Perwakilan BPKP Provinsi Lampung

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Lampung

WORKSHOP HASIL EVALUASI IMPLEMENTASI SISKEUDES V.2.0
28 Agustus 2019 15:11:44 / lampung / dibaca: 95 kali / Kat: Sosialisasi/Workshop

WORKSHOP HASIL EVALUASI IMPLEMENTASI SISKEUDES V.2.0 DALAM TATAKELOLA KEUANGAN DESA DENGAN APLIKASI SISKEUDES DI KABUPATEN LAMPUNG TIMUR.

 

Hari Senin tanggal 26 Agustus 2019, Perwakilan BPKP Provinsi Lampung bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Lampung Timur melaksanakan Workshop Hasil Evaluasi Implementasi Siskeudes versi 2.0 dalam Tata Kelola Keuangan Desa dengan Aplikasi Siskeudes di Kabupaten Lampung Timur. Kegiatan dilaksanakan di Islamic Center Kabupaten Lampung Timur yang dihadiri oleh Asisten III Sekretaris Daerah Kabupaten Lampung Timur mewakili Bupati, Wan Ruslan Abdul Gani, pejabat struktural dan staf OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Lampung Timur, Camat dan Kepala Desa.
Narasumber kegiatan ini adalah Kepala Perwakilan BPK Provinsi Lampung yang diwakili Kepala Subauditorat Lampung II, Nugroho Heru Wibowo; Kepala Kepolisian Daerah Provinsi Lampung yang diwakili Kanit 4 Subdit 3 Tipikor Polda Lampung, Kompol Deni Saputra, dan Direktur Pengawasan Akuntabilitas Keuangan, Pembangunan, dan Tatakelola Pemerintahan Desa BPKP Pusat, Iskandar Novianto yang didampingi oleh Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Lampung, Kisyadi.

Bupati Lampung Timur dalam sambutannya yang dibacakan Asisten III Sekretaris Daerah Kabupaten Lampung Timur menyampaikan bahwa tantangan penyelenggaraan pemerintahan dan pengelolaan keuangan desa semakin besar untuk itu pimpinan desa dituntut untuk mampu  bekerjasama dengan semua pihak dalam meningkatkan penyelenggaraan pemerintahan dan pengelolaan keuangan desa dalam pembangunan desa demi terwujudnya tata kelola keuangan desa yang bersih, transparan dan akuntabel.
terkait dengan dana desa, BPK dalam tahun 2018 telah melakukan pemeriksaan keuangan dan pemeriksaan kinerja. Pemeriksaan keuangan fokus pada proses penyaluran dan pengujian ketertiban laporan keuangan dan belum melakukan cek fisik, sedangkan pemeriksaan kinerja dilakukan untuk pembinaan pengelolaan keuangan desa, Ujar Kepala Sub auditorat Lampung II, Nugroho Heru Wibowo.

selanjutnya Kanit 4 Subdit 3 Tipikor Polda Lampung, Kompol Deni Saputra, mewakili Kepala Polda Lampung mengungkapkan bahwa pengelolaan dana di desa menjadi fokus kegiatan pencegahan oleh polri karena besarnya dana yang mengalir ke desa, regulasi relatif baru dan belum dipahami oleh stakehoder, luasnya dan variatifnya karakteristik desa di Indonesia, tingginya potensi korupsi di daerah dan rawan ditunggangi kepentingan politis.
Narasumber terakhir adalah Direktur Pengawasan Akuntabilitas Keuangan, Pembangunan, dan Tata Kelola Pemerintahan Desa BPKP Pusat, Iskandar Novianto menyampaikan bahwa konsekuensi penggunaan dana desa adalah akuntabilitas, namun berhubung sebagian besar pemerintah desa belum mampu menyusun laporan keuangan karena keterbatasan kemampuan SDM, maka di buatlah aplikasi yang mudah di gunakan pemerintah desa yaitu Siskeudes. Siskeudes saat ini sudah diintegrasikan dengan OMSPAN sehingga akurasinya terjamin dan penanggungjawab data yang diinput adalah jelas, yaitu pemerintah desa. Selain itu dengan Siskeudes pengelolaan dana desa menjadi lebih transparan, sehingga Inspektorat dapat memonitor pengelolaan dana desa melalui laporan penggunaan desa yang di hasilkan Siskeudes.

(Humas BPKP Lampung)



Share      

Berita Terkait:

12 Agustus 2019 15:27:11 / lampung / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi/Workshop
Sosialisasi Simda Perencanaan dan Simda SAKIP Bagi Pemda Se-Provinsi Lampung
22 Juli 2019 14:26:08 / lampung / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi/Workshop
BPKP, Mentor Inspektorat Daerah Dalam Membangun Budaya Anti Fraud
16 Juli 2019 09:43:28 / lampung / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi/Workshop
Kunci Sukses Kinerja dan Kesehatan PDAM se-Provinsi Lampung
20 Juni 2019 15:06:37 / lampung / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi/Workshop
Kabupaten Pringsewu Gelar Workshop SPIP tentang Budaya Manajemen Risiko
11 Maret 2019 17:45:14 / lampung / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi/Workshop
Gelar Workshop Hasil Evaluasi Implementasi Siskeudes Versi 2.0 di Kabupaten Lamteng


Profil BPKP Lampung
Kata Pengantar
Visi, Misi dan Nilai
Struktur Organisasi
Dukungan SDM
Rencana Strategis
Stakeholder / Mitra Kerja
Tugas, Wewenang dan Fungsi
Video Profil
Daftar Informasi Publik
Informasi Serta Merta
Informasi Tersedia Setiap Saat
Permohonan Informasi Publik
Informasi Berkala
Perencanaan dan Kinerja
Perjanjian Kinerja
Laporan Kinerja
Produk dan Layanan
Peningkatan Governance System
Pengamanan Aset
Peningkatan Ruang Fiskal
Pengawalan Pembangunan Nasional

Penerimaan CPNS BPKP Tahun 2018 (Resmi)

Pengumuman Hasil Ujian Sertifikasi Auditor

hasil ujian jfa Lampung

HUBUNGI KAMI:

 

PERWAKILAN BPKP PROVINSI LAMPUNG

Jalan. Basuki Rahmat  No.33

Teluk Betung Selatan, Kota Bandar Lampung, Provinsi Lampung

Telp.  (0721) 483129

Fax . (0721) 481550

Kode Pos: 35215

Website: www.bpkp.go.id/lampung

Email : lampung@bpkp.go.id