Perwakilan BPKP Provinsi Lampung

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Lampung

Tingkatkan Kapabilitas APIP Pemda Lampung, BPKP Gelar Diklat Audit Investigatif
14 Maret 2019 00:47:49 / lampung / dibaca: 259 kali / Kat: Audit

Sebanyak 47 orang pegawai APIP di lingkungan Inspektorat se-Provinsi Lampung mendapatkan pendidikan dan pelatihan Audit Investigatif yang diselenggarakan Pusdiklatwas BPKP. Diklat dengan Pola Mandiri PNBP selama 5 hari atau 50 jam pelajaran itu dibuka oleh Deputi Kepala BPKP Bidang Investigasi, Iswan Ilmi, di aula kantor Perwakilan BPKP Provinsi Lampung, Bandar Lampung, Senin (11/3). Turut hadir memberikan sambutan Kajati Lampung Susilo Yustinus,  dan Kapolda Lampung yang diwakili Direskrimsus Polda Lampung, Kombes Polisi Subhakti.

Deputi Kepala BPKP Bidang Investigasi Iswan Ilmi dalam sambutan pembukaannya mengatakan, pelaksanaan diklat audit investigatif merupakan salah satu upaya menciptakan penguatan kelembagaan dan standarisasi proses bisnis serta bentuk standarisasi kompetensi dari capabilty development BPKP dan APIP lainnya.

Menurut Iswan Ilmi, para auditor saat melakukan audit investigatif penanganan tindak pidana korupsi harus tahu kapan perbuatan penyimpangan korupsi itu sudah terjadi. Karena itu, lanjutnya, dibutuhkan pemikiran dan penggalian pengetahuan-pengetahuan bidang auditing terkait dengan audit investigatif. "Perlu ada pemahaman bersama, berbagi pengetahuan antara auditor dan aparat penegak hukum, agar proses suatu perkara korupsi lebih cepat tertangani. Kerjasama pemberantasan korupsi bisa sejalan dengan tupoksi dan keahlian masing-masing," jelas Iswan Ilmi.

Sebelumnya Kepala Kejaksaan Tinggi Lampung Susilo Yustinus dalam sambutannya mengemukakan, Kejaksaan sebagai elemen dalam pemerintahan yang fungsinya sebagai salah satu aparat penegak hukum tidak mungkin bekerja sendiri tanpa melibatkan stakeholder yang memiliki peran strategis turut dalam upaya pengungkapan tindak pidana korupsi. Salah satunya dengan melibatkan auditor, baik BPK, BPKP maupun Inspektorat Daerah yang memiliki tugas dan fungsi menghitung kerugian Keuangan negara, guna mendukung pembuktian dalam proses persidangan sekaligus guna menentukan arah pemulihan kerugian keuangan negara secara nyata.

Susilo berharap, melalui diklat investigatif ini dapat meningkatkan kompetensi dan menjadi ruang edukasi bagi para auditor di Inspektorat Daerah se-Provinsi Lampung, yang difasilitasi oleh BPKP sebagai wujud upaya peningkatan kapabiltas APIP. "Diklat ini diharapkan mampu melahirkan auditor yang mampu mengatur tentang strategi dan formulasi terkait bagaimana menciptakan metode yang taktis dalam pemberantasan tindak pidana korupsi,' harapnya.

Sementara itu, dalam sambutan Kapolda Lampung yang dibacakan Direskrimsus Polda Lampung Kombes Pol Subhakti menyampaikan apresiasi dan penghargaan setinggi tingginya kepada BPKP dan APIP,yang telah banyak membantu Polda Lampung. Baik dalam kegiatan asistensi akuntabilitas kinerja instansi pemerintahan pada Biro Perencanaan dan Penganggaran Polda Lampung serta kerja sama pada kegiatan penyelidikan dan penyidikan melalui pelaksanaan Audit investigatif, Audit Penghitungan  Kerugian Keuangan Negara, Pemberian Keterangan Ahli atas kasus berindikasi korupsi yang ditangani oleh Penyidik Direktorat Kriminal Khusus Polda Lampung.

Kapolda menyebutkan, pelaksanaan diklat audit investigatif merupakan agenda penting dari BPKP untuk mencetak para auditor yang profesional dan berkompeten dalam rangka menjalankan strategi nasional pencegahan korupsi yang diantaranya berfokus pada penguatan dan peningkatan level kapabilitas APIP. "Maka optimalisasi pembinaan APIP merupakan “entry point” bagi para auditor untuk memiliki strategi. Baik penguasaan interpersonal skills, maupun intrapersonal skills, integritas, kompetensi, networking, dan sertifikasi”, kata Kapolda dalam sambutannya. (Humas BPKP Lampung)



Share      

Berita Terkait:

24 Oktober 2017 12:13:20 / lampung / dibaca: kali / Kat: Audit
APIP Daerah Se-Provinsi Lampung Melakukan Reviu Realisasi APBD dan Pelaksanaan Pengadaan
26 Nopember 2011 03:11:59 / lampung / dibaca: kali / Kat: Audit
BPKP Lampung dapat melakukan Audit Keuangan BPR Lampung
26 Nopember 2011 03:03:46 / lampung / dibaca: kali / Kat: Audit
Workshop Audit Berbasis Risiko Pada Bank Lampung
27 Oktober 2011 10:08:43 / lampung / dibaca: kali / Kat: Audit
Penandatanganan PKO Antara Kemenpera dan BPRS di Provinsi Lampung
21 Juni 2011 05:04:39 / lampung / dibaca: kali / Kat: Audit
Pemerintah Kota Bandar Lampung Harapkan Sinergi dengan BPKP dapat Ditingkatkan


Profil BPKP Lampung
Kata Pengantar
Visi, Misi dan Nilai
Struktur Organisasi
Dukungan SDM
Rencana Strategis
Stakeholder / Mitra Kerja
Tugas, Wewenang dan Fungsi
Video Profil
Daftar Informasi Publik
Informasi Serta Merta
Informasi Tersedia Setiap Saat
Permohonan Informasi Publik
Informasi Berkala
Perencanaan dan Kinerja
Perjanjian Kinerja
Laporan Kinerja
Produk dan Layanan
Peningkatan Governance System
Pengamanan Aset
Peningkatan Ruang Fiskal
Pengawalan Pembangunan Nasional

Penerimaan CPNS BPKP Tahun 2018 (Resmi)

Pengumuman Hasil Ujian Sertifikasi Auditor

hasil ujian jfa Lampung

HUBUNGI KAMI:

 

PERWAKILAN BPKP PROVINSI LAMPUNG

Jalan. Basuki Rahmat  No.33

Teluk Betung Selatan, Kota Bandar Lampung, Provinsi Lampung

Telp.  (0721) 483129

Fax . (0721) 481550

Kode Pos: 35215

Website: www.bpkp.go.id/lampung

Email : lampung@bpkp.go.id