Perwakilan BPKP Provinsi Lampung

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Lampung

Penyerahan SML Aplikasi Siskeudes dan Rapat Koordinasi BPKP dengan Dinas PMD Se-Provinsi Lampung
07 Nopember 2017 16:40:38 / lampung / dibaca: 128 kali / Kat: MOU, Kerjasama

Acara penyerahan Standard Meta Language (SML) Aplikasi Siskeudes TA 2018 dan Rapat Koordinasi BPKP dengan Dinas PMD pada 6 November 2017 bertempat di Aula Inspektorat Provinsi Lampung yang diikuti oleh 13 kepala Dinas PMD se-Provinsi Lampung serta dihadiri juga  Inspektur Provinsi Lampung dan Kepala Dinas PMD Provinsi Lampung.

Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Lampung (Sally Salamah) dalam arahannya didepan peserta menyampaikan capaian penggunaan Siskeudes pada Desa di seluruh Kabupaten Provinsi Lampung sampai dengan 31 Oktober 2017 adalah 70,60%, hal tersebut perlu kerja keras kita bersama agar Siskeudes dapat diaplikasikan 100% pada seluruh desa di wilayah provinsi lamping. Hal ini sesuai arahan bapak Presiden Republik Indonesia Joko Widodo pada Rapat Koordinasi Pengawasan Nasional (Rakorwasnas) di Istana Presiden.

rapat koordinasi siskeudes

Jika kita memperhatikan hasil pemeriksaan BPK terhadap pengelolaan keuangan desa disampaikan bahwa pelaporan keuangan desa belum dibuat sesuai dengan Permendagri No.113 Tahun 2014. Untuk Tahun 2016 dan 2017 Laporan Keuangan dari Desa sifatnya hanya dikompilasi saja sebagai bagian dari Laporan Keuangan Kabupaten, kedepannya dengan dikeluarkannya Standart Akuntansi  Pemerintah terkait Pemerintah Desa, maka tentunya masing-masing Desa harus dapat membuat Laporan Keuangan yang sesuai dengan Akuntansinya.

Senada dengan arahan Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Lampung, Inspektur Provinsi Lampung  dan Kepala Dinas PMD Provinsi Lampung dalam sambutannya  mendukung penggunaan aplikasi Siskeudes bagi seluruh desa di wilayah di Provinsi Lampung. Dalam sambutannya juga disebutkan bahwa dengan ditetapkannya UU No. 6 Tahun 2014 tentang Desa, Desa diberikan kesempatan yang besar untuk mengurus tata pemerintahannya sendiri serta pelaksanaan pembangunan untuk meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat desa. Pemerintah Desa harus bisa menerapkan Prinsip Akuntabilitas dalam Pengelolaan Keuangan Desa dimana semua akhir kegiatan penyelenggaraan kegiatan desa harus dapat dipertanggungjawabkan  kepada masyarakat desa sesuai dengan ketentuan yang berlaku sehingga terwujud tata pemerintahan desa yang baik.

Pada acara tersebut juga dilakukan penyerahan SML Aplikasi Siskeudes Tahun Anggaran 2018 yang ditandai dengan penandatanganan Berita Acara Serah Terima SML Aplikasi Siskeudes oleh 13 Kepala Dinas PMD se-Provinsi Lampung. Acara dilanjutkan dengan diskusi tentang monitoring realisasi Dana Desa sampai semester III tahun 2017, rencana tindak penggunaan Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) untuk seluruh desa di wilayah Provinsi Lampung (100% desa menggunakan applikasi Siskeudes) dan bahasan terkait dengan kendala-kendala yang ditemui dalam pengelolaan Keuangan Desa.

Di akhir acara seluruh kepala Dinas sepakat untuk mewujudkan tata kelola keuangan Desa yang baik dan akuntabel dengan menggunakan Aplikasi Siskeudes untuk seluruh Desa di wilayah kerja Dinas PMD masing-masing.

(Humas Lampung/J)



Share      

Berita Terkait:

09 Oktober 2017 20:59:53 / lampung / dibaca: kali / Kat: MOU, Kerjasama
Pemda Se-Provinsi Lampung Sinergi Dengan BPKP Lampung
05 Oktober 2017 12:30:23 / lampung / dibaca: kali / Kat: MOU, Kerjasama
Pemkab Tanggamus Kerja Sama Dengan BPKP dan Bank Lampung Untuk Penerapan SP2D Elektronik
24 Juni 2016 09:01:42 / lampung / dibaca: kali / Kat: MOU, Kerjasama
Penyerahan Aplikasi Siskeudes kepada 3 Bupati di Wilayah Provinsi Lampung
10 Juni 2015 08:22:54 / lampung / dibaca: kali / Kat: MOU, Kerjasama
MoU Pengelolaan Keuangan Dana Hibah Pilkada Serentak Lampung Tahun 2015
24 April 2015 16:08:17 / lampung / dibaca: kali / Kat: MOU, Kerjasama
Implementasi Good Corporate Governance (GCG) PDAM se-Provinsi Lampung