Workshop Evaluasi Penyaluran dan Penggunaan Dana Desa untuk Penanganan Covid-19 dan PPKM Mikro

Dalam sambutannya sekaligus pembuka kegiatan workshop Bupati Lampung Tengah menyampaikan rasa bangga dan bahagia bisa hadir di acara workshop, dimana acara tersebut bisa terselenggara dengan adanya partisipasi dari beberapa narasumber seperti anggota Komite IV DPD RI, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Lampung, Ditjen Bina Pemdes Kemendagri, dan Kepala KPPN Metro.  Beliau berharap rekan-rekan camat dan kepala kampung agar pada saat pemberian materi dapat mengikuti dengan baik dan seksama. Hal ini karena yang namanya bencana atau sejenisnya pada saat pelaksanaannya tampak baik-baik saja, namun bila sudah selesai seringkali menimbulkan temuan. Oleh karena itu, beliau sangat berharap supaya apa yang menjadi tugas dan fungsi kita selaku abdi negara, betul-betul dapat dijalankan sebaik-baiknya. Jangan sampai niat baik kita justru bermuara pada hal yang kurang baik, terutama atas nama kebaikan Pemerintah Kabupaten Lampung Tengah
Jumlah dana desa yang dialokasikan untuk penanganan COVID-19 di Kabupaten Lampung Tengah Tahun 2021 yakni sejumlah Rp25.070.936.080,00. Dana desa tersebut akan disalurkan kepada keluarga penerima manfaat sebanyak 12.041 keluarga. Untuk tahun 2021, penyaluran dana desa ada 3 tahap, dan baru tahap 1 yang telah terlaksana.
Pemkab Lampung Tengah telah mengedukasi masyarakat penerima manfaat BLT untuk digunakan dalam merintis usaha, dan memaksimalkan potensi alam di sekitar kita, sehingga diharapkan dapat meningkatkan perekonomian keluarga. Pemkab Lampung Tengah saat ini juga berkonsentrasi penuh menyusun berbagai program dalam rangka pemulihan kondisi sosial ekonomi masyarakat. Untuk informasi, saat ini Kabupaten Lampung Tengah masih berada dalam status Zona Oranye.
Bupati berharap semoga apa yang sedang masyarakat hadapi berkaitan dengan COVID-19 saat ini bisa segera berakhir. Beliau juga mengingatkan bahwa ini semua tanggung jawab dan tugas bersama, sebab melindungi nyawa manusia menjadi hukum tertinggi dalam rangka melindungi seluruh lapisan masyarakat yang ada. Harapan lain dari Bupati yaitu agar narasumber dapat memberikan pemahaman mengenai penyaluran dana desa di Kabupaten Lampung Tengah, sehingga di masa pandemi Pemkab mampu menjawab tantangan penyelenggaraan pemerintahan dan pengelolaan keuangan desa menuju pengelolaan Keuangan Desa yang Cepat, Tepat, dan Terpadu sebagai upaya penanganan dampak ekonomi COVID-19.