Perwakilan BPKP Provinsi Lampung

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Lampung

Mengawal Pembangunan dan Keuangan Desa dengan SISKEUDES
06 Desember 2017 06:04:31 / lampung / dibaca: 132 kali / Kat: Sosialisasi

Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Lampung Sally Salamah mengisi acara Fokus Publik TVRI Lampung bertajuk “Mengawal Pembangunan dan Keuangan Desa”. (21/11)

Hadir sebagai Narasumber yaitu Kepala Dinas PMD Provinsi Lampung, Yuda Setiawan dan Kepala Desa Hanura, Chodri Cahyadi. Kepala Perwakilan BPKP Lampung menjelaskan adanya Instruksi Presiden agar seluruh Desa menerapkan SISKEUDES, pihaknya mengevaluasi dan klarifikasi terhadap Desa di Lampung yang telah menggunakan Aplikasi tersebut, menurut Kaper BPKP Lampung, upaya penerapan itu telah dilakukan sejak awal tahun 2017 dengan membentuk satgas SISKEUDES masing-masing Kabupaten, namun hasilnya masih terdapat beberapa kabupaten yang sama sekali belum menerapkan sistem tersebut.

Kepala Perwakilan BPKP Lampung pun menjelaskan tentang apa saja manfaat yang diperoleh desa dengan menggunakan Aplikasi SISKEUDES yaitu adanya Transparansi Akuntabilitas Keuangan Desa yang dapat memudahkan tata kelola keuangan setiap desa, namun Kaper pun menegaskan bahwa ada risiko yang dihadapi desa dalam pengelolaan Keuangan Desa yaitu berupa besarnya dana yang masuk ke desa merupakan faktor pendorong pertumbuhan ekonomi desa dan membentuk kemandirian desa menuju cita-cita desa menjadi desa yang sejahtera. Namun Kaper menambahkan disisi lain timbul juga risiko pengelolaan Keuangan Desa yang disebabkan beberapa aspek sesuai dengan kondisi masing-masing desa, dijelaskan beliau adapun dari aspek geografis yaitu tentang banyaknya desa terpencil yang belum didukung infrastruktur transportasi yang memadai, serta aspek kultur dan aspek lemahnya SDM yang ada di desa itu sendiri.

Kaper BPKP Lampung mengaskan bahwa Aplikasi SISKEUDES ini pun diberikan secara cuma-cuma kepada seluruh desa, yang disampaikan melalui Pemerintah Kabupaten dan Kota yang mempunyai desa dan untuk Kabupaten di Provinsi Lampung secara simbolis telah diserahkan ke Kabupaten pada bulan Desember Tahun 2016 yang dihadiri langsung oleh Gubernur Lampung Ridho Ficardo.

Namun dalam penerapan SISKEUDES ini pun Kaper menjelaskan bukannya tanpa kendala, ada beberapa kendala dan salah satunya yaitu sebagian besar Kabupaten tidak menganggarkan untuk biaya pelatihan, sehingga penerapan SISKEUDES ini pun menjadi terhambat

Berbicara mengenai dana menurut penjelasan Kepala Perwakilan BPKP Lampung besar dana yang telah dialokasikan kepada Pemerintah Desa di Provinsi Lampung untuk TA 2017 sampai dengan Triwulan III Tahun 2017 penyaluran dana desa dari RKUN ke RKD adalah sebesar Rp.1.439.527.755.553 sedangkan penyaluran dari rekening kas daerah ke rekening kas desa adalah sebesar Rp.1.354.682.840.693, sementara jumlah penggunaan dana desa yang telah dilaporkan Pemerintah dasa adalah sebesar Rp.917.988.638.204.

Lalu menurut Kepala Dinas PMD Provinsi Lampung Yuda setiawan bahwa dalam menentukan prioritas penggunaan dana desa, pemerintah desa berpedoman pada ketentuan dalam Permendesa No.4 Tahun 2017 tentang prioritas penggunaan dana desa tahun 2017 sebagaimana telah diubah dengan Permendes No.19 tahun 2017 tentang prioritas penggunaan dana desa Tahun 2018. Kepala Desa Hanura pun menambahkan tujuan pengawasan yang dilakukan di Pemerintah desa yaitu dalam rangka untuk menilai ketepatan lokasi penyaluran dana desa ke desa yang berhak menerima. Ketepatan waktu penyaluran dana desa dan sebagainya.

<!--[if gte mso 9]><xml> </xml><![endif]-->

<!--[if gte mso 9]><xml> Normal 0 false false false IN X-NONE X-NONE </xml><![endif]--><!--[if gte mso 9]><xml> </xml><![endif]--><!--[if gte mso 10]> <style> /* Style Definitions */ table.MsoNormalTable {mso-style-name:"Table Normal"; mso-tstyle-rowband-size:0; mso-tstyle-colband-size:0; mso-style-noshow:yes; mso-style-priority:99; mso-style-qformat:yes; mso-style-parent:""; mso-padding-alt:0cm 5.4pt 0cm 5.4pt; mso-para-margin-top:0cm; mso-para-margin-right:0cm; mso-para-margin-bottom:10.0pt; mso-para-margin-left:0cm; line-height:115%; mso-pagination:widow-orphan; font-size:11.0pt; font-family:"Calibri","sans-serif"; mso-ascii-font-family:Calibri; mso-ascii-theme-font:minor-latin; mso-fareast-font-family:"Times New Roman"; mso-fareast-theme-font:minor-fareast; mso-hansi-font-family:Calibri; mso-hansi-theme-font:minor-latin;} </style> <!--[endif]-->

Acara live Interaktif ini pun berlangsung sangat menarik dengan topik pembahasan Keuangan desa, sehingga membuat antusias pemirsa dirumah untuk bertanya mengenai keuangan desa semakin besar. Salah satunya penelfon yang menanyakan seputar penerapan Aplikasi SISKEUDES didaerahnya masing-masing dan mengenai transparansi keuangan desa di berbagai daerah di Lampung khususnya.

Dengan adanya dialog TVRI yang menghadirkan Pembicara secara langsung ini bertujuan memberikan Informasi mengenai program dana desa dengan program Nawa cita Presiden, lalu Informasi tentang pengembangan Aplikasi SISKEUDES pada Pemerintah daerah serta tujuan pengawasan yang dilakukan Pemerintah daerah. Dengan adanya Live Interaktif ini pun diharapkan dapat menjawab beberapa pertanyaan masyarakat mengenai Dana desa tersebut.

 

 

 

 



Share      

Berita Terkait:

14 Desember 2017 14:49:39 / lampung / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi
Kaper BPKP Lampung Menjadi Narasumber Rakorwasda di Gedung Balai Keratun Lampung
07 Juli 2017 16:49:42 / lampung / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi
Pembekalan Aplikasi Siskeudes Bagi Mahasiswa Peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Lampung
06 Pebruari 2017 16:41:17 / lampung / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi
Meningkatkan Kualitas Pengelolaan Keuangan Desa dengan Aplikasi SISKEUDES
05 Desember 2016 15:45:57 / lampung / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi
PT Bank Lampung Sharing Knowledge Risk Management dengan BPKP Lampung
24 Oktober 2013 08:12:34 / lampung / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi
Sosialisasi Posko Pengaduan CPNS di RRI Pro 1 Bandar Lampung