Perwakilan BPKP Provinsi Lampung

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Lampung

Program Aplikasi Akuntansi Keuangan Daerah Tunggal, Percepat Penerapan SAP Berbasis Akrual
09 Maret 2012 16:22:41 / lampung / dibaca: 2646 kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial

Pernyataan tersebut diungkapkan oleh Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Lampung, Deni Suardini pada acara Seminar Sehari Menuju Laporan Keuangan Pemerintah Berbasis Akrual tahun 2012 yang diselenggarakan oleh Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) Wilayah Lampung, bertempat di Lantai 3 Gedung Perpustakaan Universitas Lampung hari Kamis, tanggal 8 Maret 2012.

Kaper BPKP Lampung dalam seminar tersebut menyampaikan makalah dengan topik Perbedaan Pokok SAP Berbasis Kas Menuju Akrual dengan SAP Berbasis Akrual. Kaper mengemukakan tentang tiga pilar pemerintahan yang baik meliputi; transparansi, partisipatif, dan akuntabilitas, dan untuk mencapainya diperlukan sumber daya manusia yang berkompeten dan berintegritas, organisasi yang mapan, dan infrastruktur yang memadai terutama perlunya Program Aplikasi Akuntansi Keuangan Daerah Terintegrasi yang seragam secara Nasional diterapkan diseluruh Pemerintah Daerah, termasuk di Provinsi Lampung. BPKP Lampung siap membantu Pemda dalam mengimplentasikan SAP berbasis akrual.

Selain Kaper BPKP Lampung, pembicara lain adalah Kepala BPK-RI Perwakilan Provinsi Lampung,  Novy GA Palenkahu, dan Agus Zahron Idris dari Universitas Lampung, serta Sekretaris IAI KASP, M. Yusuf John. Novy GA Palenkahu mengemukakan, sesuai peraturan perundangan yang berlaku tugas BPK adalah memeriksa pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara, dan secara kode etik, BPK tidak diperkenankan melakukan bimbingan teknis berkaitan dengan pengelolan keuangan daerah, namun dalam kesempatan-kesempatan tertentu dimungkinkan untuk memberikan informasi kepada masyarakat berkaitan dengan pengelolaan keuangan daerah, misalnya dalam seminar seperti ini. Dalam kesempatan tersebut Novy GA Palenkahu juga menambahkan, Pemerintah Daerah dapat meminta bantuan bimbingan teknis pengelolaan keuangan daerah pada ahlinya yaitu BPKP, yang tentunya siap membantu Pemda menerapkan sistem akuntansi berbasis akrual sesuai PP 71 tahun 2010 tentang Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP).

Sebelum seminar, terlebih dahulu diselenggarakan pelantikan pengurus IAI Wilayah Lampung periode 2011-2015 oleh DPN IAI Pusat yang diwakili oleh Wahyu Karya Tumakaka. Sesuai hasil rapat angota pada bulan September 2011, terpilih Ketua IAI Wilayah Lampung periode 2011-2015  adalah Agus Purwoko, Ak., M.M yang saat ini juga merupakan Kepala Bagian Tata Usaha Perwakilan BPKP Provinsi Lampung.

Seminar berlangsung sangat interaktif, hal ini terbukti dari antusiasnya para peserta dalam mengajukan pertanyaan. Hadir dalam seminar tersebut kurang lebih 150 peserta dari lingkungan Pemerintah Daerah, mahasiswa, dan anggota IAI Wilayah Lampung.  Pertanyaan dari peserta berkaitan dengan upaya-upaya yang perlu dipersiapkan dalam pengimplementasiannya dan pemahaman tentang SAP berbasis akrual.

Dari BPKP hadir juga Kepala Bidang Akuntan Negara, Novizar, Kepala Bidang APD, Eddyson Hutagalung, Kepala Bidang IPP, Rita Erfa, serta para Pejabat Fungional Auditor.

 

(Humas BPKP Lampung)



Share      

Berita Terkait:

03 Oktober 2014 10:30:53 / lampung / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
Bupati Pringsewu Kunjungi Perwakilan BPKP Provinsi Lampung
30 Juni 2014 10:39:25 / lampung / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
Bupati Mesuji Lantik Pegawai BPKP Sebagai Inspektur
25 Maret 2014 12:04:00 / lampung / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
KPU Lampung Minta BPKP Awasi Dana Hibah Pileg dan Pilgub
21 Pebruari 2014 09:59:07 / lampung / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
Penyerahan LAPGUB kepada Gubernur Lampung
29 Mei 2013 09:33:21 / lampung / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
Koordinasi Kunci Sukses Pembangunan Daerah