sendiri, sehingga dibutuhkan kerja sama yang intensif dan saling mendukung antara kita semua, bukan hanya BPKP dan Pimpinan Daerah tetapi juga seluruh pegawai di Kabupaten Kepulauan Aru” tegas Ata Sumirta.

Sosialisasi ini ditutup dengan early warning dari Bupati Kepulauan Aru kepada seluruh pimpinan SKPD dan seluruh peserta yang hadir “Saya berharap kita dapat menyelesaikan masalah di kabupaten kita ini, dengan Penguatan SPIP yang tadi telah dipaparkan oleh Bapak Kepala Perwakilan sehingga kita dapat meningkatkan level SPIP kita dan opini LKPD kita, seperti yang tadi telah dikatakan oleh Bapak Korwas bahwa kita harus keluar dari kubangan lumpur ”  tutur Johan Gonga.

Setelah Sosialisai Penguatan SPIP selesai, acara dilanjutkan langsung ke Bimbingan Teknis SIMDA BMD yang dimoderatori oleh Kepala Bidang Aset dan dihadiri oleh seluruh Pengelola dan Pengurus Barang Milik Daerah di Kabupaten Kepulauan Aru.

Bimbingan Teknis yang dilaksanakan selama 2 hari ini, membahas tentang pengelolaan Barang Milik Daerah, penyelesaian masalah masalah mengenai pencatatan dan penatausahaan aset dan Penginputan pada Aplikasi SIMDA BMD  yang dipandu oleh TIM BPKP [Humas Promal/Grs].

 



Share      

Berita Terkait:

10 Juni 2017 12:11:27 / maluku / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi
PEGAWAI BPKP MALUKU MENGIKUTI SOSIALISASI WAWASAN KEBANGSAAN
02 Mei 2017 13:01:41 / maluku / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi
PEMBEKALAN NILAI-NILAI LUHUR BPKP
08 April 2017 12:33:17 / maluku / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi
KAPER MALUKU MENGHADIRI RAKOR DAN SOSIALISASI RASTRA 2017 PROVINSI MALUKU
11 Maret 2017 14:38:27 / maluku / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi
PPM SIMA 4.0 di Perwakilan BPKP Prov. Maluku
05 Oktober 2016 07:49:09 / maluku / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi
Sosialisasi Kapabilitas APIP, menembus Hutan Lindung Taman Nasional Manusela, Pulau Seram