Perlu Komitmen Bersama Tingkatkan Level Kapabilitas APIP di Provinsi Maluku

Hal itu dikemukakan Yono Andi Atmoko, ketika menjadi narasumber dalam acara Rapat Pemutakhiran Data Tindak Lanjut Hasil Pemeriksaan (TLHP) Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) Tingkat Provinsi Maluku Tahun 2016, Rabu (21/9), di hotel Marina, Ambon.

Rapat TLHP APIP Tingkat Provinsi Maluku merupakan agenda rutin setiap tahun yang diprakarsai Inspektorat Provinsi dan diikuti 12 Inspektorat Kabupaten/Kota/ Provinsi Maluku sebagai wadah komunikasi mengenai progress TLHP. Rapat ini di samping untuk meningkatkan rasa kebersamaan dalam melaksanakan tugas, juga dimaksudkan memperkokoh koordinasi Perwakilan BPKP Provinsi Maluku dengan 12 Inspektorat Kabupaten/Kota/Provinsi Maluku maupun sebaliknya.

Lebih lanjut dalam sesi rapat yang dipandu Inspektur Provinsi Maluku Sammy Risambessy, dipaparkan Yono isi Perka BPKP Nomor 6 Tahun 2015 tentang Grand Design Peningkatan Kapabilitas APIP. Yono menjelaskan mengenai Peran APIP, Strategi Peningkatan, Target Peningkatan, Proses, serta Arah Perubahan Peningkatkan Kapabilitas APIP. “Untuk mendorong serta memastikan tujuan pemerintahan dan organisasi tercapai, maka APIP di masing – masing pemda harus mampu meningkatkan level Kapabilitas dan Kompetensinya,” pesan Yono Andi Atmoko.

 

(EN/Hart/Humas Perwakilan BPKP Prov. Maluku)