Perwakilan BPKP Provinsi Maluku

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Maluku

Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Maluku menghadiri pertemuan dengan Komisi XI DPR RI
26 Desember 2016 11:04:48 / maluku / dibaca: 390 kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial

Dalam masa reses persidangan II Tahun sidang 2016-2017, anggota Komisi XI DPRD RI melakukan kunjungan ke berbagai daerah, termasuk diantaranya adalah kunjungan selama empat hari (dari tgl 18  sd. 21 Desember 2016) ke Provinsi Maluku. Komisi XI DPR RI merupakan salah satu alat kelengkapan DPR yang membidangi Keuangan, Perencanaan Pembangungan, Lembaga keuangan Bank dan non Bank. Salah satu agenda kunjungan tersebut adalah melakukan pertemuan denganinstansi vertikal yang ada di Maluku termasuk dengan Perwakilan BPKP Provinsi Maluku.

Sesuai jadwal yang telah ditetapkan, pertemuananggota Komisi XI dengan Perwakilan BPKP Prov Maluku dilaksanakan bersama-sama dengan Perwakilan BPK RI dan Perwakilan Badan Pusat Statistik (BPS) Prov Maluku, pada hari Senin tanggal 19 Desember 2016 sejak pukul 15.45 sd 17.45 WIT, di lantai6 Kantor Gubernur Maluku, Ambon. Pertemuan dipimpin oleh Wakil Gubernur Maluku (Bapak Zeth Sahuburua).Dari tiga instansi vertikal tersebut di atas, hadir para pimpinan masing-masing, yaitu Tangga M. Purba (Kepala Perwakilan BPK RI), Yono Andi Atmoko (Kepala Perwakilan BPKP) dan Dumangar Hutahuruk (Kepala BPS) Prov Maluku. Adapun rombongan komisi XI DPR sebanyak 12 (dua belas) orang, dipimpin oleh Ir. M. Prakosa (Wakil ketua Komisi XI), selaku Ketua Tim kunjungan.

Mengawali pertemuan, Wakil Gubernur Maluku memperkenalkan tiga pimpinan instansi vertikal tersebut di atas kepada Ketua dan anggota Tim Komisi XI.Selanjutnya, Wakil Gubernurmengemukakan profil geografis wilayah Provinsi Maluku, kendala yang dihadapidan potensi yang dimiliki oleh Prov Maluku.Hal penting yang disampaikan oleh wakil Gubernur adalah bahwa setidaknya masih ada dua aspirasi besar Pemerintah dan masyarakat Maluku yang belum sepenuhnya direspon oleh Pemerintah Pusat yaitu penetapan wilayah Maluku sebagai wilayah Provinsi Kepulauan (merujuk nomenklatur wilayah NKRI sebagai negara kepulauan) dan perwujudan Maluku sebagai Lumbung Ikan Nasional (LIN).Melalui konsep wilayah provinsi kepulauan, diiharapkan penetapan dana transfer daerah, utamanya DAU, tidak hanya mengggunakan parameter jumlah penduduk dan luas daratan, karena hal tersebut kurang menguntungkan bagi Prov. Maluku yang wilayah daratnya hanya sekitar 7% dan jumlah penduduk sekitar 1,8 juta jiwa.Program LIN sampai dengan saat ini belum berjalan efektif dan belum memberikan kontribusi nyata bagi pendapatan daerah, meskipun wilayah Maluku adalah penghasil 30% produksi ikan nasional. Pada kesempatan tersebut Wakil Gubernur sangat berharap Tim Komisi XI membantu memperjuangkan terwujudnya aspirasi tersebut.

Kesempatan berikutnya, berturut-turut diberikan kepada Kepala BPS, Kalan BPK  RI dan Kaper BPKP Prov. Maluku untuk mengemukakan secara lisan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan Komisi XI DPR RI yang telah diberikan beberapa hari sebelumnya, sebagai penjelasan/penegasanatas jawaban secara tertulis yang telah diberikan kepada Ketua dan Anggota Tim Komisi XI yang hadir pada pertemuan tersebut.

Pada bagian akhir dari pertemuan tersebut, beberapa anggota Tim Komisi XI memberikan tanggapan dan cacatan atas jawaban yang telah disampaikan oleh ketiga Pimpinan instansi vertikal dimaksud. Khusus kepada BPK dan BPKP, Komisi XI DPR RI meminta agar kedua lembaga pengawasan tersebut meningkatkan efektivitas pengawasannya, terutama kepada Kabupaten yang lokasinya jauh dari kota Ambon. Selain itu, Tim Komisi XI mengingatkan adannya risiko terjadinya penyalahgunaan dana desa pada tahun 2017 karena bertepatan dengan penyelenggaraan Pilkada serentak.

Acara pertemuan berakhir pada pukul 17.45 WIT, ditutup oleh Wakil Gubernur Maluku selaku Pimpinan rapat, dan diakhiri dengan berfoto bersama serta penyerahan plakat dari Komisi XI DPR RI kepada Wakil Gubernur Maluku, Kepala Perwakilan BPK RI Prov Maluku, Perwakilan BPKP Maluku dan wakil dari BPS Maluku. [Humas BPKP Maluku]



Share      

Berita Terkait:

03 Juni 2017 13:52:02 / maluku / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
PUNCAK ACARA HUT KE 34 BPKP DI BUMI PATTIMURA, MALUKU
13 Mei 2017 12:42:09 / maluku / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
MY TRIP HUT BPKP KE 34: DIVING DAN BERSIH-BERSIH PANTAI MORELLA
03 Mei 2017 14:00:39 / maluku / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
JAM PIMPINAN DAN DOA PAGI AWAL MEI 2017
01 Mei 2017 09:18:48 / maluku / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
MY TRIP HUT BPKP KE 34: BANDA YANG MENAKJUBKAN
27 April 2017 08:20:26 / maluku / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
MUSRENBANG PROVINSI MALUKU TAHUN 2017