Perwakilan BPKP Provinsi Lampung

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Lampung

SPIP Sarana Wujudkan Pemerintah Bersih dan Berwibawa
23 Agustus 2012 16:17:29 / lampung / dibaca: 10385 kali / Kat: SPIP

“Intinya kami butuh bantuan, dengan kondisi seperti ini kami butuh bantuan dari BPKP bukan hanya saya tetapi seluruh masyarakat Lampung Timur untuk memperbaiki kondisi sekarang ini” demikian diungkapkan Bupati Lampung Timur, Erwin Arifin, S.H, M.H. mengawali sambutannya.

 

Pada tanggal 14 Agustus 2012, Bupati Lampung Timur, Erwin Arifin, S.H, M.H.beserta Inspektur dan Kepala Dinas Pengelolaan Pendapatan dan Keuangan Daerah Kabupaten Lampung Timur,melakukan kunjungan kerja ke kantor Perwakilan BPKP Provinsi Lampung. Rombongan dari Pemerintah Kabupaten Lampung Timur itu, diterima langsung oleh Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Lampung, Deni Suardini didampingi Kabidwas APD, Eddyson Hutagalung, Kabidwas IPP, Rita Erfa, dan Kabid Akuntan Negara, Hendra Sukmana, serta para Pejabat Fungsional Auditor.


Menurut Erwin Arifin, S.H, M.H., kondisi Lampung Timur sekarang ini hampir collapse. Permasalahan yang sedang dihadapi antara lain masih diperolehnya opini disclaimer dari BPK yang disebabkan permasalahan aset, penempatan dana kas daerah di PT. BPR Tripanca Setiada (dalam likuidasi), dan penyertaan modal pada BUMD PT. Lampung Timur Cemerlang (dalam likuidasi).



Pilihan kerjasama dengan BPKP telah mempertimbangkan aspek kualitas jaminan mutu dan kesinambungan pelayanan bila dibandingkan dengan pihak Auditor Independen lainnya. Bahkan DPRD Lampung Timur dalam rapat paripurna pun sudah menyetujui bila pilihan kerjasama Pemerintah Kabupaten Lampung Timur dengan BPKP, lebih lanjut ditegaskan oleh Erwin Arifin S.H, M.H.

 
Menanggapi permintaan Bupati Lampung Timur tersebut, Kaper BPKP Provinsi Lampung, Deni Suardini, mengungkapkan bahwa BPKP sesuai dengan peran dan paradigma barunya, siap melakukan pendampingan kepadaseluruh mitra kerja yang ada di wilayah Provinsi Lampung termasuk Pemerintah Kabupaten Lampung Timur. Paradigma BPKP telah berubah dari kegiatan yang bersifat audit ke arah kegiatan yang bersifat preventif atau pencegahan melalui kegiatan penjaminan mutu dan konsultasi. Alat preventif lainya yang dibangun untuk menutupi niat dan kesempatan yang tidak baik dari para pelaksana kegiatan melalui penyelenggaraan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP). Meskipun demikian,dalam pelaksanaanya sangat tergantung pada integritas dan nilai etika para pelaksana.

Lebih lanjut, Kaper BPKP Lampung menegaskan bahwa melalui penyelenggaraan SPIP diharapkan akan terwujud pemerintahan yang bersih dan berwibawa, yang menyejahterakan rakyatnya. Sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 60 tahun 2008, BPKP diamanatkan sebagai instansi pembina penyelenggaraan SPIP. Guna mendorong penyelenggaraan SPIP secara efektif, membutuhkan dukungan Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) yang handal, dan BPKP siap memberikan dukungan dalam rangka meningkatan kapabilitas APIP.


Secara pribadi maupun atas nama masyarakat Kabupaten Lampung Timur, Erwin Arifin S.H, M.H memberikan apresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada Perwakilan BPKP Provinsi Lampung yang telah berkomitmen dan bersedia membantu Pemerintah Kabupaten Lampung Timur guna mewujudkan pemerintahan yang bersih dan berwibawa, demikian disampaikan Erwin, mengakhiri kunjungan kerjanya.

(Humas BPKP Lampung)
 



 



Share      

Berita Terkait:

17 Mei 2017 22:13:02 / lampung / dibaca: kali / Kat: SPIP
Bupati Lamsel : “Lampung Selatan Optimis Jadi Pemda Terbaik se-Provinsi Lampung dengan Bantuan BPKP”
02 Maret 2017 15:58:23 / lampung / dibaca: kali / Kat: SPIP
Provinsi Lampung Kejar Target SPIP di Level 3
14 Oktober 2016 14:54:30 / lampung / dibaca: kali / Kat: SPIP
Pringsewu Siap Menjadi Pilot Project SPIP Level 3 Tahun 2016
23 Agustus 2012 16:19:27 / lampung / dibaca: kali / Kat: SPIP
Implementasi SPIP Memerlukan Transformasi Minset
16 Juli 2012 17:23:34 / lampung / dibaca: kali / Kat: SPIP
BLU wujud Enterprise Government