POR HUT BPKP ke 31: Menggugah Semangat Kinerja Pegawai

POR HUT BPKP ke-31 tahun 2014 di Perwakilan BPKP Provinsi Maluku secara resmi dibuka oleh Kepala Perwakilan pada hari Jum’at 25 April 2014. Kegiatan tersebut setiap tahun dilaksanakan sebagai sarana untuk meningkatkan knierja, mempererat persatuan dan sekaligus menjadi wadah refresing bagi pegawai.

Dalam sambutan pembukanya, Endrang, Kaper BPKP Maluku, menyampaikan pentingnya kegiatan POR bagi pegawai. Kegiatan POR diisi dengan berbagai pertandingan olah raga yang diharapkan dapat meningkatkan kesehatan fisik pegawai. Faktor kesehatan fisik tersebut merupakan syarat utama pencapaian kinerja pegawai. “Kinerja pegawai tidak dapat dipisahkan dari kondisi kesehatan fisik seorang pegawai. Mengingat bahwa kesehatan fisik merupakan modal awal pegawai berkinerja. Tidak mungkin mengharapkan kinerja yang baik dari pegawai yang sakit.” Ungkap Endrang. “Oleh karena itu, seluruh pegawai diminta untuk memanfaatkan pelaksanaan POR  sebaik-baiknya.” lanjutnya.

HUT BPKP kali ini mengambil tema “Dengan Semangat PIONIR dan 5 As, Kita Tingkatkan Peran BPKP dalam Mengawal Pembangunan.” Menurut Kaper BPKP Maluku, tema tersebut sesuai dengan rangkaian kegiatan POR. “Dengan fisik yang sehat dan dijiwai semangat PIONIR serta 5 AS, saya yakin sorang pegawai BPKP dapat melaksanakan kinerja dalam rangka melaksanakan tgas pokok dan fungsi terkait pengawalan proses pembangunan.” jelas Kaper.

Dalam POR kali ini, Perwakilan  BPKP Maluku melaksanakan berbagai kegiatan olahraga, hiburan, dan kegiatan sosial. Beragam kegiatan olahraga dipertandingkan antar kontingen bagian/bidang meliputi Tenis Lapangan, Tenis Meja, dan Sepak Bola Gawang Mini. Disamping itu terdapat kegiatan lain seperti Lomba BPKP Maluku Idol, lomba kebersihan, dan kegiatan donor darah serta eco office.

Ketua Panitia HUT, Zainuri, menyampaikan bahwa lomba BPKP Maluku Idol diharapkan dapat memilih peserta terbaik untuk dapat diikutkan dalam lomba BPKP Idol tingkat nasional pada 29 Mei 2014. “Kita berharap wakil yang diikutkan dapat meraih posisi yang tertinggi di tingkat nasional, mengingat Maluku gudangnya musik.” kata Zainuri. Lebih lanjut, dikatakan untuk pelaksanaan kegiatan donor darah akan mengikuti jadwal yang rencananya dilakukan secara serentak di seluruh BPKP pada tanggal 21 Mei 2014.

Upacara Pembukaan POR yang dilakukan di halaman kantor BPKP Maluku tersebut diikuti secara khidmat oleh seluruh pegawai. Pembukaan ditandai dengan pelepasan balon oleh para pejabat struktural dipimpin oleh Kepala Perwakilan. (Humas BPKP Maluku)