Perwakilan BPKP Provinsi Maluku

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Maluku

BIMTEK Penggunaan Aplikasi SIMDA pada Pemkab. Buru dan Pemkab. Buru Selatan
03 Desember 2016 13:27:38 / maluku / dibaca: 866 kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek

Pada akhir bulan November, dimulai tanggal 22 November 2016 sampai dengan 02 Desember 2016, Perwakilan BPKP Provinsi Maluku mengadakan kegiatan pelatihan/bimbingan teknis (bimtek) kepada pegawai Pemerintah Kabupaten Buru dan Buru Selatan, semua kegiatan dilaksanakan di kantor Perwakilan BPKP Provinsi Maluku.    

Pada tahun anggaran 2015 di Maluku, hanya terdapat 4 (empat) pemda yang berhasil memperoleh opini WTP, 6 (enam) pemda memperoleh opini WDP dan 2 (dua) Pemda mendapatkan opini disclaimer. Masih lemahnya sistem pengendalian intern di pemda, lemahnya sumber daya manusia yang mengelola keuangan daerah dan akuntansi, merupakan faktor penyebab dari perolehan opini tersebut. Oleh sebab itu dibutuhkan perhatian khusus dalam pengeloaan keuangan dan akuntansi di Pemerintah Daerah. Guna meningkatkan kualitas LKPD Pemerintah Daerah dan Pengelolaan Aset Daerah, maka Pemerintah Daerah bekerjasama dengan Perwakilan BPKP Provinsi Maluku.  Peningkatan kualitas LKPD Pemerintah Daerah memerlukan keahlian khusus dibidang akuntansi, yang ditunjang dengan program aplikasi komputer (SIMDA) yang handal serta dipayungi dengan peraturan perundang-undangan di tingkat daerah, yang kemungkinan akan lebih mempercapat dalam memperoleh Opini WTP karena telah didukung oleh sumberdaya yang memahami Sistem Akuntansi Berbasis Akrual, sehingga diperlukan intensifisikasi dalam kegiatan Bimtek penggunaan aplikasi SIMDA Keuangan dan SIMDA BMD yang berbasis akrual di pemda.

Terdapat 2 (dua) Kegiatan Pelatihan/bimbingan teknis (bimtek) yang dilakukan yakni  Kegiatan Bimtek yang  Penggunaan Aplikasi SIMDA Keuangan pada Pemerintah Kabupaten Buru Selatan yang dilaksanakan selama 5 (lima) hari yaitu mulai tanggal 22 November 2016 s.d. 25 November 2016 yang bertempat di Aula Perwakilan BPKP Provinsi Maluku. Kegiatan ini diikuti sebanyak 20 (dua puluh) orang peserta yang berasal dari BPKAD Kabupaten Buru Selatan.  Pada tahun 2015, Buru Selatan masih memperoleh opini disclaimer. Oleh karena itu diharapkan kegiatan Bimtek ini dapat memberikan kontribusi positif dalam peningkatan kuaitas LKPD Pemerintah Kabupaten Buru Selatan untuk TA 2016.

Sedangkan Bimtek penggunaan aplikasi SIMDA BMD ditujukan kepada Staff Pengeola BMD Kabupaten Buru yang dilaksanakan selama 5 (lima) hari, mulai tanggal 28 November 2016 s.d. 02 Desember 2016 diikuti oleh 8 (delapan) orang peserta yang bertempat di ruang coaching clinic Bidang APD Perwakilan BPKP Provinsi Maluku.

Diharapkan melalui kegiatan Bimtek Penggunaan Aplikasi Simda Keuangan dan Simda BMD dapat meningkatkan kapasitas sumberdaya manusia pengelola keuangan daerah dan meningkatkan efektifitas sistem pengendalian intern pengelolaan keuangan daerah serta memberikan kontribusi positif dalam peningkatan kualitas LKPD Pemerintah daerah khususnya Pemerintah Kabupaten Buru dan Buru Selatan. [Chin/Humas Maluku].



Share      

Berita Terkait:

20 Oktober 2017 15:18:21 / maluku / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
BIMTEK IMPLEMENTASI SISKEUDES DI KABUPATEN MALUKU TENGAH
20 Oktober 2017 07:06:35 / maluku / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
BIMTEK PENATAUSAHAAN KEUANGAN DESA MENGGUNAKAN APLIKASI SISKEUDES DI KAB. MALUKU TENGGARA BARAT
14 September 2017 13:28:51 / maluku / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
BIMTEK IMPLEMENTASI SISKEUDES PEMERINTAH DESA SE KAB. KEPULAUAN ARU
21 Juli 2017 15:22:59 / maluku / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
BIMTEK SISKEUDES DI MALUKU TENGGARA
03 Juni 2017 12:11:54 / maluku / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
PELATIHAN PENYUSUNAN APBDes 2017 MENGGUNAKAN APLIKASI SISKEUDES PADA PEMKAB. SERAM BAGIAN BARAT