Perwakilan BPKP Provinsi Maluku

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Maluku

PEGAWAI BPKP MALUKU MENGIKUTI SOSIALISASI WAWASAN KEBANGSAAN
10 Juni 2017 12:11:27 / maluku / dibaca: 318 kali / Kat: Sosialisasi

‘Bangsa yang besar adalah bangsa yang tidak akan pernah melupakan sejarah dan para pahlawannya. Indonesia ada karena ada bukti sejarah dan ada bukti hasil dari perjuangan seluruh anak bangsa’ demikian disampaikan Kolonel Inf. Pramungkas Agustrisetyanto, Staf Ahli Pangdam XVI Pattimura dalam mengawali paparan Sosialisasi Wawasan Kebangsaan.

Acara yang diselenggarakan dalam rangka #PekanPancasila, dilaksanakan pada hari Jum’at tanggal 09 Juni 2017 bertempat di Aula Kantor Perwakilan BPKP Provinsi Maluku, diikuti oleh seluruh pegawai BPKP yang tidak dalam penugasan luar kota, dan dibuka oleh Kepala Perwakilan, Yono Andi Atmoko. ‘Sebagai pegawai BPKP wajib tahu dan mengerti wawasan kebangsaan, apalagi sebagian besar pegawai di BPKP Provinsi Maluku masih muda-muda, masih perlu meningkatkan pengetahuan dan pengalamannya, mumpung tugas di Maluku yang merupakan provinsi kepulauan’, demikian cuplikan sambutan Yono Andi Atmoko dalam membuka acara tersebut.

Pramungkas mengatakan bahwa ‘Wawasan Kebangsaan adalah cara pandang mengenai diri dan tanah airnya sebagai negara kepulauan dan sikap bangsa Indonesia diri dan lingkungannya, dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan wilayah dalam penyelenggaraan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Dalam hal ini kewajiban masyarakat untuk bela Negara, dalam hal ini dengan membangun karakter patriotisme’.

Lebih lanjut dikatakan, ‘kondisi saat ini wawasan kebangsaan mengalami degradasi, dengan indikator melemahnya semangat kebersamaan, menurunya kepedulian sosial, meningkatnya tindak kekerasan dan disharmonisasi sosial masyarakat. Terlebih kesadaran bela negara yang semakin menurun, hal ini dapat dilihat dari indikator lebih bangga dengan budaya bangsa lain, perilaku yang tidak sesuai dengan jatidiri bangsa Indonesia, lebih tertariknya masyarakat terhadap produk impor dibanding dengan produk dalam negeri, berbagai tindakan anarkis, konflik sara dan separatism yang sering terjadi dengan mengatasnamakan demokrasi’.

Selesai paparan, acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dari pegawai yang mengikuti acara tersebut, ada tiga orang penanya. Sebelum acara ditutup, ada pemberian cinderamata dari Kepala Perwakilan, Yono Andi Atmoko kepada Staf Ahli Pangdam XVI Pattimura, Kolonel Inf. Pramungkas Agustrisetyanto. Acara ditutup pukul 11.30 dan diakhiri dengan foto bersama. [Humas Promal].



Share      

Berita Terkait:

02 Mei 2017 13:01:41 / maluku / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi
PEMBEKALAN NILAI-NILAI LUHUR BPKP
08 April 2017 12:33:17 / maluku / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi
KAPER MALUKU MENGHADIRI RAKOR DAN SOSIALISASI RASTRA 2017 PROVINSI MALUKU
11 Maret 2017 14:38:27 / maluku / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi
PPM SIMA 4.0 di Perwakilan BPKP Prov. Maluku
05 Oktober 2016 07:49:09 / maluku / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi
Sosialisasi Kapabilitas APIP, menembus Hutan Lindung Taman Nasional Manusela, Pulau Seram
26 September 2016 10:48:50 / maluku / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi
Kuliah Umum Fraud Control Plan